3 Manfaat Pembayaran Digital bagi UMKM

Dewasa ini, UMKM sudah mulai beralih ke metode pembayaran digital. Hal ini ditandai dengan tingginya pengguna digital payment di Indonesia. Menurut Sindonews, jumlah UMKM yang sudha go-digital telah mencapai 3,57 orang pada tahun 2019. Jumlah tersebut masih jauh dari yang ditetapkan pemerintah sebanyak 8 juta UMKM.

Baca juga: 5 aplikasi pembayaran digital yang wajib diketahui oleh UMKM

Faktanya, digital payment mampu membantu kemajuan UMKM dalam skala besar. Untuk itu, pemerintah menggalakkan gerakan 8 juta UMKM go-online, karena dapat membantu mereka dalam mengembangkan usaha. Lantas, apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh mereka dengan menggunakan digital payment? Berikut 3 manfaat untuk UMKM yang menggunakan sistem pembayaran digital.

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh UMKM jika menggunakan pembayaran digital?

Banyak UMKM yang masih ragu dalam menggunakan digital payment, padahal ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Secara garis besar, ada 3 manfaat utama yang bisa dirasakan oleh UMKM saat beralih ke metode digital.

  1. Meningkatkan omzet

    Demografi UI mencatat bahwa UMKM yang menggunakan metode pembayaran digital mencatatkan kenaikan keuntungan secara signifikan sebesar 55% dengan kontribusi transaksi sebesar 1,7 triliun Rupiah pertahunnya kepada negara. Kenaikan keuntungan disebabkan oleh tingginya tingkat pengguna digital payment sehingga, ada kecenderungan konsumen untuk berbelanja di tempat-tempat yang menggunakan pembayaran digital.

    Baca juga: 5 tips usaha memulai usaha kuliner catering dengan modal kecil

    Hal ini bisa menjadi salah satu alasan yang bisa mendorong para pelaku UMKM yang belum menggunakan metode digital untuk mulai beralih kesana. Dengan begitu, mereka bisa merasakan manfaat yang besar bagi usaha mereka.

  2. Cepat dan ringkas

    Pada umumnya, transaksi konvensional mengharuskan pembeli dan penjual sama-sama bertemu dan melakukan transaksi dengan pembayaran sejumlah uang atau melakukan transaksi debit atau credit card. Namun, hal ini seringkali memakan waktu dan tidak praktis.
    Apalagi, metode pembayaran digital bisa memangkas waktu dan proses transaksi pembayaran menjadi lebih cepat dan ringkas. Dengan digital payment, proses tersebut menjadi lebih cepat, karena setiap orang bisa langsung membayaran tanpa harus bertemu. Selain itu, proses pembayaran juga menjadi lebih ringkas karena, sang pembeli bisa langsung memberikan uang kepada penjual hanya dengan melakukan transfer via aplikasi digital payment.

  3. Lebih aman

    Sistem  digital lebih aman, karena keamanan data orang-orang lebih terjamin sehingga, setiap orang tidak perlu takut. Selain itu, hal ini juga mengurangi resiko pencurian yang bisa terjadi mengingat, kasus ini kerap terjadi saat orang-orang melakukan transaksi tersebut. Tentunya, hal ini mendorong minat orang-orang untuk melakukan pembayaran dengan melakukan aplikasi digital payment.

Tiga kemudahan tersebut bisa dirasakan dengan menggunakan PayPer – Digital Payment Paper.id. Sebuah portal pembayaran yang menawarkan sistem pembayaran yang praktis dan aman. Sistem pembayaran dengan klik sekali dari Invoice dapat membantu pelanggan Anda untuk membayar dengan cepat dengan metode yang bisa dipilih mulai dari OVO, Credit Card, Virtual Account, dan JCB. Gunakan sekarang dan daftar GRATIS DISINI!

 

 

(Visited 994 times, 1 visits today)