Di Indonesia, usaha kecil menengah (UKM) adalah bagian dari tulang punggung perekonomian Indonesia. Bisnis ini menjadi perhatian pemerintah karena UKM bisa memberikan dampak yang besar bagi perekonomian negara. Hal ini terbukti saat UKM berjasa dalam mengembalikan ekonomi Indonesia yang sempat terkena krisis moneter pada tahun 1998. Supply & demand yang masih berjalan lancar membuat roda perekonomian kembali bergerak pada saat itu. 

Usaha kecil menengah menjadi solusi bagi para pelaku usaha untuk dapat membuka usaha dengan modal kecil untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. UKM juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Sehingga sangatlah wajar, bila semakin hari bisnis UKM ini semakin berkembang dan diminati banyak orang. Berikut beberapa contoh UKM Yang paling diminati dan mudah dilakukan oleh masyarakat.

Bisnis Kuliner

Kuliner adalah usaha yang tak pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan semua orang. Banyak usaha kuliner yang bisa dikembangkan. Anda dapat memulai usaha di bidang ini dengan modal awal yang kecil. Untuk sukses, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran.

Baca juga: Bisnis modal kecil untung besar yang cocok di era “New Normal”

Untuk tren yang sedang berjalan, Anda bisa mencoba tipe bisnis kuliner yang bisa dikirim. Dilansir dari detik, layanan antar makanan naik drastis sebanyak 250%. Hal ini tentunya mempengaruhi pola perubahan bisnis kuliner dari makan di tempat hingga makan di rumah untuk menghindari penularan virus  COVID-19.

Anda dapat mencoba tipe-tipe makanan yang dapat dibuat dengan mudah dan dikirimkan melalui layanan ojek online. Sebagai contoh, olahan roti bisa menjadi salah satu pilihan kuliner yang dapat Anda jadikan bisnis. Menurut chef profesional, Vindex Tengker, angka pembelian oven dan mixer naik drastis sehingga, bisnis olahan roti sedang dinikmati saat ini.

Bisnis Fashion

Usaha fashion juga berpotensi menghasilkan profit yang besar, terutama pada momen tertentu seperti hari raya. Trend mode yang terus berganti seiring perubahan zaman,membuat bisnis ini tidak pernah jalan di tempat. Anda bisa mengembangkan UKM di bagian produksi maupun jual beli produk fashion, baik di toko konvensional, maupun online.

Bisnis Pendidikan

Tempat-tempat kursus dan pelatihan tatap muka cukup digemari, baik pelajar sekolah maupun orang yang ingin menambah keahlian khusus. Untuk memulai usaha di bidang ini, Anda harus mengenali kemampuan diri sendiri sebagai modal awal. Selanjutnya, tawarkan keunggulan yang tidak bisa diperoleh pengguna jika hanya belajar secara online.

Dengan semakin canggihnya aplikasi yang ada, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Google Hangout, ZOOM atau Instagram Live sebagai medium pembelajaran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menjalankan proses belajar-mengajar konvensional karena dapat dilakukan melalui medium online.

 Baca juga: Rahasia meningkatnya produktivitas usaha dengan penggunaan teknologi cloud computing

Bisnis Di Bidang Teknologi Internet

Ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia, mulai dari startup di bidang e-Commerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Startup Indonesia kini membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial di masa depan. Jadi bukan menjadi rahasia lagi bahwa internet memberikan banyak sekali peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya pada mereka yang telah memiliki usaha, tapi juga pada mereka yang belum memiliki usaha. 

Setiap pelaku usaha yang ingin menciptakan peluang usaha harus memiliki modal, produk yang baik, dan strategi pemasaran yang detail. Hal tersebut merupakan hal penting untuk memulai suatu usaha guna mendapatkan keberhasilan usaha yang sukses dan berkelanjutan. 

Pelaku usaha juga harus memperhatikan proses pembukuan pada usaha yang sedang dijalankan. Di era modern, sekarang pelaku usaha sangat memerlukan software akuntansi yang terintegrasi sehingga pelaku usaha dapat dengan mudah memantau keseluruhan arus keuangan dan transaksi yang berlangsung.

Dengan pembukuan yang baik, Anda bisa dengan mudah memantau keseluruhan arus keuangan dan transaksi yang berlangsung. Seperti Paper.id, software akuntansi yang memudahkan Anda dalam pembukuan. Fitur integrasi membuat proses pencatatan terjadi secara otomatis dan laporan keuangan tersaji secara real-time, sehingga  Anda dapat memantau keuangan usaha Anda secara langsung. Gunakan Paper.id sekarang dan digitalisasi usaha Anda agar lebih maju dengan daftar disini.