Termin Artinya Serta Cara Mempermudah Customer Dalam Membayar Tagihan Bisnis

Termin artinya syarat pembayaran, dimana persyaratan pembayaran yang disepakati secara kontraktual antara bisnis dan pelanggan. Umumnya, syarat pembayaran mengacu pada saat pembayaran jatuh tempo relatif terhadap tanggal pengiriman barang atau jasa, atau saat faktur untuk barang atau jasa tersebut dikirimkan.

Baca juga: Cara mengolah dokumen-dokumen account payable dalam bisnis

Termin atau ketentuan pembayaran harus disertakan dalam kontrak apa pun yang Anda buat dengan pelanggan, dan harus terlihat jelas di setiap faktur yang Anda kirim. Persyaratan Anda akan menguraikan:

  • Kapan Anda mengharapkan untuk dibayar
    Apakah Anda mengharapkan pelanggan membayar setelah menerima faktur, atau dalam seminggu, atau dalam sebulan, dll.
  • Tanggal jatuh tempo faktur
    Tanggal jatuh tempo pembayaran, ditunjukkan dengan jelas pada faktur sehingga tim hutang pelanggan tahu kapan harus melakukan pembayaran.
  • Metode pembayaran dan detail akun
    Anda perlu menentukan bagaimana Anda menerima pembayaran dan bagaimana pelanggan Anda dapat membayar Anda melalui metode tersebut. Ini mungkin transfer bank, debit Langsung, pembayaran kartu, atau dompet digital. Beberapa perangkat lunak faktur dan akuntansi memungkinkan tombol pembayaran sekali klik di faktur elektronik itu sendiri.
  • Ketentuan pembayaran lainnya
    Ini dapat mencakup biaya keterlambatan pembayaran yang akan Anda kenakan untuk pembayaran yang terlambat, atau diskon yang Anda tawarkan untuk pembayaran lebih awal.

Termin artinya standar menetapkan waktu pembayaran biasa untuk pelanggan Anda, dan dapat bervariasi tergantung pada bisnis Anda, apa yang dianggap normal dalam sektor atau industri tertentu, dan persyaratan kredit apa yang Anda setujui dengan pelanggan Anda dengan nyaman.

Umumnya, untuk termin atau persyaratan pembayaran standar adalah 30 hari sejak tanggal faktur diajukan. Beberapa industri juga akan berbeda, dengan persyaratan pembayaran standar di sektor seperti konstruksi yang lebih cenderung pada 60 atau 90 hari dari tanggal faktur.

Fungsi Termin:

  • Sebagai bukti pembayaran yang sah jika barang atau jasa telah diterima.
  • Sebagai dokumen yang sah atas terjadinya kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak antara pembeli dan penjual.
  • Sebagai pernyataan dalam pemberian tempo pembayaran

Cara meningkatkan persyaratan pembayaran Anda

Memiliki termin artinya sangat membantu dalam memformalkan pembayaran dan kondisi kredit Anda untuk pelanggan yang membayar, tetapi mereka tidak dapat meningkatkan statistik pembayaran dan hutang lama Anda sendirian. Anda juga perlu proaktif dengan strategi pembayaran terlambat lainnya.

Gunakan faktur online untuk mempercepat pembayaran

Sebagian besar platform akuntansi cloud modern juga menyertakan faktur online, memungkinkan Anda dengan cepat mengirim faktur melalui email langsung ke tim keuangan pelanggan Anda dan mempercepat proses pembayaran.

Tawarkan berbagai macam metode pembayaran

Sebagai pebisnis, Anda perlu memberikan banyak metode pembayaran untuk pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tidak kesulitan saat membayar Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan Paper.id, platform pembayaran antar bisnis yang terpercaya.

Sudah digunakan lebih dari 370.000 pengguna di seluruh Indonesia, Paper.id menawarkan berbagai macam metode pembayaran, terutama kartu kredit tanpa mesin EDC. Kemudahan ini bisa Anda gunakan dengan gratis dengan mendaftarkan diri Anda dibawah.

 

Tawarkan diskon yang sehat untuk pembayaran awal

Berikan termin atau persyaratan pembayaran Anda kepada pelanggan dengan menawarkan diskon kepada pembayar awal.

Baca juga: 4 hal kenapa memperpanjang tempo pembayaran dalam bisnis

Gunakan teknologi untuk memprediksi waktu pembayaran

Alat perkiraan cloud dapat memprediksi kapan pelanggan kemungkinan besar akan membayar, sehingga memberi tim keuangan Anda kemampuan untuk memprioritaskan pelanggan dan utang yang tepat dalam hal percakapan kontrol kredit.

Jika pelanggan secara konsisten membayar Anda terlambat, mereka mungkin lebih merupakan ancaman bagi Anda daripada aset. Memindahkan pelanggan yang terlambat membayar secara berkala memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada pelanggan yang paling bernilai tambah, yang akan menguntungkan bisnis Anda dalam jangka panjang.

(Visited 21 times, 1 visits today)