Bisnis kecil-kecilan yang cocok di era pandemi COVID-19

Merebaknya Virus COVID-19 atau COVID-19 di dunia tentu memukul perekonomian semua Negara tidak terkecuali Indonesia. Krisis ekonomi menimpa hampir semua negara yang ada di dunia. Seberapa buruk dampaknya? Kita dapat melihat dengan meningkatnya jumlah pengangguran dan pelaku usaha yang gulung tikar akibat pandemi COVID-19 ini.

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menjadi salah satu solusi yang dikeluarkan pemerintah guna menghentikan penyaluran virus. Pandemi COVID-19 menuntut semua orang untuk cepat menyesuaikan diri dengan pola kebiasaan yang baru. Contohnya, seperti para pekerja yang harus merubah kegiatannya menjadi Work From Home (WFH) dan kegiatan belajar mengajar di sektor pendidikan yang harus dilakukan secara online. 

Walaupun banyak kegiatan yang tidak dapat berjalan seperti biasanya. Namun, kita harus tetap optimis untuk mengambil peluang usaha untuk menopang kebutuhan sehari hari.Berikut adalah jenis-jenis bisnis kecil kecilan yang layak dicoba pada masa pandemi COVID-19 untuk membantu agar tetap bisa menghasilkan uang:

Membuka Usaha Makanan

Semua orang membutuhkan makanan apapun kondisinya. Karenanya, sektor ini pun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi. Terlebih selama pandemi, sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi, asalkan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Gubernur.

Baca juga: Peluang bisnis yang akan muncul selepas wabah COVID-19

Membuat Ramuan Herbal

Sampai saat ini, obat atau vaksin untuk menangkal Virus COVID-19 atau COVID-19 belum ditemukan, tetapi sejumlah riset menyebutkan, bahwa dengan menjaga imun tubuh tetap dalam keadaan baik maka Virus COVID-19 atau corona dapat dicegah. Karena itu, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis ramuan herbal yang sedang terkenal saat ini karena menjadi salah satu jenis bisnis kecil kecilan yang menguntungkan. 

Menjadi Desain Grafis

Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan. Jika Anda memiliki skill yang mumpuni di bidang ini, Anda bisa menjadikannya peluang sebagai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. 

Menjual Masker

Penggunaan masker kini telah menjadi sebuah bisnis kecil kecilan yang populer. Bukan hanya untuk orang yang sakit, tapi juga orang sehat. Berangkat dari situasi ini, menjual masker kain pun bisa menjadi ide usaha yang potensial dijalankan selama masa pandemic.

Menjual Hand Sanitizier

Menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer juga menjadi sebuah kewajiban saat ini. Penggunaan hand sanitizer dengan kadar alkohol tertentu diyakini ampuh membunuh kuman. Karena peminatnya yang tinggi, maka bisnis ini juga dinilai menguntungkan di masa saat ini. 

Membuka Usaha Sembako

Kebutuhan sembako ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Di saat pandemi, peluang usaha ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako cukup tinggi. Saat ini toko sembako juga sudah bisa bekerja sama dengan perusahaan transportasi online dan e-commerce.

Membuka Jasa Pembuatan Video

Banyak hal kreatif yang bisa dilakukan selama di rumah saja untuk menghilangkan rasa bosan. Diantaranya membuat video. Kondisi ini bisa melahirkan usaha kreatif berupa jasa pembuatan video yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan komersial dan non-komersial.

Baca juga: Contoh proposal usaha untuk bisnis makanan dan minuman

Menjual Pakaian Online

Meskipun toko-toko baju offline yang ada di pusat perbelanjaan ditutup karena wabah COVID-19. Namun, pembelian baju tetap bisa dilakukan. Para pengusaha baju kini mulai melebarkan sayap dengan menjual bajunya secara online. Hal ini sekaligus memberikan kemudahan bagi konsumen karena faktanya meski pandemi kebutuhan masyarakat terhadap baju tetap ada.

Dengan demikian, pegiat usaha dapat memulai usaha baru dari sektor ini untuk menghasilkan profit yang baik dan menjadikan pekerjaan ini sebagai langkah awal dalam keadaan normal baru. Agar kedepannya usaha-usaha ini menjadi nilai tambah untuk perekonomian yang kian lesu pada saat ini.

Kesimpulan

Pandemi COVID-19 turut mengubah kebiasaan lama dalam dunia usaha dengan memaksa para pelaku usaha untuk membuat inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah membuka usaha kecil-kecilan atau putar haluan dengan melakoni bisnis berdasarkan demand yang ada di masyarakart. Jualan hand sanitizer, masker, dan ramuan herbal turut menjadi bukti bahwa inovasi harus terus berjalan karena keadaan yang tidak pasti.

Kebiasaan tatap muka dan kerja di kantor juga berganti menjadi work from home dan lebih mengandalkan perangkat teknologi serta aplikasi untuk berkomunikasi. Meeting, negosiasi dan pergantian sistem kerja menjadi hal lumrah yang mengharuskan semua orang untuk beradaptasi dalam menghadapi hari.

Untuk pengelolaan bisnis tanpa tatap muka, serahkan kepada Paper.id, platform bisnis untuk invoicing, accounting dan inventory. Invoice dapat dikirimkan via email/sms/Whatsapp sehingga, penagihan tetap berlangsung lancar. Soal pembukuan, segala transaksi yang ada akan tercatat secara otomatis, jadi ucapkan selama tinggal kepada catat-mencatat yang melelahkan. Terakhir, pemantauan stok barang jadi lebih mudah berkat fitur track stock yang langsung mengurangi atau menambahkan barang begitu transaksi terjadi. Segalanya menjadi lebih mudah dan proses bisnis Anda akan tetap berjalan tanpa kendala apapun. Gunakan Paper.id sekarang dan daftarkan diri Anda disini!

Paper.id, platform bisnis #1 Indonesia untuk segala jenis bisnis.

(Visited 13.643 times, 1 visits today)