Tips Mengatur Keuangan Buat Kalian Freelancer!

Paper.id Blog – Sejak pandemi yang melanda tahun 2020, banyak sekali orang yang beralih profesi sebagai seorang Freelancer. Dikarenakan waktu kerja yang cukup fleksibel, dan bisa bekerja dari mana saja, hal ini membuat banyak diminati. Namun menjadi Freelancer bukanlah hal yang mudah, berikut tips mengatur keuangan buat para Freelancer.

Banyak sekali anggapan yang masih ada tentang seorang freelancer. Banyak yang mengagnggap kalau freelancer tidak menjamin penghasilannya, karena tidak menentu. Memutuskan untuk menjadi seorang freelancer tidah hanya harus membutuhkan tekad yang kuat, melainkan mengatur finansial yang cukup handal.

Nah buat kalian yang bekerja sebagai freelancer, berikut tips mengatur keuangan buat kalian yang bekerja sebagai freelancer.

Baca Juga: Apa itu Rekening Koran: Pengertian,Contoh, Hingga Manfaat Rekening Koran

Tips Mengatur Finansial buat Freelancer

Berikut tips yang mungkin bisa dijadikan insight buat kalian para freelancer tentang manajemen finansial.

1. Bikin Daftar Anggaran

Pertama, kalian bisa membuat daftar anggaran kalian, misal jumlah uang masuk setiap bulannya maupun uang keluar mesti kalian catat. Kamu bisa menuliskannya di buku kas khusus atau mencatatnya di gadget atau laptop, mulai dari uang hasil terima pembayaran dari client hingga lainnya.

Kalian bisa mencoba untuk memulai dengan mencatat semua pengeluaran yang g perlu selama 3 hingga 4 bulan terakhir. Jika pendapatanmu di bulan ini dibawah ekspetasi, kalian bisa memangkas pengeluaran bulanan kalian.

Selanjutnya, kalian bisa membuat daftar prioritas pengeluaran yang dapat mendukung pekerjaanmu. Semisal pengeluaran tagihan internet,telepon, listrik, dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan Dana Darurat

Tips yang kedua bisa kalian terapkan ialah dengan menyiapkan dana darurat. Ketika menjadi seorang freelancer pasti ada saja hal yang sangat membutuhkan uang. Oleh karena itu penting bagi kalian menyiapkan dana darurat, agar kalian bisa menggunakannya ketika terdesak.

Kalian bisa menyisihkan sebesar 10 hingga 20 persen dari pendapatanmu, jika dirasa terlalu besar, kalian bisa menyesuaikannya sesuai kemampuan kalian saja.

3. Membuat Lebih dari Satu Rekening

Buat mengatur keuangan untuk lebih baik lagi, kalian bisa menyimpan uang yang masuk dan uang keluar secara terpisah. Kalian bisa membuat lebih dari satu rekening agar uang yang disimpan tidak diutak atik. Contoh satu rekening untuk uang gaji, dan satu lagi untuk uang tabungan.

Atau kalian bisa membuat rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, gk ada tuh alasan uangnya tidak sengaja terpakai begitu saja.

4. Bisa Menetapkan Standar Nilai Pekerjaan

Kalian yang bekerja sebagai freelancer harus bisa menentukan standar bayaran atas semua pekerjaan yang kalian lakukan. Jangan asal ambil pekerjaan dan bayarannya tidak seberapa.

Seorang freelancer memang butuh uang yang cukup banyak untuk menunjang kehidupannya. Tapi kalian harus menghindari pekerjaan yang bayarannya dibawah kalian.

Kalian bisa menentukan batas harga bawah untuk mengerjakan suatu proyek yang sesuai dengan keahlian kalian. Kalian gk perlu buang buang waktu untuk menerima proyek yang tidak sesuai harga standar.

5. Hindari Pembayaran Client yang Terlambat

Salah satu hal yang sering terjadi di kalangan freelancer ialah seringnya Klien yang telat membayar upah, karena tidak ada batas waktu jatuh tempo pembayaran yang jelas.

Hal ini mungkin tidak kalian rasakan pengaruh besarnya, namun pembayaran yang terlambat tersebut dapa membuat arus kas anda rusak. Kalian dapat membuat batas waktu jatuh tempo pembayaran pada setiap project yang ada.

6. Belajar Berinvestasi

Menjadi seorang freelancer kalian bisa belajar untuk berinvestasi. Sebagai seorang freelancer juga, kalian harus bisa memahami resiko jangka pendek serta jangka panjang di setiap instrumen investasi yang kalian inginkan.

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa kalian masukan buat pilihan freelancer, ada deposito, reksadana, emas, hingga Saham. nah kalian bisa belajar dari situ.

Baca Juga: Pengertian, Tujuan, Hingga Kekurangan Cost Benefit Analysis!

Kesimpulan

Nah itulah beberapa Tips yang bisa kalian lakukan dalam mengelola keuangan finansial bagi kalian yang bekerja sebagai freelancer.

Seperti Bikin daftar anggaran hingga menetapkan standar nilai pekerjaan. Buat kalian yang gk mau ribet mencatat invoice pembayaran client atau menagih invoice ke client, kalian bisa menggunakan Aplikasi dari Paper.id.

Paper.id menyediakan fitur fitur yang memudahkan kalian dalam mencatat invoice hingga menagih pembayaran Invoice dari client. Yuk Buruan Daftar Sekaran Juga!

(Visited 56 times, 1 visits today)