Perubahan dan penyesuaian di tahun 2020 terus terjadi akibat dampak yang ditimbulkan dari pandemi COVID-19 khususnya pada lingkup perekonomian. Hal itu memaksa kita untuk tetap bertahan akan dampak dari COVID-19. Selama pandemi banyak masyarakat Indonesia yang terdampak, misalnya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan begitu penghasilan setiap bulannya pun terganggu.

Namun jangan bersedih dan panik karena masih ada peluang usaha yang cukup baik dari imbas pandemi COVID-19 ini. Banyak peluang usaha baru bisa dilakukan masyarakat di tengah pandemi Corona, mulai dari yang tidak perlu menggunakan modal dan menggunakan modal kecil untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut adalah usaha yang dapat dijalankan pada saat Pandemi dengan modal terbatas.

Menjual Pulsa

Menjual pulsa elektrik termasuk sebagai salah satu jenis bisnis modal kecil untung besar. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, terlebih pada masa pandemic ini semua dilakukan secara online baik dariĀ  dunia pendidikan dan dunia kerja, sehingga permintaan kebutuhan akan pulsa meningkat dengan pesat.

Baca juga: Mau memulai usaha kuliner? Perhatikan tips-tipsnya berikut ini!

Menjadi Jasa Penerjemah

Anda punya kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lain? Membuka jasa terjemahan bisa menjadi pilihan usaha menarik bagi Anda. Bahkan, bisa dimulai tanpa modal. Anda bisa menawarkan keahlian penerjemah untuk pembuatan summary pada skripsi, tesis atau disertasi. Selain itu, untuk menambah jejaring pelaku usaha bisa juga bergabung dengan platform penerjemah berbasis online.

Dropship

Bisnis tanpa modal yang banyak digeluti oleh para pelaku usaha online adalah dropshiper ini. Pelaku usaha bahkan tak perlu memegang barang dan menanggung biaya pengiriman karena itu semua akan dilakukan oleh reseller yang barangnya di drop oleh Anda.

Reseller inilah yang akan menjual langsung barang kepada konsumen. Akan tetapi hal yang harus diperhatikan pada usaha ini adalah kejelian dan ketekunan untuk menemukan partner reseller yang jujur dan berkomitmen. Karena tanpa hal tersebut, usaha ini tidak akan berkembang bahkan terancam gulung tikar.

Bisnis Affiliate

Bisnis affiliate tidak perlu mengeluarkan modal, Bahkan bisnis ini menjadi salah satu bisnis online yang sangat diminati oleh internet marketer di Indonesia. Untuk mulai menjalankan bisnis ini, Anda tidak wajib memiliki produk lebih dulu. Pelaku usaha tinggal menjualkan produk atau jasa milik orang lain melalui blog maupun jejaring internet lainnya seperti email, media sosial dan sebagainya. Jika ada produk yang terjual melalui link afiliasi mu maka kamu akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan. Dalam memilih produk, usahakan memilih produk yang sudah sangat banyak penjualannya.

Baca juga: Bisnis kecil-kecilan yang cocok di era pandemi COVID-19

Menjual Masker Kain

Seperti yang sudah kalian ketahui, bahwa masker medis sudah menjadi barang yang langka di tengah pandemi COVID-19. Bahkan saat ini masker medis mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan dari harga normal nya. Memang, dalam dunia ekonomi hal ini terbilang wajar. 

Saat permintaan akan suatu barang naik, persediaan barang akan semakin menurun dan menyebabkan kelangkaan. Himbauan pemerintah pun sudah dikeluarkan agar masyarakat diwajibkan memakai masker kain. Dengan adanya situasi ini tentu saja peluang usaha pembuatan masker kain sangat tinggi, selain karena modal nya kecil permintaan akan masker kain pun sedang meningkat di pasaran.

Membuka Kedai Kopi

Membuka warung kopi di malam hari termasuk jenis bisnis modal kecil untung besar dalam bidang kuliner. Usaha kedai kopi akhir-akhir ini sedang naik daun karena peminat kopi kian banyak. Apalagi jika desain ruang nyaman, tersedia koneksi internet, dan bisa untuk santai berlama-lama. 

Sajikan juga menu-menu pendukung seperti gorengan, roti bakar, atau yang lainnya. Kalian juga bisa menambahkan varian minuman seperti susu murni, susu jahe, dan lain sebagainya. Ini akan menarik para anak muda khususnya mahasiswa dan para pekerja untuk datang ke kedai kopi kalian.

Membuka Katering Rumahan

Seringkali kita melihat orang-orang di sekitar kita memesan catering untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sebuah acara yang mereka selenggarakan. Usaha katering memang menguntungkan karena jumlah dalam sekali pesan bisa langsung banyak. Sebagai pemilik usaha catering, pelaku usaha harus gencar mempromosikan usaha cateringnya. Agar semakin banyak orang yang menggunakan jasa katering Anda.

Usaha Laundry

Kesibukan bekerja membuat sebagian orang tidak sempat untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka terutama mengurus baju kotor sehari hari yang menumpuk, itulah yang membuat sebagian orang lebih memilih dan menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian mereka. Dengan demikian usaha ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Peluang usaha ini sangat mudah dijalankan, bahkan untuk kamu para pemula yang ingin terjun ke dunia usaha. Untuk usaha ini, modalnya pun tidak terlalu banyak, karena hanya membutuhkan mesin cuci dan area yang cukup luas untuk mengeringkan pakaian.

Dengan demikian, pelaku usaha dapat memulai usaha ini dengan modal yang tidak terlalu memberatkan tetapi menghasilkan profit yang baik. Kegiatan usaha ini juga dapat membantu perekonomian Negara yang kian hari terpuruk karena Pandemi COVID-19.

Kesimpulan

Pandemi COVID-19 memaksa para pelaku usaha untuk mencari cara agar tetap bertahan hidup. Ada yang banting setir dengan berjualan hal-hal yang laku selama pandemi, atau mengubah gaya berjualan mereka menjadi online. Tidak hanya gaya berjualan, sistem operasional kantor yang awalnya bertumpu pada cara offline diubah menjadi online.

Para pelaku usaha memilih untuk menggunakan sejumlah software pendukung untuk memastikan kegiatan operasional mereka berjalan lancar. Hal ini juga menyangkut tentang keuangan usaha. Agar pengelolaan keuangan usaha lebih mudah, Anda bisa menggunakan Paper.id, sebuah platform bisnis untuk invoicing, accounting, dan inventory untuk bisnis Anda.

Mulai dari penagihan, pencatatan dan pembukuan serta pengelolaan stok gudang dapat dilakukan secara digital mulai dari HP atau komputer Anda. Dengan begitu, kegiatan bisnis Anda tidak terkendala oleh faktor eksternal, seperti pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini.

Buat bisnis Anda tetap berjalan tanpa kendala dimana saja dan kapan saja dengan Paper.id! Daftar sekarang lewat tombol dibawah ini GRATIS!