Pengertian, Tujuan, Hingga Kekurangan Cost Benefit Analysis

PAPER BLOG – Halo sobat paper, kalian yang sudah pernah menjalankan sebuah bisnis atau yang akan menjalankan bisnis, pastinya kalian tahu dong apa itu Cost Benefit Analysis? berikut pengertian cost benefit analysis hingga kekurangannya.

Biasanya, dalam menjalankan sebuah bisnis, kalian harus menghadapi segala sesuatu dimana kalian wajib mengambil keputusan.

Semisal ketika suatu divisi tertentu mengajukan sebuah proposal untuk meminta anggaran kegiatan atau projek secara bersamaan, namun bisnis kita memiliki anggaran yang cukup terbatas.

Nah, bagaimana cara kita menentukan proyek yang harus diprioritaskan terlebih dahulu? Tentunya kita pasti akan memilih dari faktor biaya dan juga keuntungannya.

Oleh karena itu, perusaahn berlu melakukan cost benefit analysis atau analisis biaya manfaat untuk bisa mengambil keputusan yang sesuai dan pas.

Baca Juga: Kalian Wajib Tahu, Pentingnya Food Cost Dalam Bisnis Restoran

Pengertian Cost Benefit Analysis

Buat kalian yang belum tau dari pengertian Cost Benefit Analysis berikut penjelasannya.

Analisis biaya manfaat atau cost benefit analysis merupakan sebuah proses menghitung dan membandingkan sebuah perkiraan biaya dengan manfaat yang didapat, dimana hal itu akan menjadi sebuah acuan penting dalam pengambilan sebuah keputusan.

Cost Benefit Analysis biasanya di presentasikan sebagai suatu rasio. Cost disini merupakan kelemahan yang mungkin bisa muncul dari keputusan yang akan diambil tersebut. Sedangkan Benefit itu keuntungan yang bisa diproleh dari mengambil keputusan tersebut.

Apa Sih Tujuan dari Cost Benefit Analysis atau Analisis Biaya Manfaat

Lalu apa sih tujuannya dari Cost Benefit Analysis ini?, nah ini dapat membantu para owner bisnis atau pelaku pengambil keputusan agar mereka tidak membuat keputusan berdasarkan emosi belaka. Mereka bisa mengambil keputusan berdasarkan penilaian yang rasional dan juga objektif dengan membandingkan cost dan juga benefit yang ada.

Apakah keputusan yang diambil itu merupakan yang terbaik untuk bisnis atau tidak? lalu apakah proyek yang diusulkan akan memiliki timbal balik yang setara dari sumber daya yang digunakan? Apakah hal itu berdampak terhadap bisnis anda atau tidak? Apakah Proyek ini membutuhkan Digital Payment sebagai pembayarannya atau tidak?

Semua hal itu harus dipertanyakan dan dipikirkan sebelum mengambil keputusan. Jika nilai yang ada sesuai dengan jumlah biaya yang telah ditetapkan, maka ini akan membantu bisnis dalam nemenukan break even point.

Keuntungan dan Kekurangan dari Cost Benefit Analysis

Ada banyak sekali keuntungan dan juga kekurangan dari kalian melakukan perhitungan Cost Benefit Analysis. Berikut kekurangan dan juga keuntungannya.

Keuntungan Cost Benefit Analysis:

  • Penggunaan data sebagai dasar sebuah analisa. Cost Benefit Analysis biasanya memungkinkan sebuah individu atau organisasi melakukan evaluasi sebuah keputusan atau proyek. Analisis ini biasanya bebasis bukti yang dimana membantu dalam pengambilan keputusan tersebut
  • Lebih Menyerdehanakan Pembuatan Keputusan. Sebuah Keputusan Bisnis biasanya kompleks, dengan cost benefit analysis, proses pengambilan keputusan akan lebih sederhana
  • Bisa Mengungkap biaya dan juga manfaat yang tersembunyi. Proses ini akan menguraikan setiap potensi biaya juga manfaat yang terkait dengan proyek tersebut, dimana hal ini akan membantu kalian mengungkap faktor faktor yang kurang jelas seperti biaya.

Kekurangan Cost Benefit Analysis:

  • Sulitnya Memprediksi Semua Variabel. Meskipun Cost Benefit Analysis dapat membantu kita mengetahui biaya dan juga manfaat terkait proyek, hal itu tetap sulit dalam memprediksi semua faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhirnya.
  • Database bisa berubah. Kalau kalian lebih mengandalkan data yang kurang lengkap bahkan tidak akurat untuk bisa menyelesaikan cost benefit analysis, maka hasilnya pun juga akan tidak lengkap dan akurat.
  • Cost Benefit Analysis Lebih Cocok digunakan untuk jangka menengah atau pendek. Untuk sebuah proyek ataupun keputusan bisnis, biasanya melibatkan kerangka waktu yang lama, nah Cost benefit analysis ini lebih cocok digunakan untuk jangka menengah atau pendek. Hal ini akan semakin sulit untuk melakukan prediksi kalau jangka waktunya makin lama.

Baca Juga : 4 Kesalahan Utama Dalam Bisnis Startup yang wajib kalian hindari

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat tentang apa itu Cost Benefit Analysis, Cost Benefit Analysis.

Pada akhirnya, cost benefit analysis tidak hanya menjadi satu satunya metrik atau alat dalam pengambilan sebuah keputusan dalam bisnis, melainkan menjadi acuan saja. Semoga Bermanfaat!

(Visited 94 times, 2 visits today)