Di era serba modern, menggunakan digital payment atau pembayaran elektronik dapat menguntungkan bagi para pebisnis, terutama transaksi antar bisnis. Manfaat digital payment saat ini berperan untuk alur bisnis agar dapat berjalan lancar dan lebih efisien.

Digital payment menawarkan keuntungan bagi perusahaan dengan memungkinkan transaksi keuangan menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Di samping itu, pembayaran elektronik juga menawarkan keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam melakukan proses transaksi.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Bayar Invoice Dengan Digital Payment

Berikut 7 keuntungan menggunakan digital payment untuk bisnis, diantaranya:

  • Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Menurut IZA – Institute of Labor Economics, sebuah studi di Bangladesh menemukan bahwa rata-rata pabrik mengurangi biaya distribusi puah lebih dari 50% dalam waktu dua tahun setelah mulai membayar pekerja secara langsung melalui rekening bank digital.

Secara tradisional, masih banyak perusahaan terutama pabrik, menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mengalokasikan upah kepada para pekerjanya. Proses produksi pada saat itu harus hilang lantaran pekerja harus mengantri untuk mendapatkan gaji mereka.

Digital payment dapat menghilangkan praktik boros seperti kasus di atas, keuntungan menggunakan pembayaran elektronik akan menjadikan transaksi lebih efisien. Jika dibandingkan dengan metode pembayaran konvensional seperti menggunakan uang tunai atau cek, proses pembayaran dengan digital payment jauh lebih cepat.

Alur transaksi menggunakan digital payment tidak berlaku batasan waktu dan lokasi. Oleh karena itu, pihak perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga, sehingga bisa fokus kepada pekerjaan penting lainnya.

  • Keamanan Transaksi

Pembayaran elektronik saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang menawarkan keamanan saat melakukan transaksi bisa lebih terjamin. Oleh karena itu, berbagai kerugian online atau bahkan tindakan kriminal dapat diminimalisir.

Contohnya, ada gerai/merchant menerima pembayaran dengan menggunakan QRIS, maka konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit/debitnya untuk transaksi, cukup melakukan pemindaian kode menggunakan ponselnya dan transaksi selesai dengan cepat dan aman.

  • Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Tersedianya banyak pilihan cara pembayaran, maka konsumen akan lebih leluasa dan nyaman dalam melakukan transaksi. Para konsumen bisa bebas dalam memilih cara pembayaran yang dianggap paling aman serta menguntungkan.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan konsumen sehingga dapat membuat mereka dapat melakukan transaksi secara berulang. Bagi para pelaku bisnis, tentu ini akan menjadi sebuah keuntungan lantaran dapat meningkatkan penjualan.

Baca juga: 4 Jenis Digital Payment Yang Populer di Indonesia

  • Mengurangi Peredaran Uang palsu

Dengan melakukan pembayaran secara online akan mengurangi peredaran uang palsu di Indonesia. Pasalnya, pengguna tidak perlu lagi membawa dan menerima uang tunai sehingga tidak ada lagi celah edaran uang palsu.

Proses isi ulang biasanya melalui bank yang bekerja sama sehingga bisa dipastikan merupakan dana asli yang siap dimanfaatkan untuk berbagai transaksi online. Hal inilah yang membuat Bank Indonesia menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat memilih transaksi non tunai.

  • Pengurangan Risiko Transaksi

Di dalam bisnis, pemilihan digital payment untuk proses transaksi sudah sangat tepat. Pasalnya, pembayaran elektronik sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai sehingga seluruh transaksi bisa diketahui oleh sistem.

Hal tersebut juga dapat memberikan kepercayaan kepada seluruh pengguna saat bertransaksi. Digital payment telah terbukti dapat mengatur semua proses keuangan secara lebih baik dan mudah.

  • Mengurangi Kontak

Banyak orang yang mencari cara agar bisa meminimalisir kontak dengan siapapun. Tujuannya agar bisa mencegah diri dari segala infeksi dari segala penyakit. Dengan demikian, kegiatan transaksi menggunakan digital payment sangat diperlukan.

  • Bisnis Menjadi Lebih Terkontrol

Perusahaan yang menggunakan pembayaran elektronik bisa dengan mudah memeriksa alur keuangan yang dimiliki. Oleh karena itu, semua riwayat pengeluaran dan pemasukan transaksi bisa dikontrol dengan baik.

Dengan adanya berbagai fitur yang tersedia, perusahaan bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya secara mudah. Ketika membawa uang tunai, keinginan untuk bertransaksi tentu akan semakin besar.

Baca juga: Tips-Tips Menghindari Kejahatan Dalam Menggunakan Digital Payment

Bayar Invoice Pakai Digital Payment di Paper.id

Seperti paparan di atas, digital payment sangat bermanfaat bagi bisnis. Sebab, pembayaran secara digital menawarkan keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam melakukan proses transaksi.

Berbagai keuntungan digital payment membantu para pebisnis untuk menjalankan bisnisnya menjadi lebih mudah dan lancar. Pelaku bisnis juga bisa semakin mudah, aman, dan cepat untuk melakukan transaksi sesuai kebutuhan.

Baca juga: Pengaruh Digital Payment Terhadap Menurunnya Kompleksitas Transaksi B2B

Paper.id menawarkan fitur digital payment untuk mempermudah pembayaran invoice bisnis kamu. Terdapat dua jenis fitur pembayaran digital yang ditawarkan Paper.id, antara lain PaperPay In dan Paper PayOut.

Nggak perlu khawatir, harga fitur digital payment di Paper.id terjangkau, kok! Ditambah pembayaran bisa dilakukan dengan banyak metode, lho! Salah satunya pakai kartu kredit, kamu bisa mendapatkan tambahan tempo pembayaran sehingga arus kas bisnis kamu bisa tetap stabil walaupun kamu harus membayar beberapa supplier sekaligus. Jadi, tunggu apalagi? Mari kelola perusahaan kamu bersama Paper.id sekarang dan klik di sini!

Muhamad Dika Wahyudi