pengertian rekening koran

Paper.id Blog – Hai sobat paper, pasti dari kalian sudah pernah mendengar dengan istilah Rekening koran. Nah lalu apasih pengertian dari rekening koran ini?

Rekening koran ini biasanya diminta oleh perusahaan tempat kalian bekerja atau juga bisa sebagai syarat untuk mendapatkan visa ke luar negeri.

Lalu apa sih itu Rekening koran? bagaimana contoh dari rekening koran hingga manfaat dari rekening koran? Berikut pembahsannya dibawah ini.

Apa itu Rekening Koran? Pengertian Rekening Koran

Masih banyak orang yang salah paham dengan istilah rekening koran ini. Ada saja orang yang mengartikan rekening koran sebagai tagihan langganan koran. Padahal Rekening koran tidak ada hubugan sama sekali dengan langganan koran.

Pengertian Rekening koran sendiri adalah sebuah ringkasan dari transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, baik itu milik individu maupun organisasi.

Biasanya, data yang tercantum didalamnya merupakan cetakan rincian mengenai alur dari debit maupun kredit suatu rekening, termasuk dana hasil transfer masuk maupun keluar.

Lah itu tidak ada bedanya dengan buku tabungan dong? Faktanya, isi dari keduanya tidak jauh berbeda dan sama saja, cuman di rekening koran itu sendiri, kalian bisa mendapatkan lebih banyak informasi terkait transaksi yang ada di rekening koran.

Selain itu juga, di rekening koran sendiri, kalian bisa mencetak sesuai jangka waktu yang kalian inginkan dengan meminta melalui Customer service. Tetapi kalian harus mengeluarkan biaya setiap lembar rekening koran yang dicetak, tarifnya pun berbeda beda.

Manfaat dari Rekening Koran

Ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika kalian mengajukan rekening koran melalui bank diantaranya sebagai berikut:

1. Mengajukan Visa

Kalau kalian ingin melakukan liburan atau dinas keluar negeri, dan negara yang ingin kamu kunjungi mewajibkan memiliki Visa. Nah ini lah saat rekening koran dipakai sebagai syarat mendapatkan Visa.

Ketika ingin mengajukan permohonan Visa, maka kalian harus membuktikan kalau kalian sudah mempunyai cukup dana ketika ingin berlibur keluar negeri. Biasanya persyaratannya juga disertai dengan dokumen yang dinilai memberi informasi tentang kondisi finansial sekarang.

2. Mengetahui Ringkasan Transaksi

Manfaat selanjutnya dari rekening koran ialah kita dapat mengetahui secara ringkas transaksi yang ada disebuah rekening, baik itu milik individu maupun badan organisasi.

Pada dasarnya ini mirip seperti buku tabungan, yaitu menampilkan transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Rekening koran memberikan informasi yang cukup detil seperti jumlah saldo awal dan akhir bulan, arus debit kredit, bunga bank, biaya administrasi, tanggal, hingga pesan yang dicantumkan ketika bertransaksi.

3. Mengajukan Pinjaman

Nah kalau kalian ingin melakukan pinjaman di bank, pasti rekening koran akan menjadi syarat untuk bisa meminjam di bank.

Sama seperti Visa, pihak peminjam atau kreditur harus tau bagaimana kondisi keuangan dari pihak yang ingin mengajukan pinjaman. Dari dokument tersebut, maka pihak kreditur jadi tahu bagaimana kondisi finansial nya, dan menentukan apakah layak atau tidak.

4. Audit Keuangan Perusahaan

Tidak kalah penting ialah, dengan rekening koran, kita bisa mengaudit keuangan perusahaan.

Fungsinya ialah untuk melakukan rekapitulasi daftar keuangan, baik uang keluar maupun masuk, invoice penjualan, terima pembayaran dari client dan lain sebagainya. Jadi apabila terjadi transaksi yang tidak wajar, hal ini akan dapat mudah diproses.

Contoh Rekening Koran & Cara Mendapatkan Rekening Koran

Syarat untuk kalian bisa mencetak rekening koran sangatlah gampang, kalian bisa mendatangi customer service di tempat bank yang kalian pakai lalu minta untuk mencetak rekening koran.

Kalian meminta ke pihak customer service untuk mencetak rekening koran sesuai jangka waktu yang kalian inginkan, mau itu 3, atau 6 bulan.

Kalian akan diminta membayar sejumlah uang terhitung sesuai per lembar rekening koran. Tiap bank memiliki aturannya sendiri mengenai nominal biaya cetak rekening koran. Berikut Contoh Rekening Koran dari bank BCA

Apa itu Rekening Koran: Pengertian,Contoh, Hingga Manfaat Rekening Koran
Contoh Rekenig Koran Bank BCA (Source Kompas.com)

Kesimpulan

Nah itu dia, pengertian, Contoh, hingga Manfaat yang didapat dari Rekening Koran.

Sebagai kesimpulan, kalian bisa mendapatkan informasi rinci terkait transaksi baik itu uang masuk maupun keluar dari rekening. Hal ini akan menjadi penting bagi sebuah bisnis, untuk mendapatkan rekening koran, kalian harus membayar sejumlah uang terlebih kalau mencetaknya di bank langsung.

Sebagaimana rekening koran, kalian bisa melakukan pembayaran buat bisnis kalian dengan Paper.id untuk menerima pembayaran dari client dengan berbagai metode pembayaran, sehingga kamu tidak perlu lagi transfer antar bank yang ada biaya admin. Yuk Download Aplikasi Paper.id atau kalian bisa daftar melalui website paper.id. Yuk Cobain Sekarang!

(Visited 79 times, 1 visits today)