Pada umumnya pembayaran customer yang tepat waktu sesuai jatuh tempo merupakan hal yang selalu diinginkan oleh para pelaku usaha atau pebisnis. Tentunya pembayaran yang tepat waktu dapat memperlancar arus kas perusahaan. Namun tentunya hal tersebut tidaklah dapat berjalan lancar.

Ada banyak alasan mengapa pelanggan tidak membayar tagihan tepat waktu (atau tidak sama sekali), dari tagihan yang hilang hingga biaya tambahan tak terduga yang disadari pelanggan tidak mampu mereka bayar. Banyak pemilik usaha kecil berjuang dengan cara terbaik untuk meminta pembayaran yang terlambat tanpa bersikap tidak sopan.

Namun, terlepas dari situasinya, faktur yang belum dibayar tentunya akan merugikan bisnis Anda. Anda perlu bertindak jika ingin menjaga arus kas Anda tetap sehat. Dan yang lebih penting adalah langkah-langkah yang Anda ambil untuk memotivasi pelanggan Anda membayar tepat waktu atau sesuai jatuh tempo bahkan lebih cepat dari waktunya.

Faktur tepat waktu

Ketika Anda menginginkan customer atau pelanggan Anda membayar dengan tepat waktu sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditetapkan, maka salah satu hal yang paling penting adalah prosedur faktur itu sendiri.

Sangat penting bagi Anda untuk mengirimkan faktur kepada pelanggan Anda segera setelah barang atau jasa Anda telah anda kirimkan atau disediakan. Penundaan apa pun yang Anda lakukan pada tahap ini dapat memberikan alasan kepada pelanggan Anda untuk menunda pembayaran.

Baca juga : Kenaikan Tarif PPN 11% Mulai 1 April, Pahami Dampaknya untuk Bisnismu

Otomatiskan proses faktur Anda

Terkadang Anda tidak dibayar karena lupa mengirimkan faktur. Gunakan sistem untuk mengirim tagihan secara otomatis setelah Anda menyelesaikan pekerjaan atau mengirimkan produk. Anda dapat menjadwalkan dalam email pengingat pembayaran sehingga Anda tidak perlu mengejar perusahaan yang selalu terlambat membayar.

Transisi ke sistem faktur digital dapat secara signifikan mempercepat proses faktur Anda dan mengurangi keterlambatan pembayaran karena menghindari kebutuhan untuk mencetak, memposting, dan memproses faktur.

Memberi hadiah kepada pelanggan yang melakukan pembayaran awal dan tepat waktu

Beri pelanggan Anda alasan untuk memperhatikan faktur Anda dengan memberikan diskon untuk pembayaran awal dan segera. Meskipun ini berarti Anda akan dibayar lebih sedikit dari total tagihan yang seharusnya, namun lebih bermanfaat bagi bisnis Anda untuk membayar sebagian besar nilai faktur lebih awal daripada menerima jumlah penuh di luar persyaratan.

Anda juga dapat menawarkan persentase diskon yang ditetapkan, seperti 5 persen, untuk pembayaran awal apa pun.

Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan

Cara yang baik untuk mendorong pelanggan Anda membayar tepat waktu adalah dengan membangun hubungan yang baik dan tetap berhubungan selama periode kredit yang diingat dengan melakukan komunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan Anda dapat berpengaruh dan memastikan bahwa faktur Anda tetap diingat.

Komunikasikan kebijakan pembayaran terlambat Anda

Syarat dan ketentuan Anda adalah komponen utama untuk menjaga agar bisnis Anda tetap kompetitif. Mereka juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mendorong pembayaran segera.

Dengan menunjukkan sejak awal bahwa bisnis Anda tidak mentolerir keterlambatan pembayaran dan menentukan tindakan yang akan diambil, peluang untuk mendapatkan pembayaran sesuai persyaratan akan meningkat pesat.

Menyediakan metode pembayaran lain

Menyediakan metode pembayaran lain merupakan salah satu dari strategi yang dapat Anda lakukan agar pelanggan Anda membayar denganĀ  tepat waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menawarkan metode pembayaran yang nyaman kepada mereka sehingga mereka tetap dapat melunasi tagihan tepat waktu meskipun jadwal mereka padat.

Melampaui pembayaran tunai biasa akan lebih baik untuk bisnis Anda jika Anda juga menerima metode pembayaran lain seperti setoran atau transfer bank, Cash on Delivery atau COD, pembayaran seluler dan online, dan pembayaran melalui semua kartu kredit dan kartu debit utama.

baca juga : Kenapa Dokumen Bisnis Penting untuk Disertakan e-materai