Sebagai business owner, pernah tidak merasa bisnis kamu stuck atau berjalan di tempat? Atau kesulitan mencapai target penjualan? Asal kamu tahu, salah satu alasannya kemungkinan karena kamu belum menentukan target market atau pasar yang tepat.

Apa itu target market? Apa manfaatnya menentukan target market? Dan bagaimana cara menentukannya? Yuk temukan jawabannya di bawah ini!

Apa itu Target Market?

Target market adalah sekelompok orang yang paling ideal untuk membeli produk atau layanan bisnis kamu. Mereka yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang bisa dipenuhi oleh produk atau layanan yang kamu tawarkan. 

Dengan menentukan target market, artinya kamu tahu kepada siapa akan menjual produk atau layanan akan ditawarkan dan strategi yang tepat untuk menjangkau mereka. Maka dari itu, menentukan target market yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peluang sukses bisnis kamu.

Manfaat Menentukan Target Market

Berikut beberapa manfaat menentukan target market untuk bisnis:

  • Meningkatkan efisiensi strategi marketing: Dengan mengetahui target market, kamu bisa memfokuskan strategi marketing pada orang-orang yang paling berpotensi untuk membeli produk atau layanan bisnis kamu.
  • Meningkatkan penjualan: Ketika menargetkan orang yang tepat, artinya kamu meningkatkan peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis.
  • Membangun bisnis yang lebih profitable: Dengan fokus pada target market yang tepat, kamu bisa meminimalkan pemborosan sumber daya dan meningkatkan profitabilitas bisnis.

Cara Menentukan Target Market

Setelah memahami manfaatnya, berikut cara menentukan target market untuk bisnis:

  • Identifikasi kebutuhan dan keinginan buyer: Lakukan riset pasar untuk memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh buyer potensial bisnis kamu.
  • Segmentasi pasar: Bagi pasar bisnis kamu menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil berdasarkan demografis, psikografis, geografis, dan perilaku.
  • Pilih target market bisnis kamu: Pilih target market yang paling sesuai dengan produk atau layanan kamu dan memiliki potensi profitabilitas yang tinggi.

Contoh Target Market Perusahaan Ternama

Berikut adalah beberapa contoh (gambaran) target market perusahaan ternama:

1. Nike

Nike memberikan contoh target market yang sangat baik. Dulu Nike hanya memasarkan ke atlet profesional, tetapi kini mengubah model bisnisnya untuk mengakomodasi pasar yang lebih luas dan lebih mudah didekati dengan kampanye Just Do It.

  • Demografis: Pria dan wanita berusia 18-45 tahun, dengan pendapatan menengah ke atas.
  • Psikografis: Orang yang aktif, sporty, dan peduli dengan penampilan.
  • Geografis: Global, dengan fokus pada negara-negara berkembang.

2. McDonald’s

Siapa yang belum pernah ke McDonald’s? Rasanya hampir semua orang pernah makan di sana atau setidaknya sekadar melihat restonya yang memang sudah tersebar di mana-mana. Terlebih, mereka menargetkan kelompok mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

  • Demografis: Pria dan wanita dari segala usia, dengan semua kalangan pendapatan.
  • Psikografis: Orang yang ingin makan cepat, murah, dan nyaman.
  • Geografis: Global, dengan fokus pada semua negara.

3. Indomie

Salah satu perusahaan FMCG ternama di Indonesia yakni Indofood punya produk unggulan mie instan yang sudah menyentuh banyak hati dan kalangan. Apalagi, Indomie punya target market segala usia kecuali balita.

  • Demografis: Pria dan wanita dari segala usia, kecuali balita
  • Psikografis: Orang yang suka makanan praktis, enak, rasa beragam, dan mudah dibuat.
  • Geografis: Indonesia hingga ke negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

Itulah penjelasan mengenai target pasar dalam suatu bisnis. Pada akhirnya, menentukan target market yang tepat menjadi satu langkah penting untuk meningkatkan peluang sukses dalam bisnis kamu. 

Berbicara soal target market, Paper.id hadir sebagai solusi inovatif untuk membantu kamu menjangkau target pasar dengan lebih efektif. Bagaimana tidak, platform invoicing dan pembayaran antar bisnis ini menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu kamu mengelola bisnis.

Buat dan kirim invoice digital yang profesional dengan mudah, terima pembayaran dari buyer secara online dengan berbagai metode pembayaran, hingga kelola cash flow  dengan lebih baik dengan memantau semua transaksi hanya dalam satu platform.

Untuk itu, yuk manfaatkan Paper.id untuk terhubung dengan lebih banyak buyer potensial. Download aplikasinya dengan klik banner berikut ini!

Banner Android Landscape