Paper.id Blog – Kalau kalian kerja di dalam sebuah industri retail, atau yang lainnya. Pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah warehouse itu sendiri.

Memiliki sebuah warehouse sangat bermanfaat untuk suatu bisnis. Apalagi kalau warehouse tersebut dikelola dengan sangat baik dari pihak perusahaannya.

Warehouse tidak hanya tempat untuk menyimpan barang. Tapi banyak hal yang bisa dipengaruhi dari aspek pergudangan atau penyimpanan tersebut.

Aspek yang ada didalamnya seperti pengadaan barang, pengelolaan inventaris, dan lain sebagainya.

Nah berikut beberapa informasi tentang apa itu warehouse, pengertian hingga manfaat dari warehouse itu sendiri.

Apa itu Warehouse ?

Dilansir dari situs interlakemecalux.com, Warehouse adalah sebuah fasilitas yang didalamnya terdapat tempat penyimpanan, dimana memungkinkan sebuah bisnis untuk mengontrol barang atau stok.

Bisa dibilang warehouse merupakan sebuah sistem logistik atau pergudangan yang memudahkan suatu bisnis mengadakan atau menyimpan barangnya.

Berbeda dengan gudang biasa, warehouse sendiri memiliki sebuah sistem informasi yang dimana kita bisa melihat ketersediaan barang yang ada didalam gudang.

Sistem ini memiliki peran yang sangat penting dalam supply chain management (SCM). SCM sendiri hanya bisa diakses oleh beberapa pegawai saja.

Beberapa hal yang terjadi bisa dari penerimaan barang, hingga pengiriman barang keluar dari gudang.

Bagi bisnis yang sudah besar warehouse akan menjadi hal yang penting. Warehouse akan menyimpan barang dalam jumlah yang banyak.

Bagi kalian yang ingin memiliki Warehouse, kalian perlu memperhatikan beberapa hal seperti lokasi, tata letak bangungan, hingga pembagian ruangan.

Baca Juga:Langkah Mudah Menerapkan Lean Manufacturing

Manfaat Warehouse bagi bisnis

Nah setelah kalian mengetahui tentang apa itu warehouse secara singkat, berikut beberapa manfaat warehouse bagi suatu bisnis

1. Mengurangi Pengeluaran suatu bisnis

Manfaat yang pertama bagi bisnis kalau menggunakan warehouse ialah mengurangi pengeluaran suatu bisnis atau perusahaan.

Dengan menerapkan itu, kalian bisa melakukan manajemen gudang secara digital dengan hanya menggunakan komputer.

Jadi kalian tidak perlu lagi peralatan yang mengandalkan operasional manual. Dimana hal itu memerlukan biaya operasional lebih, dengan warehouse maka menekan biaya operasional bisnis.

2. Meningkatkan efektivitas serta efisiensi

Dengan menggunakan warehouse maka membantu kalian untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan yang ada di gudang.

Karyawan tidak perlu lagi menghitung atau mengecek secara manual, karena semua informasi sudah tersedia di dalam sistem warehouse.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Terakhir, kalian bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dengan adanya warehouse. Karena dengan adanya sistem warehouse, maka persiapan dalam pengurusan barang tidak memerlukan waktu yang lama.

Hal ini membuat kinerja karyawan semakin cepat, serta pengurusan barang yang ada didalam gudang akan cepat sehingga pelanggan pun puas dengan pelayanan yang kita berikan.

Apa Fungsi Warehouse

Setelah kita mengetahui apa manfaat dari warehouse itu, kita juga harus tahu nih apa fungsi dari warehouse itu sendiri, berikut penjelasannya.

1. Penyimpanan Barang

Pertama, warehouse memiliki fungsi untuk menyimpan barang. Dalam penyimpanan barang, harus tertata dengan rapi dan sesuai dengan item yang ada.

2. Sebagai pengamanan suatu produk atau barang

Kedua, warehouse sendiri memiliki fungsi sebagai pengaman dari persedian suatu barang atau produk.

Hal ini bertujuan untuk produk atau barang tetap utuh, dan bisa digunakan kembali. Pengaman tidak hanya dari segi pencurian tapi juga mitigasi bencana.

3. Untuk meningkatkan inventory juga re-order

Terakhir, Warehouse berfungsi untuk meningkatkan inventory. Hal tersulit dalam mengurus gudang ialah menentukan kapan waktu yang tepat untuk re-order.

kalian pasti kesulitan tentunya dalam mengelola gudang yang begitu besar, nah dengan warehouse, maka kalian akan terbantu dalam memantau jumlah persediaan stok.

Jenis-Jenis Warehouse yang ada

Sebenarnya warehouse sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dilihat dari beberapa karakteristik juga keunikan dari tempat penyimpanan barang atau gudang. Diantaranya sebagai berikut.

1. Raw Material Storage

Pertama ada Raw Material Storage. Dari katanya saja bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan barang mentah atau belum jadi.

Yang disimpan didalam storage ialah segala bahan atau barang yang nantinya dibutuhkan untuk produksi. Dalam tata letak ruagannya pun terbagi menjadi indoor juga outdoor.

2. Working Process Storage

Kedua, barang yang biasa disimpan disini merupakan jenis material yang sedang tahap proses pengerjaan atau produksi.

Nah biasanya kalian bisa nemuin jenis ini pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

3. Finished Goods Storage

Terakhir, dari namanya saja kalian pasti sudah tahu kalau ini merupakan gudang tempat untuk menyimpan barang-barang hasil produksi.

Baca Juga:6 Masalah Pengelolaan Warehouse Yang Kerap Terjadi

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi seputar warehouse, mulai dari pengertian apa itu warehouse, hingga manfaat dan juga jenis jenis dari warehouse itu sendiri.

Untuk mempermudah pengurusan barang yang ada digudang, selain menggunakan sistem warehouse yang membutuhkan resource dan biaya dalam pembuatannnya.

Apalagi kalau bisnis kalian masih terbilang kecil. Kalian bisa menggunakan fitur aplikasi pencatatan barang yang ada di Paper.id.

Dengan Paper.id kalian bisa dengan mudah mengurus semua barang yang ada baik secara online atau offline. Yuk, pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini