Di era yang dinamis saat ini, jasa pengiriman tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga strategi untuk memastikan keberhasilan bisnis. Jasa pengiriman barang yang efisien dan terintegrasi menjadi kunci untuk menjaga proses distribusi produk ke tangan konsumen.

Mari telaah bagaimana jasa pengiriman yang tepat dapat memberi manfaat signifikan bagi bisnis kamu!

Apa Itu Jasa Pengiriman Barang?

Sebelum memahami peran solusi, penting untuk mengetahui esensi dari jasa pengiriman barang itu sendiri. Secara sederhana, jasa ini mencakup serangkaian layanan yang memfasilitasi pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain. 

Dalam bisnis, pengiriman barang menjadi sebuah jaringan kompleks dan membutuhkan strategi yang tepat. Terlebih, semenjak tren belanja online menyeruak, konsumen kini semakin bergantung pada pengiriman barang. 

Dari berbagai survei terkait perilaku belanja online, hemat waktu dan tenaga serta gratis ongkir menjadi alasan utama konsumen berbelanja online. Artinya, proses pengiriman barang menjadi aspek krusial dalam proses pembelian.

Maka dari itu, perusahaan harus bisa menentukan metode pengiriman yang paling efektif dan efisien.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Import Door to Door Terpercaya di Indonesia

Layanan Jasa Pengiriman Barang

Pada umumnya, pihak ekspedisi menawarkan beragam layanan pengiriman. Layanan pengiriman dibedakan berdasarkan waktu pengiriman dan dimensi barang yang dikirim. 

Memilih layanan yang sesuai dapat menjaga barang tetap dalam kondisi baik dan sekaligus mengoptimalkan pengeluaran biaya dengan lebih efisien.

Adapun jenis layanan pengiriman barang yang umumnya ditemukan pada jasa pengiriman, yaitu:

1. Reguler

Layanan reguler adalah cara pengiriman standar yang memiliki perkiraan waktu tertentu untuk sampai di tujuan. Biasanya, pengiriman antar kota di pulau yang sama memakan waktu sekitar 2-3 hari, sementara antar pulau memerlukan waktu sekitar 5-7 hari.

Konsumen e-commerce rata-rata menggunakan pengiriman jenis ini karena harga yang terjangkau dengan durasi pengiriman yang tidak terlalu lama.

2. Kargo

Pengiriman kargo adalah layanan pengiriman barang dengan jumlah berat dan ukuran yang besar. Barang elektronik, kendaraan, atau barang yang dibeli dalam skala besar umumnya memilih layanan kargo. 

Pengiriman barang besar menggunakan kargo akan lebih hemat dibandingkan pengiriman reguler. Selain itu, jasa kargo umumnya juga digunakan untuk mengirim barang ke luar negeri.

3. Instant

Seperti namanya, ini adalah layanan pengiriman barang yang sangat cepat. Jika layanan reguler dan kargo membutuhkan beberapa hari untuk mengirim barang, layanan instant hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 3 jam saja.

Layanan ini sangat cocok untuk mengirim barang yang mudah rusak ataupun perlu pengiriman cepat seperti makanan dan obat-obatan. 

4. Same Day

Pengiriman same day adalah layanan pengiriman barang di mana barang dikirim dan sampai ke tujuan pada hari yang sama. Waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman same day pun hanya sekitar 6 jam saja.

5. Next Day

Selain instant dan same day, ada juga pilihan pengiriman cepat lainnya yakni next day. Layanan next day menjanjikan paket diantar dalam waktu 1 hari untuk dalam kota atau maksimal 48 jam untuk antar kota.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Import Borongan Terpercaya di Indonesia

Aggregator Logistik Penyedia Seluruh Jasa Pengiriman Barang

Dengan banyaknya pilihan perusahaan ekspedisi dan jenis layanan pengiriman, kamu perlu memahami ketentuan dan keunggulan dari masing-masing ekspedisi. 

Tujuannya, agar dapat menyeleksi layanan, harga, kecepatan, dan peraturan yang paling cocok untuk produk kamu. 

Namun, tahukah kamu bahwa ada layanan yang memungkinkan untuk membandingkan harga, memesan, hingga melacak pengiriman dari beberapa ekspedisi secara bersamaan?

Layanan tersebut dikenal sebagai aggregator logistik. Aggregator logistik berperan sebagai jembatan penghubung antara bisnis dengan seluruh jasa pengiriman. 

Penggunaan aggregator logistik akan berdampak pada efisiensi bisnis kamu. Sebab, platform aggregator logistik telah terintegrasi dengan berbagai perusahaan pengiriman. 

Melalui satu platform, kamu bisa mengakses seluruh proses pengiriman, mulai dari pengambilan barang hingga sampai diterima di penerima.

Biteship Menjadi Pilihan Aggregator Terbaik

Biteship merupakan salah satu aggregator logistik di Indonesia yang menyediakan berbagai solusi pengiriman. Mulai dari pilihan kurir yang beragam hingga tracking secara real-time bisa kamu dapatkan dalam platform Biteship. 

Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Biteship, diantaranya:

1. Akses ke berbagai kurir

Hingga saat ini Biteship telah bekerja sama dengan lebih dari 30 kurir ekspedisi untuk memenuhi permintaan pengiriman barang. 

Kamu dapat memilih kurir yang paling sesuai dengan membandingkan jenis layanan, armada, hingga biaya pengiriman dalam satu dashboard. Hal ini akan memudahkan kamu menentukan jasa pengiriman apa yang akan digunakan.

2. Layanan pengiriman lengkap

Tidak perlu khawatir layanan pengiriman terbatas karena Biteship telah menyediakan seluruh jenis layanan pengiriman. Mulai dari pengiriman reguler, kargo, instant, hingga lite (pengiriman barang <1 kg).

3. Integrasi API mudah

JIka kamu tidak menggunakan aggregator logistik, kamu harus mengintegrasikan website dengan API pihak ekspedisi satu per satu. 

Berbeda jika kamu menggunakan aggregator logistik seperti Biteship. Cukup dengan satu kali integrasi dengan API Biteship, kamu langsung terhubung dengan seluruh kurir yang tersedia. Proses integrasi pun sangat mudah dan cepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

4. Fasilitas pick-up

Biteship juga menyediakan fasilitas penjemputan barang sehingga kamu tidak perlu mengirim barang ke agen pengiriman. Dengan demikian, kamu dapat memangkas waktu dan biaya operasional bisnis yang lebih efisien. 

5. Tracking real-time

Selain proses pemesanan kurir yang mudah, kelebihan aggregator logistik lainnya yaitu akses tracking secara real-time

Baca juga: Contoh Invoice Jasa Untuk Bisnis yang Bisa Dicoba

Keterlambatan pengiriman mungkin saja terjadi, oleh sebab itu pemantauan keberadaan paket menjadi hal yang penting baik bagi pengirim maupun penerima. Dengan Biteship, kamu mendapatkan visibilitas penuh terhadap seluruh barang yang kamu kirim.

Pada dasarnya, aggregator logistik cocok diadaptasi oleh hampir semua  industri dan model bisnis. 

Di Biteship sendiri ada berbagai model bisnis dari industri berbeda yang telah menjadi pengguna setia. Diantaranya, bisnis kecantikan, fashion, farmasi, perawatan rumah tangga, percetakan, serta makanan dan minuman. 

Biteship juga melayani berbagai skala bisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan besar. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bisnis kamu tidak cocok dengan layanan Biteship. 

Setelah memahami aggregator logistik lebih jauh, apakah tertarik mencobanya untuk kemudahan pengiriman bisnis kamu?

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

Muhamad Dika Wahyudi