4 Jenis Digital Payment Yang Populer di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi di era modern sekarang ini, membuat perubahan pada pola perilaku masyarakat. Terutama dalam dunia usaha, berbagai kecanggihan ditawarkan demi menunjang kepuasan konsumen. Sebagai contoh dalam hal pembayaran. Banyak perusahaan menawarkan cara pembayaran tanpa uang kertas untuk memberikan pengalaman yang baru bagi para pelanggan.

Hal itu memberikan pengalaman baru sekaligus menarik banyak orang untuk menggunakan sistem pembayaran yang baru. Digital payment Indonesia adalah teknologi yang memberikan pandangan baru bagi masyarakat tentang pembayaran non tunai yang jauh  lebih praktis, efisien dan aman dalam setiap bertransaksi dengan menggunakan media elektronik. Seseorang bisa melakukan transaksi pembayaran dengan internet banking, mobile banking, atau dompet elektronik.

Salah satu alasan yang membuat sistem pembayaran digital banyak menarik perhatian adalah karena kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkannya. Anda tidak lagi harus repot membawa uang atau singgah ke ATM untuk melakukan tarik tunai. 

Baca juga: Tips-tips menghindari kejahatan dalam menggunakan digital payment

Selain hal tersebut terdapat faktor pendorong lain yang membuat banyak orang menggunakan digital payment Indonesia. Faktor pendorong penggunaan pembayaran digital adalah dengan banyaknya penawaran berupa diskon atau cashback, undian berhadiah, hingga bonus yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran digital. 

Selain itu melakukan transaksi menggunakan digital payment Indonesia juga dapat menghindarkan anda dari tindakan kriminal seperti pencopetan yang marak terjadi jika anda membawa uang berlebih. Setiap transaksi pembayaran digital yang dilakukan, disimpan dalam sebuah database khusus. 

Untuk melakukan pembayaran secara digital, Anda perlu mengetahui tentang jenis – jenis digital payment apa saja yang bisa Anda gunakan.  Berikut ini adalah beberapa tipe pembayaran digital yang populer di Indonesia.

Mobile Banking

Aplikasi Mobile Banking ini dapat digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial. Salah satunya adalah pembayaran secara digital. Anda cukup mengunduh dan mendownload aplikasi Mobile Banking dari bank tempat kamu menabung, lalu ikuti prosesnya sesuai dengan aturan bank masing-masing. 

Pada langkah awal biasanya kamu harus melakukan aktivasi Mobile Banking dengan datang langsung ke cabang bank terdekat. Setelah itu, semua fitur dalam Mobile Banking dapat diakses dengan mudah. Aplikasi Mobile Banking berbagai bank dapat kamu unduh di Play Store atau App Store.

SMS Banking

SMS Banking juga adalah layanan transaksi finansial lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Nomor ponsel kamu mempunyai peran yang sangat penting di sini. Hal itu karena transaksi perbankan yang dilakukan dengan SMS Banking akan dilakukan melalui fitur SMS.  Agar nomor ponselmu bisa dijadikan alat transaksi, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di bank tempat Anda menabung. 

Internet Banking

Internet banking adalah layanan transaksi finansial lainnya dari bank. Jika ingin mengaktifkan layanan ini Anda harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan , kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua proses telah selesai, kamu bisa melakukan digital payment Indonesia dengan Internet Banking. Pada umumnya untuk pengaplikasia jenis ini  diperlukan sebuah token untuk dapat melakukan transaksinya.

Baca juga: Fungsi dan jenis-jenis nota dalam transaksi bisnis

Uang Elektronik 

Uang elektronik adalah layanan finansial yang memungkinkan semua transaksi dilakukan secara digital. Layanan ini adalah layanan paling populer di era sekarang dan digemari khususnya oleh kaum milenial. Biasanya dalam prosesnya membutuhkan internet saat Anda hendak melakukan transaksi. 

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menghadirkan uang elektronik. Hanya saja, perusahaan yang menghadirkan uang elektronik resmi haruslah terdaftar di Bank Indonesia. Dengan kata lain, layanan uang elektronik harus memiliki izin penyelenggaraan uang elektronik dari Bank Indonesia.

Dengan pembayaran digital, Anda dapat memproses pembayaran dengan sangat cepat bahkan di hari yang sama serta memungkinkan aplikasi tunai instan dan rekonsiliasi otomatis, yang telah terbukti dapat menghilangkan kesalahan entri data dan memastikan pembukuan Anda akurat. Selain itu transaksi digital jauh lebih aman daripada melakukan transaksi secara manual karena diproses oleh gateway aman yang sulit untuk dirusak. Sebagian besar platform telah diatur dan dilindungi secara ketat untuk menjaga uang Anda tetap aman.

 

(Visited 155 times, 1 visits today)