Di era digital ini, bisnis tidak terlepas dari penggunaan teknologi, salah satunya Digital Payment. Pembayaran digital adalah sistem pembayaran yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara elektronik melalui internet.

Menurut survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada 2020, penggunaan uang elektronik atau e-money untuk transaksi Digital Payment meningkat 56,1% menjadi Rp 113,9 triliun dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sementara, laporan dari Google, Temasek dan Bain & Company, mengungkapkan bahwa pasar fintech di Indonesia diperkirakan akan tumbuh mencapai US$ 76 miliar pada tahun 2025, didorong oleh meningkatnya penetrasi internet dan adopsi teknologi digital.

Data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pembayaran secara digital di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didukung oleh penetrasi internet, adopsi smartphone, serta dukungan dari pemerintah dan perusahaan teknologi untuk mempercepat digitalisasi pembayaran.

Baca juga: Ini 5 Jenis Digital Payment yang Populer di Indonesia untuk Bisnis

Beberapa platform Digital Payment Indonesia yang populer, antara lain OVO, GoPay, Dana, LinkAja, dan masih banyak lagi. Mereka menawarkan berbagai layanan pembayaran, mulai dari pembelian pulsa, pembayaran tagihan, hingga transfer uang antar sesama pengguna.

Keuntungan Menggunakan Digital Payment bagi Bisnis

Cara Kerja Digital Payment
Cara Kerja Digital Payment (Photo by Xendit)

Keuntungan menggunakan pembayaran digital bagi bisnis sangatlah banyak. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya:

Meningkatkan Efisiensi dalam Transaksi Keuangan

Proses transaksi keuangan dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan aman. Kamu dapat melakukan pembayaran secara real-time tanpa harus menggunakan uang tunai atau menunggu waktu yang lama untuk melakukan transfer antar bank.

Sesuai dengan studi yang dilakukan Visa pada 2021 yang menunjukkan bahwa pembayaran digital dapat mengurangi biaya administrasi hingga 50% dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional seperti cek atau transfer bank pada umumnya.

Meningkatkan Keamanan Transaksi

Transaksi Digital Payment dilakukan melalui sistem yang terenkripsi dan dilindungi oleh protokol keamanan yang ketat, sehingga membuatnya sulit untuk disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pembayaran digital juga dapat dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, seperti token atau verifikasi dua faktor, yang dapat memperkuat tingkat keamanan transaksi. Selain itu, juga dapat membantu kamu dalam menghindari risiko pemasukan uang tunai atau cek.

Dalam penggunaan uang tunai atau cek, kamu harus memeriksa keaslian uang atau cek yang diterima untuk memastikan tidak terjadi pemalsuan. Namun, dengan secara digital, risiko ini dapat dihindari karena transaksi dilakukan secara elektronik dan otomatis.

Meningkatkan Keuntungan Hingga Beberapa Kali Lipat

Tidak ada angka pasti mengenai seberapa besar kenaikan keuntungan yang dapat dihasilkan dengan penggunaan Digital Payment. Namun, penggunaan pembayaran secara digital akan menguntungkan karena berdampak positif pada kinerja bisnis.

Terbukti, menurut laporan dari McKinsey & Company, penggunaan Digital Payment dapat membantu meningkatkan keuntungan bisnis hingga mencapai 20-30%.

Digital Payment dapat membantu mengurangi biaya transaksi, meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pemrosesan pembayaran, serta memperluas jangkauan pasar dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi.

Bagaimana Cara Memilih Digital Payment yang Baik untuk Bisnis?

Meski pembayaran digital menawarkan beberapa keuntungan, kamu juga harus tetap waspada saat melakukan transaksi secara digital. Berikut beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan, antara lain:

Memiliki Keamanan yang Kuat

Pastikan platform Digital Payment yang kamu pilih memiliki keamanan yang kuat untuk melindungi data bisnis dan pelanggan. Pertimbangkan untuk menggunakan platform yang mematuhi standar keamanan seperti PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

Biaya yang Terjangkau

Periksa biaya yang dikenakan oleh platform pembayaran digital, seperti biaya transaksi atau biaya pemrosesan. Pilihlah platform yang biayanya terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Memiliki Fitur Notifikasi

Terakhir, cara memilih pembayaran digital adalah yang memiliki fitur notifikasi. Setiap kali terdapat transaksi yang dilakukan menggunakan akun digital, kamu akan menerima notifikasi melalui email, pesan teks, atau aplikasi mobile.

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment Untuk Bisnis

Untuk itu, gunakan saja Paper.id yang menyediakan solusi Digital Payment untuk mempermudah pembayaran bisnis kamu. Bayar supplier/vendor jadi lebih mudah dan praktis dengan fitur PaperPay Out tanpa harus khawatir dengan transaksi yang mencurigakan karena dipastikan selalu ada notifikasi.

Pastikan untuk selalu memeriksa notifikasi tersebut secara berkala dan waspada terhadap setiap transaksi yang mencurigakan. Jika ada transaksi yang tidak kamu kenal atau transaksi yang mencurigakan, segera hubungi pihak Paper.id  untuk memastikan keamanan akun kamu.

Nggak perlu khawatir, harga fitur digital payment di Paper.id terjangkau, kok! Ditambah pembayaran bisa dilakukan dengan banyak metode, lho! termasuk kartu kredit, kamu bisa mendapatkan tambahan tempo sehingga mengelola bisnis jadi lebih mudah!

Ayo, tunggu apalagi? Daftarkan segera bisnis kamu sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi