Dari sekian banyak usaha kuliner yang ada, catering termasuk sebagai salah satu jenis usaha rumahan yang mudah untuk dilakukan terutama bagi mereka yang hobi memasak. Mereka bisa menghasilkan Rupiah melalui hobi mereka.

Catering juga dianggap sebagai salah satu jenis bisnis yang mudah meraih keuntungan, karena menyangkut kebutuhan utama manusia, makanan. Untuk itu, banyak orang yang rela untuk keluar dari pekerjaan mereka dan berani memulai usaha kuliner. Apakah kamu salah satunya? Simak 5 tips penting yang harus kamu ketahui untuk memulai sebuah usaha catering.

Tentukan ciri khas usaha kamu

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan ide untuk usaha catering kamu. Zaman sekarang, orang-orang mencoba lebih kreatif dengan menentukan tema usaha catering yang sesuai dengan kemajuan zaman. Sebagai contoh, Gojek mencatat bahwa tren makanan sehat akan populer di tahun 2019 seperti dilansir dari Katadata.

Baca juga: 4 tips dalam memilih software untuk supplier makanan

Kamu harus melakukan riset terhadap hal apa yang sedang populer di kalangan masyarakat. Dengan begitu, kamu tahu akan apa yang harus diterapkan pada usahamu. Peneliti dari Bernstein, Sara Senatore dan Alexia Howard mengatakan bahwa tren kuliner saat ini akan dipengaruhi oleh pola makan generasi milenial. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan generasi milenial sebagai patokan untuk menciptakan ide untuk usaha kuliner kamu.

Buat kombinasi menu semenarik mungkin

Setelah menentukan tema catering yang akan dijalankan, kamu bisa mulai memilih makanan-makanan yang akan dimasukkan kesana. Kamu bisa memilih apa saja kombinasi lauk dan makanan lainnya selama sebulan.

Sesuaikan pilihan makanan yang ada dengan tema usaha kuliner yang kamu pilih. Jika kamu memilih tema makanan sehat maka, kamu bisa memilih makanan organic yang telah dihitung dan ditimbang sesuai dengan suruhan dokter gizi.

Kelola keuangan dengan baik

Kamu juga harus mengatur keuangan usaha dengan baik. Dalam hal ini, pikirkan soal pembukuan, penagihan dan juga pengaturan stok yang kamu miliki. Untuk memudahkanmu dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan platform bisnis Paper.id dengan fitur utama invoice, inventaris, akunting.

Serahkan urusan penagihan pada invoice Paper. Buat dan kirim invoice di Paper.id sangat mudah karena tersedia 7 pilihan template invoice dan bisa dikirim lewat aplikasi messenger. Agar pembayaran lebih cepat diterima, hidupkan fitur invoice reminder agar kamu tidak lupa dan bisa mengingatkan pelangganmu terus.

Invoice reminder bantu kamu buat mengingat invoice yang belum terbayar

Soal pembayaran, gunakan Digital Payment Paper.id, PayPer. Bayar gampang, aman dan tidak ribet. Tinggal klik bayar invoice langsung sehingga, semua urusan akan mudah. Download sekarang untuk menggunakannya secara GRATIS DISINI!

Promosi lewat dunia digital

Manfaatkan dunia digital sebagai sarana promosi untuk usaha kuliner kamu. Kamu bisa menyewa jasa social media officer atau mengelola akun sosial mediamu sendiri. Buat akun di Instagram atau Facebook serta membuat website untuk menjelaskan mengenai latar belakang serta informasi utama dari usaha kamu.

Baca juga: 3 fitur software invoice yang paling dibutuhkan pengusaha food and beverage

Kamu bisa menyertakan menu, harga, lokasi dan informasi kontak yang bisa dihubungi. Pakai Teknik SEO dan pasang Ads di Google atau Facebook agar kamu bisa dikenal orang lebih cepat dengan biaya yang minim.

Ikut event-event kuliner

Selain promosi online, jangan lupakan untuk melakukan promosi offline. Cara yang paling ampuh adalah dengan mengikuti event offline. Disana, kamu bisa memperkenalkan usahamu kepada orang-orang sembari memberikan promo-promo menarik agar menarik minat orang lebih mudah. Strategi ini diyakini menjadi hal penting yang dapat meningkatkan brand awareness usaha kuliner kamu.

(Visited 476 times, 1 visits today)