Seiring dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, membuat perubahan pada pola perilaku masyarakat. Terutama dalam dunia bisnis, berbagai kecanggihan ditawarkan demi menunjang kepuasan pelanggan, salah satunya dalam hal metode pembayaran secara digital.

Digital payment atau pembayaran digital telah menjadi salah satu hal yang populer di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh digital payment dalam melakukan transaksi. 

Selain itu, banyak orang menggunakan digital payment Indonesia lantaran adanya penawaran berupa diskon atau cashback, undian berhadiah, hingga bonus yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital. Siapa yang tidak suka dengan penawaran tersebut? Tentu semua orang suka.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis digital payment yang populer di Indonesia yang bisa diterapkan di bisnis kamu. Diantaranya:

E-Wallet

Contoh E-wallet yang Populer di Indonesia
Contoh E-wallet yang Populer di Indonesia (Photo by Mayar Blog)

E-wallet atau dompet digital adalah jenis digital payment yang paling populer di Indonesia. Menurut India Times, E-wallet adalah jenis aplikasi yang digunakan untuk menyimpan uang untuk transaksi online di perangkat mobile dengan internet sebagai perantaranya.

Menurut InsightAsia melalui surveinya yang bertajuk Consistency That Leads: E-Wallet Industry Outlook 2023 menunjukkan bahwa 71% responden aktif memilih dompet digital sebagai metode pembayaran masyarakat Indonesia, dibanding metode pembayaran tunai dan transfer bank. 

Kenapa E-wallet sangat populer di Indonesia? Pasalnya, E-wallet memungkinkan pengguna untuk menyimpan uang secara digital di dalam aplikasi dan melakukan transaksi dengan mudah, baik itu untuk pembelian di toko online maupun offline. Beberapa contoh e-wallet yang populer di Indonesia adalah OVO, GoPay, dan Dana.

Mobile Banking

Jenis digital payment lainnya yang populer di Indonesia adalah Mobile Banking. Mobile Banking merupakan layanan perbankan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi. Umumnya, fitur-fitur Mobile Banking ini mencakup transfer uang antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain sebagainya.

Mobile Banking menjadi salah satu metode pembayaran yang juga sudah akrab digunakan banyak orang lantaran sangat mudah diakses dengan cukup mengunduh di Play Store atau App Store. Beberapa bank yang menawarkan layanan mobile banking di Indonesia antara lain Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment Untuk Bisnis

Kartu Kredit

Jumlah Kartu Kredit di Indonesia per Desember 2022
Jumlah Kartu Kredit di Indonesia per Desember 2022 (Photo by Asosiasi Kartu Kredit Indonesia)

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang paling umum digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Biasanya, digital payment mencakup penggunaan kartu kredit secara online untuk melakukan pembelian di situs e-commerce.

Kamu juga akan mendapatkan beberapa benefit jika melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, seperti mendapatkan Poin and Miles, tambahan tempo pembayaran, dan lain-lain. Beberapa benefit Beberapa contoh kartu kredit yang populer di Indonesia antara lain Visa, Mastercard, dan American Express.

Internet Banking

Internet banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melalui internet. Jika ingin mengaktifkan layanan ini, kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan, kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua proses telah selesai, kamu bisa melakukan pembayaran secara dengan Internet Banking.

Sama halnya dengan Mobile Banking, biasanya layanan ini mencakup transfer uang antar rekening, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain lain-lain. Beberapa contoh bank yang menawarkan layanan internet banking di Indonesia antara lain Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Virtual Account

Terakhir, jenis digital payment yang populer di Indonesia adalah Virtual account. Pasalnya, kebanyakan orang memilih menggunakan virtual account karena lebih praktis dan tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening tujuan pengirim, berbeda dengan transfer antar bank yang mengharuskan kita mendaftarkan nomor rekening tujuan sebelum bertransaksi.

Kamu akan mendapatkan satu ID akun atau biasa dikenal dengan VA number. Selain itu, kamu juga akan diberikan virtual account yang unik dan berbeda, serta bisa diatur sesuai kebutuhan. Beberapa contoh virtual account yang populer di Indonesia adalah Virtual Account Bank Mandiri dan Virtual Account BCA.

Baca juga: Digital Payment: Solusi untuk Kemudahan dalam Mengelola Bisnis

Dalam era digital seperti sekarang, digital payment menjadi salah satu pilihan utama untuk melakukan transaksi. Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh digital payment membuat banyak orang beralih dari metode pembayaran konvensional seperti uang tunai atau cek. Selain itu, digital payment juga lebih aman karena transaksi dilakukan secara online dan dapat dipantau dengan mudah. Oleh karena itu, tidak heran jika digital payment semakin populer di Indonesia.

Adapun untuk kamu pelaku bisnis, yuk aplikasikan metode pembayaran bisnis kamu tanpa ribet dan praktis pakai Paper.id. Nikmati beberapa alternatif pembayaran untuk bisnismu, seperti menggunakan VA, Kartu Kredit, e-wallet, ataupun melalui marketplace secara gratis!

Muhamad Dika Wahyudi