Sebagian besar pelaku usaha di Tanah Air adalah merupakan usaha mikro kecil dan menengah atau yang disebut UMKM. Dapat dikatakan jika pelaku UMKM berperan besar bagi perekonomian Indonesia secara makro.

Terjadinya pandemic COVID-19 yang menimpa semua Negara di dunia, termasuk Indonesia salah satunya  membuat banyak sektor usaha yang ikut terkena dampaknya, termasuk para pelaku UMKM.

Hal ini mendorong setiap orang untuk melakukan langkah preventif agar usaha mereka tetap berjalan. Dalam hal ini, teknologi sangat berperan dan dibutuhkan oleh para pelaku UMKM untuk menganalisa dan membantu menjalankan usaha mereka.

Baca juga: Dampak revolusi industri 4.0: Siapkan UMKM menyambutnya?

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengadopsi teknologi cloud computing atau komputasi awan agar para pelaku UMKM tetap produktif dalam segala kondisi.

Apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasisi internet, suatu metoda komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pelaku usaha dapat mengaksesnya melalui internet.

Dilansir dari IEEE Internet Computing 2008, Cloud Computing adalah sebuah istilah dimana informasi tersimpan secara permanen dalam sebuah server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menerapkannya? Baca lebih lanjut lewat penjelasan dibawah ini.

Cloud Computing Dapat Menghemat Biaya Operasional

Dalam menggunakan perangkat lunak cloud computing akan membantu pelaku UMKM dalam menghemat biaya infrastruktur usaha. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi melakukan update software, maintenance, dan tidak perlu mengintegrasikan satu software ke dalam beberapa PC.

Penggunaan Multi-User

Cloud computing memudahkan pelaku usaha untuk selalu berkoordinasi dengan tim dalam melihat perkembangan keuangan perusahaan. Sehingga setiap transaksi dapat diidentifikasi dari manapun , meski sedang tidak di kantor.

Terhubung Dengan Jaringan Internet

Dengan penggunaan jaringan internet, tentunya akan memudahkan pelaku usaha  dalam mengelola data keuangan. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi anggota tim untuk tidak bekerja, karena mereka bisa menggunakan komputer lain untuk melihat data.

Baca juga: Cara manajemen bisnis yang ampuh di tengah COVID-19

Memberikan Data Secara Real Time

Kehadiran cloud computing dalam menjalankan usaha, dapat memperlihatkan perkembangan usaha yang dilakukan secara real time. Karena pelaku usaha dapat melihat usaha yang dijalankan kapanpun dan dimanapun.

Pekerjaan Tetap jalan, Meskipun Keadaan Tidak Memungkinkan

Ketika menjalankan suatu usaha, kita tidak tahu musibah apa yang akan terjadi pada usaha kita. Contoh masalah yang bisa terjadi adalah, kita kehilangan laptop atau terjadi kebakaran di tempat usaha. Dengan adanya cloud computing, pelaku usaha tetap bisa mengakses pekerjaan mereka tanpa dibatasi hal apapun. 

Data Tersimpan Dengan Aman

Keamanan penyimpanan data dalam cloud computing dapat tersimpan dengan baik. Karena data yang kita miliki akan disimpan dalam pusat software yang dikelola dengan keamanan tingkat tinggi dan kapasitas penyimpanan yang besar. Dengan begitu, pelaku usaha tidak perlu takut kehilangan data yang sudah dimiliki dan mengeluarkan biaya besar untuk meningkatkan kapasitas memori komputer atau laptop.

Manfaat lain yang dapat dirasakan oleh pelaku UMKM dengan menggunakan layanan Cloud Computing adalah dapat meningkatkan produktivitas bisnis pelaku UMKM. Karena dapat mengelola data besar yang mereka miliki tanpa mengeluarkan biaya yang berlebihan. Sehingga para pelaku usaha hanya perlu fokus pada usaha mereka untuk mencapai target yang mereka inginkan. 

Bagi para pelaku usaha, Anda bisa menggunakan Paper.id, sebuah platform bisnis dengan fitur invoicing, accounting dan inventory. Keamanan data Anda terjamin berkat sistem keamanan setara bank dan ISO 27001 serta tingkat aksesibilitas tanpa batas karena bisa diakses dimana saja lewat HP atau PC. Gunakan Paper.id sekarang dan daftarkan diri Anda secara cuma-cuma disini!

 

(Visited 829 times, 1 visits today)