Tidak dapat dipungkiri mengingat peluang kerja yang semakin sempit, banyak masyarakat Indonesia beralih ke bidang wirausaha. Salah satu bidang wirausaha yang dipilih adalah warung rumahan yang menjual sembako. Sembako, atau sembilan bahan pokok, adalah kebutuhan primer yang sangat penting. Itulah mengapa jumlah permintaan sembako di pasaran tidak pernah sepi.

Agen sembako merupakan suatu usaha atau bisnis yang sangat familiar di kalangan masyarakat. Hampir semua lapisan masyarakat pasti pernah menghampiri dan melakukan transaksi di agen sembako terdekat. Hal itu membuat warung sembako, telah menjadi bagian dari aktivitas masyarakat Indonesia sejak dari dahulu kala. Kamu juga dapat menjumpai banyak agen sembako terdekat yang ada di dekat tempat tinggalmu.

Baca juga: 6 jurus jitu untuk memilih agen toko sembako untuk toko kelontong

Meskipun terkesan bisnis kecil, namun bisnis agen sembako tetap menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan sembako dibutuhkan oleh setiap orang, baik di daerah maupun di kota besar. Berikut ini merupakan tips dan trik agar kamu dapat menjadi agen sembako yang murah dan menarik minat pembeli:

Riset harga jual

Agar mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, lakukan survey harga jual bahan-bahan sembako yang dijual di pasaran. Kamu harus tahu jelas harga jual sembako entah itu di pasar atau di warung-warung lain. Jangan sampai kamu menjual dengan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal.

Keduanya akan mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dihindarkan. Selain itu, carilah produk sembako apa saja yang masih sulit didapatkan oleh masyarakat. Sebisa mungkin sediakan barang tersebut agar toko sembako milik mu menjadi toko sembako yang lengkap dibandingkan dengan toko lain .

Carilah pemasok sembako dengan harga terbaik

Langkah selanjutnya yang harus Kamu lakukan setelah melakukan riset adalah mencari pemasok sembako yang menjual sembako dengan harga terbaik. Ini dilakukan agar Kamu tidak membeli produk yang akan dijual dengan harga yang terlalu mahal. Terlebih produk tersebut akan dijual kembali. kamu juga harus memperhatikan lokasi pusat sembako.

Meskipun dijual dengan harga lebih murah namun tetap harus memperhitungkan ongkos perjalanan yang dikeluarkan. Jangan sampai Kamu mendapatkan harga lebih murah namun menghabiskan ongkos perjalanan yang mahal.

Mengatur manajemen persediaan

Sebaiknya kamu lebih berhati-hati ketika kamu hendak mengeluarkan uang untuk bisnis sembako ini. Karena bila kamu terlalu banyak menyimpan persediaan barang di toko akan merugikan tokomu sendiri. Selain akan cepat mencapai masa expired, ha l tersebut juga merupakan bentuk pemborosan untuk usaha yang baru yang kamu rintis.Tetapi perlu diingat juga bahwa menyetok barang terlalu sedikit akan menyulitkan ketika ada pembeli yang membutuhkan sembako dalam jumlah banyak.

Siapkan strategi penjualan dan pelayanan terbaik

Strategi penjualan adalah bagaimana cara kamu mempromosikan toko sembako milikmu. Kamu bisa mengkamulkan cara seperti akun sosial media, strategi diskon atau promo spesial untuk menarik banyak pelanggan agar berbelanja di tokomu.

Pastikan juga kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Selalu memberikan senyum yang tulus dan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas setiap transaksi merupakan nilai tambah untuk tokomu, pelayanan terbaik pasti akan membuat pelanggan mu akan datang lagi dan lagi untuk berbelanja di toko sembakomu.

Baca juga: 5 masalah bisnis ritel dan solusi terbaik untuk mengatasinya

Gunakan teknologi

Digitalisasi dan otomatisasi telah menjadi bagian penting bagi banyak bisnis, hal ini juga bisa diterapkan untuk bisnis sembako Kamu. Dengan kemajuan teknologi saat ini akan memberikan kemudahan dalam mengoperasikan bisnis sem akomu seperti menjual barang dagangan ke ecommerce, bekerjasama dengan jasa pengiriman online dalam melakukan pengiriman barang sampai dalam hal keuangan usahamu.

Jadilah bagian dari komunitas

Untuk memperluas usaha sembako kamu perlu sekali untuk menjadi bagian dari komunitas agen sembako di daerahmu. Dengan bergabung di dalam komunitas, kamu akan mendapat informasi jika ada acara klub, atau sponsor yang bisa menguntungkan untuk bisnis sembakomu.

Bekerjasamalah dengan agen komunitas lokal untuk menyumbangkan beberapa jenis makanan sembako yang kamu miliki, dengarkan apa keinginan dari komunitasmu. Hal ini sangat berpengaruh karena sebuah agen sembako murah yang sukses biasanya selalu menanggapi apa yang dibutuhkan oleh komunitasnya.