Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga saja seperti mengurus keperluan rumah, suami dan anak. Mengatur keuangan keluarga juga salah satu pekerjaan ibu rumah tangga, terlebih jika penghasilan suami belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, sang ibu rumah tangga harus pintar dalam mengelola keuangan keluarga. 

Hal ini yang mendorong banyak ibu rumah tangga untuk dapat memiliki penghasilan lebih atau usaha sampingan untuk menambah pemasukan keuangan rumah tangga mereka. Jika kalian adalah seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan lebih atau usaha sampingan di sela-sela mengurus  rumah, suami dan anak tanpa meninggalkan rumah, maka Anda bisa membaca pilihan-pilihan usaha rumah yang menjanjikan berikut. 

Membuka Usaha Salon dan Spa Rumahan

Salon atau spa tidak harus di tempat yang mahal seperti di hotel atau di mall. Anda bisa membuka usaha rumah yang menjanjikan seperti bisnis spa rumahan dengan mengandalkan tenaga sendiri ataupun menggaji orang lain untuk membantu usaha anda. Tetangga atau teman-teman anda bisa menjadi pelanggan pertama yang selanjutnya bisa dipromosikan melalui rekan-rekan anda.

Baca juga: Bisnis modal kecil untung besar yang menguntungkan di era “New Normal” 

Membuka Warung Sembako

Membuka warung sembako menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan bahan kebutuhan sehari-hari seperti beras, telur, gula, terigu dan bahan kebutuhan pokok lain nya. Bisnis penjualan sembako (sembilan bahan pokok) sangat efektif dijalankan terlebih oleh pelaku usaha yang bertempat tinggal di lingkungan yang cukup ramai.

Dalam menjalankan bisnis ini, kalian tidak perlu meninggalkan rumah. Dengan begitu, Anda bisa menjaga toko sekaligus menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Bisnis ini juga bisa dibarengi dengan usaha berjualan pulsa provider maupun pulsa token listrik.

Membuka Usaha MUA

Apa itu MUA? Usaha MUA alias Make Up Artist menjadi sangat populer saat ini. Jika kalian memiliki keahlian dan kecintaan pada dunia make up, peluang usaha ini sangat baik untuk Anda. Pasalnya, semakin banyak ibu rumah tangga yang menjalani usaha sampingan ini untuk menambah pundi – pundi penghasilan mereka. Untuk menjadi seorang MUA, Anda perlu mempelajari teknik dasar dan teknik lanjutan make up terlebih dahulu.

Untuk dapat menambah ilmu pengetahuan kalian sebagai MUA, saat ini banyak media yang menyediakan tutorial make up seperti Youtube, Pinterest, dan video singkat di Instagram. Manfaatkan media informasi yang ada untuk mengasah kemampuan kalian guna mendapatkan hasil make up yang memuaskan. 

Membuka Catering

Untuk kalian yang memiliki hobi memasak, ini jadi peluang untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner. Disamping itu, modal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu besar. Sebab alat-alat yang diperlukan dapat menggunakan milik pribadi. Terlebih Jasa penyedia catering seperti ini sedang banyak dicari, terutama bagi mereka yang sibuk dan tidak sempat untuk memasak.

Kunci sukses usaha catering rumahan adalah makanan yang kalian sajian enak dan murah. Kalian dapat mempromosikan usaha catering kalian kepada teman, tetangga, tempat kerja suami atau keluarga dekat kalian. 

Baca juga: Bisnis kecil-kecilan yang cocok di era pandemi COVID-19

Membuat Kerajinan Tangan

Jika kalian memiliki keterampilan kerajinan tangan, seperti membuat tas anyam, tenunan, melukis dan keterampilan tangan lainnya, manfaatkan keterampilan kalian tersebut untuk mendatangkan pundi-pundi uang. 

Peluang usaha ini menjanjikan. Buatlah kerajinan tangan yang unik, menarik, memiliki nilai seni yang tinggi serta lain daripada yang lain sambil mengisi waktu luang kalian sebagai ibu rumah tangga.  Kalian bisa menitipkan hasil karya anda pada beberapa toko yang khusus menjual pernak-pernik aksesoris  atau menawarkan hasil karya kalian ke orang terdekat.

Berjualan Online

Banyak sekali usaha yang bisa kamu lakukan cuma dengan memanfaatkan fasilitas online. Jualan online adalah usaha yang dapat dengan mudah kalian lakukan seperti berjualan pakaian baru maupun preloved, make-up, obat-obatan, scarf dan segala yang berkaitan dengan perempuan.

Kamu bisa menerapkan sistem dropship atau reseller untuk usahamu karena tidak butuh modal besar. Usaha online ini jelas tak terlalu kompleks dan bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Asalkan kamu bisa memilih barang yang tepat untuk dijual, yaitu barang yang sangat disukai dan dibutuhkan oleh orang banyak.

Dengan demikian, menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kalian tidak bisa membantu perekonomian keluarga dan menutup diri dari penghasilan. Sebaliknya dengan semangat dan kerja keras dalam mengelola usaha yang kalian jalani pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan untuk usaha kalian.

Setelah memilih jenis usaha yang cocok, pastikan untuk mulai mengatur perencanaan terhadap banyak faktor, seperti pengelolaan keuangan. Kegiatan pencatatan penting untuk diperhatikan, karena kerap dilupakan. Padahal, kita perlu mengetahui berapa besaran keuntungan yang didapat dari transaksi-transaksi yang kita lakukan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan Paper.id. Dengan metode pencatatan digital, Anda tidak perlu repot-repot mencatat dan menghitung hasil keuntungan usaha Anda. Selain itu, Anda bisa melihat keuntungan Anda secara real-time lewat HP. Yang terpenting, aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara GRATIS dengan mendaftarkan diri Anda secara langsung disini!

Ayo buat mudah pengelolaan keuangan tanpa beban dengan Paper.id!