Contoh invoice perorangan ke perusahaan ada bermacam-macam. Isinya disesuaikan dengan kebutuhan si pengirim ke perusahaan yang dituju. Selain itu, bentuknya juga beragam dan dibuat berbeda dari perusahaan lainnya.

Invoice tersebut digunakan oleh individu untuk menagih pembayaran kepada perusahaan akan pembelian barang atau jasa yang telah diberikan. Hal ini sering terjadi oleh perusahaan yang menggunakan jasa seseorang atau membeli barang via individu.

Masalah timbul saat orang tidak tahu cara membuat invoice. Apakah invoice dari individu ke perusahaan sama dengan invoice pada umumnya atau berbeda jauh? Berikut jawabannya.

Baca juga: Contoh Invoice Hotel Yang Mudah Anda Buat Untuk Bisnis Anda

Contoh invoice perorangan ke perusahaan yang perlu Anda ketahui

Untuk lebih mudah dalam memahami contoh invoice perorangan ke perusahaan, Anda bisa melihat gambar dibawah ini.

invoice
Contoh invoice perseorangan kepada perusahaan

Dalam gambar diatas, kita bisa melihat seorang individu mengirimkan invoice kepada perusahaan lain untuk keperluan pembelian sebuah barang. Isi invoice untuk perorangan kepada perusahaan sama dengan invoice lainnya.

Pada kop surat, kita perlu memberikan informasi mengenai referensi, nomor invoice, tdan tanggal jatuh tempo. Setelah itu, isilah identitas data serta perusahaan yang dituju. Sertakan nomor telpon, alamat, dan email.

Kita masuk kepada bagian terpenting dari invoice ini, informasi mengenai harga dan jumlah produk yang dibeli. Anda bisa memasukkan informasi yang ada sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan mengenai barang yang akan dibeli.

Setelah itu, Anda bisa menulis informasi tambahan pada bagian akhir invoice. Disitu, terdapat bagian keterangan dan syarat serta ketentuan. Bagian keterangan berisi informasi pembayaran seperti metode pembayaran.

Untuk syarat dan ketentuan, hal ini biasa diisi dengan informasi seputar kesepakatan pembayaran yang telah terjalin antara pembeli dan penjual. Jika ada syarat dan ketentuan, Anda wajib menambahkannya sebagai informasi bantuan bagi kedua belah pihak. Nah, kamu bisa mempraktekkannya dengan demo invoice dari Paper.id. Coba gratis tanpa harus daftar langsung di bawah!

Coba Buat Invoice Gratis Tanpa Daftar

Hanya 5 Menit & Mudah

powered by Advanced iFrame. Get the Pro version on CodeCanyon.

Klik tombol di bawah untuk melanjutkan demo produk ini

Pentingnya invoice dalam dunia bisnis

Invoice berfungsi sebagai bukti penagihan yang diberikan penjual kepada pembeli terkait pembelian barang atau jasa yang telah terjadi. Bukti tersebut berguna bagi kedua belah pihak untuk disimpan sebagai bukti transaksi dan keperluan lainnya.

Dalam transaksi jual beli, invoice dipandang sebagai salah satu bukti transaksi yang membuat transaksi tersebut bersifat valid. Selain itu, invoice juga bisa berfungsi untuk hal lain seperti memberikan perlindungan kepada penjual berupa payung hukum.

Baca juga: Contoh Invoice Jasa Untuk Bisnis yang Bisa Dicoba

Selain itu, invoice juga penting untuk perkembangan bisnis Anda. Dengan melihat invoice, Anda bisa melihat keuntungan yang Anda dapat dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, Anda bisa membuat rencana berdasarkan pembayaran yang ada. Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan berdasarkan data-data yang ada.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari ketiga fungsi tersebut terutama bagi para pelaku usaha sampingan dan UMKM. Masih banyak yang mengandalkan cara konvensional. Hal ini bisa disebakan oleh kurangnyan pengetahuan akan dunia digital atau rasa nyaman telah menggunakan cara konvensional.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan Paper.id sebagai platform bisnis dengan beragam fitur untuk bisnis Anda. Ada fitur invoice digital, inventory management, dan accounting yang memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Dengan Paper.id Anda bisa mendapatkan bergama invoice template dan bisa buat invoice online mudah.

Bisnis jadi lebih mudah dan hemat berkat Paper.id! Platform ini juga cocok untuk berbagai macam tipe usaha mulai dari freelance, UMKM, retail, kuliner, dan juga usaha lainnya. Download GRATIS sekarang lewat link diatas untuk desktop dan gambar dibawah untuk Apps Smartphone.

Daniel Nugraha