Contoh surat tagihan pembayaran ada berbagai macam, lho. Bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Karena mudah dibuat, kamu bisa membuatnya sendiri!

Sayangnya, masih banyak yang masih kebingungan dalam membuat surat tagihan. Padahal, terpenting surat tagihan yang dibuat harus mengandung hal-hal yang dibutuhkan sebagai informasi untuk membayar.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara membuat surat tagihan agar memudahkan proses pembayaran. Berikut ada penjelasan mengenai contoh surat tagihan pembayaran dan cara membuatnya.

Baca Juga: Cara Mudah untuk Memahami Akuntansi Dasar

Contoh Surat Tagihan Pembayaran dan Cara Membuatnya

Kamu bisa melihat salah satu contoh surat tagihan pembayaran di bawah ini. Pada surat tersebut, ada elemen-elemen yang sering terkandung, seperti:

  • Kepastian akan tunggakan yang belum dibayarkan
  • Jumlah invoice tunggakan yang dibebankan
  • Penjelasan bahwa jatuh tempo sudah lewat
  • Tambahan waktu jatuh tempo (1-2 minggu) dengan harapan agar tagihan segera dilunasi.
Contoh surat tagihan pembayaran

Mulai dari kop surat, kamu bisa melampirkan nama perusahaan dan alamat perusahaan kamu serta logo perusahaan. Setelah itu, isilah nama perusahaan yang dituju, alamat serta tanggal pembuatan surat.

Setelah itu, kamu bisa berpindah ke bagian isi dari surat tersebut. Di paragraf awal, kamu bisa menjelaskan mengenai besaran tunggakan yang belum dibayar.

Selanjutnya, berilah keterangan mengenai tambahan waktu jatuh tempo yang diberikan agar pelanggan bisa segera melunasi tunggakan yang ia miliki.

Setelah itu, pada bagian terakhir sampaikan salam penutup serta bagian tanda tangan dan nama jelas dari pihak yang mengirim surat ini.

Nah, setelah tahu cara membuat surat penagihan, yuk, coba pakai Paper.id untuk pastikan penagihan invoice lebih lancar.

Jika kamu kirim invoice dengan Paper.id, kamu bisa langsung menentukan kapan tanggal penagihan yang diinginkan. Lalu, Paper.id akan secara otomatis mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan pembayaran pada buyer-mu. Jadi, tidak perlu sulit-sulit untuk menagih secara manual lagi!

Baca Juga: Contoh Surat Penagihan Invoice Untuk Pelanggan

Kiat Mudah Melakukan Penagihan Invoice dengan Sukses

Setelah membuat surat tagihan pembayaran, saatnya mengirimkan surat tersebut kepada pelanggan. Biasanya, hal ini cukup berat karena pelanggan bisa saja tidak langsung melunasi tagihan yang mereka miliki.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa kiat khusus agar tagihan bisa segera dilunasi dan kamu bisa merasa lega tanpa perlu pusing memikirkan hal itu.

1. Kirim tagihan secara berkala

Kamu bisa mengirimkan surat tagihan yang pertama dan berisi informasi mengenai tagihan yang belum mereka bayar dan waktu jatuh tempo untuk melunasinya. Jika masih belum melunasi, kamu bisa mengirimkan surat tagihan yang kedua disertai dengan peringatan yang lebih keras.

Jika masih belum bayar juga, kamu bisa melakukan tindakan lebih lanjut dengan memberikan ancaman seperti melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

2. Follow up dari waktu ke waktu

Kamu perlu melakukan follow up secara berkala kepada pelanggan. Kamu bisa mengirimkan pesan via email atau SMS terkait tagihan yang belum dibayarkan. Jika cara tersebut tidak membuahkan hasil, maka kamu bisa hubungi pelanggan via telepon.

Baca Juga: 4 Trik Ampuh Memperoleh Pembayaran Surat Tagihan dengan Cepat

Demikian contoh surat tagihan dan penjelasannya. Dengan begitu, kamu tentunya sudah tahu cara membuat surat tagihan, kan? Untuk memudahkan kamu dalam menagih invoice, kamu bisa menggunakan Paper.id.

Dengan Paper.id, menagih pelanggan jadi jauh lebih mudah dengan fitur PaperPay In. Kamu bisa mengirim invoice digital lewat WhatsApp/SMS/Email dan bisa langsung sampai hanya dalam 1 detik seperti chatting.

Bukan itu saja, Kamu nggak perlu repot-repot mengingatkan pelanggan akan jatuh tempo, karena ada email otomatis dari Paper.id yang akan mengingatkannya. Terakhir, pelanggan kamu juga bisa bayar dengan metode apa saja, seperti kartu kredit, OVO, marketplace, transfer bank, dan lainnya.

Tunggu apalagi? Yuk daftarkan segera bisnis kamu sekarang dengan klik tombol di bawah ini. Gratis!

Alfian Dimas