Sudahkah kamu tahu positioning produk atau brand-mu di pasar? Jika belum dan bahkan belum tahu apa definisinya, pembahasan ini wajib kamu simak.
Definisi Positioning
Positioning adalah strategi marketing yang bertujuan untuk menanamkan citra atau persepsi tertentu tentang sebuah merek, produk, atau layanan di benak konsumen.
Dengan positioning, sebuah brand berusaha membedakan diri dari pesaing dan menempatkan dirinya secara unik sesuai dengan kebutuhan dan harapan target pasar.
Positioning yang efektif membuat konsumen langsung memahami nilai utama yang ditawarkan brand, baik dari sisi kualitas, harga, manfaat, kesesuaian dengan gaya hidup tertentu, dan lainnya.
Contoh Positioning
- Apple: Premium, inovatif, dan desain eksklusif
- Indomie: Cepat, praktis, cocok untuk semua kalangan
- Wardah: Kosmetik halal dan aman untuk muslimah
- Gojek: Super-app lokal yang praktis dan serba ada
Brand-brand tersebut punya posisi jelas di pikiran konsumen, bukan? Itulah hasil dari positioning yang konsisten.
Agar bisnismu makin lancar dalam segi operasional, gunakan Paper.id. Paper.id membantu bisnis dalam mengelola invoice digital dan juga pembayarannya lewat rekonsiliasi otomatis. Ada 30+ opsi pembayaran yang bisa kamu nikmati, termasuk juga kartu kredit tanpa perlu mesin EDC secara fisik.
Yuk, coba gratis!