paper story

Ada ungkapan yang mengatakan Pekerjaan yang enak adalah hobi yang dibayar. Dengan keuletan, hobi dapat diubah menjadi sebuah pekerjaan tetap yang mendatangkan keuntungan. Hal ini terlihat pada Deli Catering, sebuah bisnis catering yang terletak di Surabaya. Dalam edisi Paper Story kali ini, tim Paper.id berbincang-bincang dengan Lunnardy Kartawijaya, pemilik dari Deli Catering.

Tentang Bisnis dan Tantangan yang Dihadapi

Berdiri pada tahun 2012 dan bermula dari catering untuk memenuhi kebutuhan rumah-rumah. Awalnya, ia melayani permintaan teman-temannya untuk pemesanan makanan. Kemudian, ia semakin dikenal dan mulai melayani sekolah dan kantor hingga sekarang.

Baca juga: Paper Story: Merawat kecantikan wajah dengan Dermada  Skincare

Setiap harinya, ia melayani catering dari banyak orang. Mulai dari rumahan, sekolahan dan kantor.  Namun, catering rumah menjadi pelanggan tetap dari Deli Catering karena sering memesan makanan disana.

Pak Lunnardy banyak menemui tantangan selama menjalankan bisnisnya diantaranya, permintaan pelanggan untuk makanan yang berbeda-beda, membuat menu makanan, dan tantangan lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Beliau mengumumkannya 10 hari sebelum masuk ke bulan berikutnya. Dengan begitu, pelanggan dapat melihat jenis makanan yang ada pada menu sehingga, mereka bisa mengajukan komentar atau ganti makanan sebelum tanggal yang ada.

Selain itu, ia juga kerap mengunggah jenis menu makanan via website agar memudahkan pelanggan dalam mengecek makanannya.

Tips dan trik dalam menjalankan usaha

Deli Catering mengandalkan metode offline dan online untuk pemasaran. Metode offline biasanya dari referensi teman atau orang-orang yang pernah mencicipi Deli Catering. Selain itu, mereka juga memiliki website dan sosial media untuk memasarkan makanan mereka.

Menurut pengakuan Pak Lunnardy, ia juga menggunakan Google AdWords untuk memasarkan cateringnya dan efektif karena, hal ini membantunya untuk menjaring lebih banyak orang baru lewat website.

Baca juga: Membangun website bersama Web Mas Agung

Pak Lunnardy akan belanja bahan baku untuk makanan. Untuk belanja, ia belanja bahan baku untuk masakan setiap harinya sedangkan bumbu-bumbu dan bahan lainnya juga bisa ditimbun sesuai dengan masa berlakunya.

Untuk menunjang usahanya, ia menggunakan Paper.id untuk pengelolaan keuangan yang meringankan bebannya dalam mengelola bisnisnya.

Paper.id sebagai penunjang bisnis Deli Catering

Pak Lunnardy mengaku bahwa ia terbantu dengan keberadaan Paper karena usahanya bisa berjalan dengan lebih mudah. Pertama, ia bisa mengandalkan Invoice paper untuk penagihan pembayaran kepada pelanggannya. Pengirimannya mudah dan ia tidak khawatir ada invoice yang tidak terbayar karena ia bisa mengecek status pembayarannya dengan mudah.

Selain itu, ia juga menggunakan fitur lainnya untuk keuangan, dan inventaris. Ia bisa mengecek status keuangannya secara langsung di dashboard serta mengecek jumlah makanannya lewat fitur inventory di Paper.

Ia tidak lagi ribet dalam urusan pembukuan manual karena, ada Paper.id yang siap membantu usahanya. Ingin usahanya diliput seperti Deli Catering? Gunakan Paper.id dan Download gratis sekarang lewat link dibawah!

(Visited 259 times, 1 visits today)