Paper.id Blog – Teknologi memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan manusia khususnya dalam dunia bisnis. Seperti halnya restoran, dengan adanya kemajuan teknologi saat ini tentunya telah membawa dampak yang menguntungkan untuk para pemilik bisnis guna menghasilkan  lebih banyak penjualan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Adapun keuntungan yang didapatkan restoran dengan adanya kemajuan teknologi yaitu membuka pintu baru dengan teknologi pembayaran restoran sehingga mengurangi antrian konsumen yang menunggu untuk membayar serta layanan pra pemesanan dan bayar di meja.

Baca Juga: Warehouse Adalah: Pengertian Hingga Manfaat Warehouse

Dibawah ini adalah cara bagaimana teknologi membantu pemilik restoran mengelola pembayaran dengan lebih cepat:

Terminal POS layar sentuh

Terminal POS layar sentuh sangat efisien digunakan. Mereka digunakan di sebagian besar bisnis saat ini. Terminal layar sentuh didukung oleh perangkat lunak POS, seperti sistem restoran mikro yang beroperasi dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Perangkat lunak POS menyederhanakan proses pengambilan pesanan, sehingga staf dapat menerima pesanan dengan lebih cepat. Sebagian besar sistem POS juga memiliki layar yang menghadap pelanggan yang memungkinkan pelanggan melihat pesanan mereka ditempatkan secara real time.

Selain itu terminal POS kelas atas juga memungkinkan pembayaran dilakukan melalui pembaca yang terintegrasi dengan terminal itu sendiri.

Pay at the Table

Selama beberapa tahun sekarang, bisnis telah mendorong penggunaan aplikasi bayar di meja atau pay at the table.

Aplikasi ini menampilkan menu restoran yang memungkinkan pelanggan memesan langsung dari ponsel mereka, tanpa harus berkomunikasi dengan staf.

Khususnya pada saat pandemi Covid yang terjadi saat ini. Aplikasi bayar di meja memberi tamu restoran kemampuan untuk memesan dan membayar makanan mereka tanpa harus melanggar pedoman jarak sosial dan tanpa harus bersentuhan dengan orang lain.

Ini memberikan ketenangan pikiran bagi staf Anda dan tamu Anda. Ini juga memungkinkan restoran Anda berjalan lebih efisien. Selain itu aplikasi bayar di meja lebih mengurangi kemungkinan penularan virus yang terjadi di dalam restoran mereka. 

Aplikasi Pengiriman Makanan

Pandemi COVID-19 memunculkan lonjakan besar dalam industri pengiriman makanan.

Restoran yang sebelumnya tidak pernah menawarkan takeout akhirnya mulai menggunakan aplikasi pengiriman makanan seperti GoFood, GrabFood, Shopee Food dan aplikasi pengiriman makanan lainnya.

Seperti yang dapat kita lihat bahwa aplikasi pesan antar makanan, saat ini menjadi suatu keharusan untuk semua jenis restoran sebagai cara meningkatkan penjualan mereka. Beberapa restoran juga telah merancang aplikasi pengiriman makanan asli mereka sendiri.

Ini memberi pelanggan kemampuan untuk memesan dari bisnis tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan harus membayar biaya-biaya yang terkait dengan penggunaan aplikasi ini.

Baca Juga:Langkah Mudah Menerapkan Lean Manufacturing

Aplikasi Pemesanan Awal

Aplikasi pre booking sudah ada sejak lama. Mereka memungkinkan pelanggan untuk memesan meja atau tempat tanpa harus khawatir tidak menemukan meja atau antrian.

Beberapa aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan untuk memesan minuman dan makanan pembuka untuk dibawa ke mereka setelah mereka tiba.

Ini memungkinkan mereka untuk bersantai saat tiba dan memberi mereka waktu untuk menenangkan diri sebelum mulai melihat-lihat menu dan memilih hidangan utama.

Berdasarkan hal diatas dapat disimpulkan bahwa ada banyak inovasi menarik yang muncul di industri bisnis restoran seperti layanan cepat untuk membuat pengalaman bersantap menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu kemampuan untuk memesan layanan antar ke rumah melalui aplikasi pengiriman makanan atau membayar di meja dalam hitungan detik, pada dasarnya akan mempengaruhi harapan pelanggan dan bisnis restoran layanan harus cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang. Yang terpenting, setiap layanan baru harus diuji dan staf dilatih secara menyeluruh.