Ingin bisnis lancar dan mudah berkembang? Coba kamu perhatikan metode pembayaran yang kamu sediakan untuk pelanggan kamu. Dalam era digital seperti saat ini, sebagai pelaku usaha kamu perlu memperbanyak metode pembayaran yang tersedia.

Tidak hanya membuat proses transaksi menjadi lebih mudah, langkah perubahan tersebut juga secara tidak langsung dapat mendukung keuntungan bisnis kamu. Lantas, mengapa menawarkan berbagai opsi pembayaran penting dilakukan?

Menurut sebuah survei yang dilakukan PayPal pada 2021 menunjukkan bahwa 64% pelanggan menganggap bahwa keberadaan beberapa metode pembayaran mempengaruhi keputusan mereka dalam berbelanja. 

Survei tersebut membuktikan bahwa memperbanyak metode pembayaran dapat meningkatkan peluang penjualan dan meningkatkan keuntungan bisnis. Berikut adalah beberapa alasan detail mengapa pelaku usaha perlu memperbanyak metode pembayaran:

Waktu Keputusan Belanja Bisa Menjadi Lebih Cepat

Coba kamu bayangkan, jika bisnis online tidak menyediakan metode pembayaran yang variatif? Tentu hal ini akan membuat pelanggan merasa kecewa karena sedikitnya opsi pembayaran yang bisa dilakukan.

Dampaknya, tentu saja akan meningkatkan kemungkinan barang sudah masuk ke dalam daftar belanja diabaikan atau tidak jadi dibeli. Hal itu juga akan berdampak kepada pendapatan penjualan bisnis.

Lain halnya jika kamu menawarkan banyak pilihan cara pembayaran. Pelanggan tentu tidak akan berpikir lama untuk melakukan transaksi dan membeli produk kamu yang tersimpan di dalam daftar belanja mereka.

Baca juga: 4 Ide Marketing Campaign Menjelang Lebaran yang Efektif

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dampak paling nyata dari bisnis yang menawarkan banyak metode pembayaran adalah pelanggan menjadi lebih loyal. Menawarkan berbagai opsi pembayaran memberikan pengalaman pembayaran yang lebih fleksibel dan mudah bagi pelanggan.

Terlebih, menurut survei yang dilakukan Accenture 2018, sekitar 84% pelanggan setuju bahwa kemudahan pembayaran adalah faktor penting dalam memilih merek atau bisnis yang mereka inginkan.

Hal ini menunjukkan bahwa memberikan berbagai opsi pembayaran yang mudah dan cepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat loyalitas mereka terhadap bisnis kamu. 

Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Evolusi Sistem Pembayaran
Evolusi Sistem Pembayaran (Photo by Bank Indonesia)

Setiap pelanggan memiliki preferensi metode pembayaran yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka menggunakan kartu kredit/debit, transfer bank, atau bahkan dompet digital (e-wallet), seperti GoPay, Dana, OVO, dan lain-lain.

Menurut laporan dari Statista pada 2021, jumlah pengguna dompet digital di seluruh dunia diperkirakan mencapai 2,1 miliar pengguna dan diprediksi akan terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelanggan yang memilih menggunakan e-wallet.

Dengan demikian, perlu bagi pelaku usaha untuk memperbanyak opsi pembayaran. Sebab, bisnis dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi.

Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Sesuai laporan dari PayPal (2016), sekitar lebih dari 80% pelanggan PayPal setuju bahwa bisnis yang menyediakan beberapa opsi pembayaran dianggap lebih dapat dipercaya. Bagaimana jika hanya menawarkan satu opsi saja?

Menilik survei yang dilakukan PYMNTS.com pada 2018, menunjukkan bahwa 40% pelanggan akan meninggalkan toko online jika hanya ada satu opsi metode pembayaran yang tersedia.

Hal tersebut membuktikan bahwa pentingnya menawarkan beberapa opsi pembayaran bagi pelanggan dalam bisnis. Dengan menawarkan beberapa opsi pembayaran, pelanggan akan merasa lebih nyaman dan mudah dalam melakukan transaksi di bisnis kamu.

Sebaliknya, jika hanya menawarkan satu opsi pembayaran saja, pelanggan akan merasa kurang puas dan memilih untuk pergi ke bisnis lain yang menyediakan opsi pembayaran yang lebih beragam.

Baca juga: Apa Itu Rupiah Digital: Perbedaannya dengan Uang Elektronik

Demikianlah alasan mengapa kamu sebagai pelaku usaha perlu menawarkan banyak metode pembayaran untuk pelanggan. Dengan mempertimbangkan untuk menawarkan banyak opsi pembayaran, maka peluang bisnis meraih keuntungan jadi lebih besar!

Selain itu, bagi pelaku usaha, kemudahan transaksi sudah menjadi hal yang harus ada agar operasional bisnis bisa berjalan dengan baik, termasuk dalam menerima pembayaran bisnis dari pelanggan.

Solusinya, pakai Paper.id. Terima pembayaran invoice tagihan kamu lebih cepat dengan berbagai pilihan pembayaran sesuai keinginan pelanggan menggunakan fitur PaperPay In, seperti transfer antar bank dan kartu kredit!

Yuk, dapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis bersama Paper.id. Daftarkan bisnis kamu sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini ya!

Muhamad Dika Wahyudi