Sebagai pelaku bisnis, apakah kamu sudah menyiapkan marketing campaign atau kampanye pemasaran jelang lebaran? Ingatlah bahwa momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan.

Menurut data dari Kementerian Perdagangan pada 2021, penjualan bahan makanan pokok di seluruh Indonesia meningkat tajam pada periode ramadan dan lebaran. Kenaikan penjualan bahan makanan pada periode tersebut mencapai 40-50% dari bulan biasa.

Oleh karena itu, jika bisnis kamu ingin menjangkau audiens yang lebih banyak dan berbeda, maka gunakan strategi pemasaran khusus menjelang lebaran. Berikut ini beberapa ide strategi marketing campaign menjelang lebaran yang efektif.

Berikan Promo Up To 90%

Memberikan promo yang besar menjadi cara ampuh untuk menarik perhatian pelanggan, terutama pada saat menjelang lebaran. Berikan diskon up to 90%, cashback, gratis ongkir, atau hadiah langsung kepada pelanggan ketika mereka membeli produk kamu.

Hadiah bisa berupa merchandise produk kamu atau hadiah lain yang relevan dan menarik sesuai dengan tema lebaran, seperti hampers, souvenir, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa tawarkan bundle produk khusus lebaran.

Sesuai dengan laporan dari National Retail Federation pada 2021, terdapat sebanyak 92% konsumen mengatakan bahwa mereka mencari promo saat mereka berbelanja online atau di toko fisik.

Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, kamu harus jeli memanfaatkan promo atau diskon. Hal tersebut dilakukan agar menjadi peluang bagi bisnis kamu untuk meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan yang lebih besar.

Baca juga: Peran Internet dalam Manajemen Rantai Pasok di B2B

Buat Campaign “Share Your Raya Story

Kamu bisa meminta pelanggan untuk berbagi cerita tentang momen spesial selama lebaran mereka. Kampanye ini dapat melibatkan penggunaan hashtag tertentu di media sosial dan memberikan penghargaan untuk cerita yang paling menginspirasi.

Untuk membuat campaign “Share Your Raya Story”, kamu awali dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai melalui kampanye ini, apakah untuk meningkatkan engagement, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan kesadaran merek?

Setelah itu, kamu tentukan hadiah yang akan diberikan kepada pemenang, seperti produk gratis, diskon, atau hadiah lainnya dan tentukan juga hashtag unik yang akan digunakan dalam kampanye ini.

Jangan lupa kamu promosikan kampanye ini melalui media sosial, email marketing, atau iklan yang sesuai. Berikan informasi yang jelas tentang bagaimana pelanggan dapat berpartisipasi dalam kampanye ini.

Dengan marketing campaign ini, tentu kamu dapat meningkatkan engagement, meningkatkan penjualan, atau kesadaran terhadap merek. Selain itu, pelanggan kamu juga dapat merasakan hubungan emosional yang lebih dekat dengan merek kamu.

Charity Campaign

Momen lebaran adalah momen yang tepat untuk berbagi kasih atau amal dengan sesama. Kamu bisa berdonasi kepada orang yang membutuhkan, seperti panti asuhan, yayasan sosial, atau membuat program sosial yang relevan dengan produk kamu.

Misalnya, jika kamu memiliki usaha makanan, kamu bisa membuat program berbagi makanan dengan orang yang membutuhkan. Atau jika kamu memiliki toko baju, kamu bisa membuat program donasi baju untuk anak-anak di panti asuhan.
Charity campaign akan memberikan dampak positif tidak hanya untuk produk kamu, tetapi juga untuk masyarakat sekitar. Kampanye ini dapat memberikan kesempatan bagi produk kamu untuk memberikan kontribusi positif dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

Kerja Sama dengan Influencer

Jumlah Followers Instagram @raffinagita1717
Jumlah Followers Instagram @raffinagita1717 per 11 April 2023 (Dok. Pribadi)

Kerja sama dengan influencer bisa menjadi cara efektif untuk mempromosikan produk kamu di momen lebaran. Cari influencer yang relevan dengan produk kamu dan ajak mereka untuk bekerja sama.

Kamu bisa meminta mereka untuk membuat konten video unboxing atau review produk kamu di media sosial. Selain itu, kamu juga bisa meminta influencer menjadi brand ambassador.

Beberapa influencer Indonesia yang cocok diajak kerja sama untuk promosi momen lebaran, antara lain Nindy Ayunda (@nindya_yuniza) – ibu muda yang populer di Instagram ini sering bekerja sama dengan merek-merek yang berhubungan dengan perayaan lebaran.

Bahkan, kamu juga bisa ajak Raffi Ahmad (@raffinagita1717) atau Ayu Ting Ting (@ayutingting92) – selebriti Indonesia terkenal yang memiliki jutaan pengikut di media sosialnya. Mereka juga sering membagikan momen lebaran bersama keluarganya masing-masing.

Baca juga: Tips Ampuh Agar Bisnis Tetap Untung Pasca Lebaran

Itulah 4 ide marketing campaign yang bisa kamu coba menjelang lebaran. Bagaimana, adakah ide kampanye pemasaran di atas yang akan kamu jalankan di momen lebaran kali ini? 

Mau kelola bisnis jadi lebih mudah? pakai saja Paper.id. Pakai fitur PaperPay Out dan dapatkan kemudahan membayar supplier dengan kartu kredit atau berbagai metode lainnya (Virtual Account, Tokopedia, dan lainnya) yang tidak dimiliki supplier*.

Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan Paper.id dan nikmati kemudahan dalam mengelola bisnismu! Yuk, coba sekarang!

Muhamad Dika Wahyudi