Dalam penagihan, contoh surat penagihan invoice dibutuhkan sebagai dokumen resmi yang berikan kepada pelanggan untuk transaksi tertentu. Biasanya, penjual akan mengirimkan kepada pelangan mengenai barang atau jasa yang telah diterima atau dinikmati oleh pelanggan.

Pelanggan akan menerima surat tagihan ketika belum melakukan pembayaran melebihi jatuh tempo. Setelah itu, penjual akan mengirimkan surat tagihan dalam jangka waktu tertentu sebagai pengingat bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran.

Dalam pembuatannya, surat penagihan membutuhkan format khusus dan tidak bisa dibuat sembarangan. Selain itu, ada beberapa hal-hal khusus yang harus ada dalam surat tersebut. Berikut cara serta contoh dalam membuat surat penagihan faktur untuk pelanggan Anda.

Baca juga: Invoice online, solusi cepat dan mudah untuk penagihan

Cara dalam membuat surat penagihan invoice

Untuk membuat surat penagihan invoice, Anda harus mengetahui bagian yang harus ada dalam surat tersebut. Surat penagihan yang baik terbagi menjadi 3 bagian, awalan, isi surat, dan akhiran. Layaknya sebuah surat, Anda harus menyertakan logo perusahaan sebagai kop surat untuk menyatakan bahwa surat tersebut sah dan terlihat professional.

Di awal, Anda harus menyertakan tanggal, nomor surat, perihal, serta pihak yang dituju. Selanjutnya, Anda berpindah pada bagian penting dari surat tersebut. Anda perlu menyebutkan tujuan serta berapa jumlah uang yang Anda tagih kepada pelanggan Anda. Jangan lupa untuk menyertakan jangka waktu pembayaran yang harus dipatuhi agar masalah yang sama tidak terulang lagi.

Terakhir, berikan kalimat surat penutup seperti ucapan terima kasih dan berikan nama terang sebagai orang yang mewakili perusahaan atau unit usaha yang ada. Dengan begitu, pihak tertagih akan merasa jelas dan bisa membayar tagihan.

Hal penting lainnya adalah, Bahasa yang sopan. Penulisan surat penagihan harus ditulis dengan jelas dan tidak menyinggung siapapun. Penulis harus berfokus kepada jumlah dana yang belum dibayar serta kapan dana tersebut harus dibayar.

Baca juga: Contoh invoice word sederhana untuk kantor

Contoh surat penagihan invoice yang benar

Kini, waktunya untuk mengetahui contoh surat penagihan invoice yang benar. Dalam hal ini, ada beberapa contoh yang bisa dilihat disini. Pertama, berikut contoh surat penagihan yang dibuat untuk menagih.

contoh-1

Kedua, ada juga contoh invoice yang dibuat untuk menagih barang yang telah dibeli sehingga, pelanggan perlu segera melunasinya. Biasanya, hal ini bisa dilakukan untuk pembayaran di belakang.

invoice-tagihan

Contoh surat penagihan invoice digital

Kini, penagihan bisa dilakukan secara digital. Berkat teknologi, para pelaku usaha bisa langsung membuat invoice tanpa perlu membuatnya di excel atau manual. Ada Paper.id, solusi penagihan yang cerdas dan praktis.

Paper.id sangat mudah untuk digunakan dan memiliki 3 fitur penting, invetaris, accounting, dan invoice Penjualan yang telah terintegrasi. Semuanya telah terhubung dan membuat kerja Anda menjadi semakin mudah dan menyenangkan.

Tersedia lewat versi HP dan PC, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Membuat tagihan juga sangat mudah. Cukup upload, logo, tanda tangan digital, dan isi form sesuai kebutuhan maka, invoice tagihan Anda sudah terbuat secara otomatis dan bisa dikirim via Email, LINE, dan Whatsapp. Semuanya bisa Anda rasakan tanpa perlu membayar sepeserpun! Tidak percaya? Silakan daftar gratis lewat tombol di bawah!