Contoh invoice hotel dibutuhkan bagi setiap hotel untuk proses pembayaran. Saat hendak check-in, pihak hotel biasanya akan membuat invoice sebagai tanda bukti akan pemesanan hotel yang terjadi. Setelah proses pembayaran usai, pihak hotel akan memberikan kwitansi kepada pelanggan untuk menandakan bahwa pembayaran telah usai.

Baca juga: Contoh invoice word untuk kantor

Hal ini juga telah dilakukan oleh hotel-hotel yang ada untuk mempermudah proses pencatatan transaksi. Invoice Hotel biasanya mudah dibuat dan siapa saja bisa membuatnya. Berikut contoh serta penjelasan yang bisa Anda buat sendiri.

Contoh invoice hotel yang simpel

Contoh invoice hotel ada beragam dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut gambar invoice hotel yang bisa Anda lihat.

Diatas, ada beberapa poin yang terdapat pada invoice seperti:

  • Identitas perusahaan (alamat dan nama perusahaan)
  • Nomor invoice
  • Identitas pelanggan
  • Informasi mengenai pemesanan hotel yang digunakan
  • Keterangan tambahan

Lima poin diatas memuat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan akan jumlah pembayaran yang harus dibuat. Diawal, pelanggan akan melakukan proses check in kepada resepsionis. Setelah itu, resepsionis akan memberikan invoice sebagai tanda transaksi mengenai informasi.

Baca juga: Contoh invoice penagihan yang mudah dibuat

Invoice itu akan diterima oleh pelanggan sebagai tanda transaksi dan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera. Meski terkesan simpel, invoice hotel penting untuk digunakan sebagai tanda bukti bahwa transaksi tersebut bersifat resmi.

Tips pembayaran invoice hotel agar lancar

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar invoice hotel cepat dibayar. Berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui:

  • Kirimkan faktur secepatnya
    Agar transaksi cepat selesai, pihak hotel harus mengirimkan faktur secepatnya agar pelanggan bisa segera menyelesaikan pembayaran secepatnya.
  • Denda untuk keterlambatan pembayaran
    Pemberlakuan denda bisa dilakukan untuk mengatasi tingkah pelanggan yang nakal agar mereka bisa menyelesaikan pembayaran sebelum tenggat waktu yang ditentukan.
  • Metode pembayaran yang fleksibel
    Di zaman modern ini, setiap orang lebih menyukai pembayaran lewat m banking atau e-wallet. Pembayaran secara langsung memang masih dilakukan tapi, hal ini jarang dilakukan karena, ribet dan sudah ketinggalan zaman. Berikan metode pembayaran lewat m banking atau e-wallet agar bisa menarik lebih banyak orang.
  • Invoice reminder
    Agar pelanggan Anda tidak lupa maka, Anda bisa mengirimkan invoice reminder secara teratur. Dalam hal ini, lakukan secara teratur agar tidak menganggu pelanggan.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Paper.id. Paper.id adalah sebuah platform bisnis dengan fitur invoice, akunting dan inventaris untuk bisnis Anda. Ada fitur invoice yang bisa dibuat dengan mudah dan cepat serta dikirim secara langsung lewat messenger favorit Anda seperti Whatsapp dan LINE.

Anda juga bisa membuatnya secara langsung lewat aplikasi Paper.id yang terdapat di Android. Tinggal download dan Anda bisa membuat invoice secara langsung lewat HP Anda. Yang lebih hebat lagi, semua kemudahan ini bisa Anda rasakan dengan GRATIS! Yuk, Download sekarang dan buat bisnis jadi lebih mudah dan efisien dengan Paper.id DISINI!

(Visited 6.779 times, 1 visits today)