Dokumen ini bisa berupa kontrak, perjanjian kerjasama, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. 

Penggunaan meterai di dalam dokumen ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi agar dokumen tersebut sah secara hukum.

Berhubungan dengan hal tersebut, materai telah dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti:

  • Materai efek yang merupakan pajak materai yang dipungut dari efek
  • Materai tempel yang merupakan materai berbentuk perangko,yang penggunaan nya ditempelkan pada kuitansi.
  • Materai upah yang merupakan materai tanda pembayaran pajak upah untuk daftar upah pekerja

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan meterai fisik menjadi kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala seperti biaya yang mahal, sulit dalam pengadaan, serta masalah lingkungan. Oleh karena itu, E-Meterai menjadi pilihan alternatif yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Memahami e-Meterai: Definisi, Ciri & Bentuk Meterai Elektronik

Manfaat Meterai Elektronik

Meterai elektronik memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat dalam penggunaan meterai pada dokumen digital.

Dengan adanya meterai digital ini, proses pemberian meterai pada dokumen menjadi lebih mudah dan efisien, tanpa perlu lagi mencetak dokumen fisik, menempel meterai, dan memindainya menjadi bentuk digital. Berikut adalah beberapa manfaat lebih lanjut dari meterai elektronik secara umum:

  1. Kemudahan Penggunaan: E-meterai mempermudah proses pembelian dan penggunaan meterai pada dokumen. Anda dapat dengan mudah membeli meterai elektronik secara online melalui mitra resmi seperti Paper.id, bahkan dapat melakukan pembubuhan meterai pada invoice secara langsung melalui platform tersebut.
  2. Keamanan dari Pemalsuan: Meterai elektronik dirancang dengan fitur validasi yang kuat untuk mencegah tindakan pemalsuan dokumen. Perum Peruri menyediakan fitur validasi yang dapat melakukan pembuktian forensik untuk menjaga meterai dari risiko pemalsuan.
  3. Sumber Pendapatan Negara: Meterai elektronik juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan negara. Biaya pembelian meterai elektronik menyumbang pada sumber pendapatan baru bagi negara yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat. Hal ini bahkan dapat menggantikan pendapatan dari meterai fisik.

Dengan manfaat-manfaat ini, penggunaan meterai elektronik menjadi lebih menguntungkan bagi masyarakat dan negara. E-meterai membawa kemudahan, keamanan, dan memberikan potensi untuk meningkatkan pendapatan negara guna melayani kebutuhan masyarakat lebih baik. 

Lalu bagaimana dengan Bisnis? Berikut ini manfaat e-meterai untuk bisnis:

Lebih efisien dan mudah digunakan

E-Meterai dapat digunakan dengan lebih mudah dan efisien daripada meterai fisik. Hal ini karena tidak perlu lagi pergi ke kantor pos atau ke tempat pembelian meterai. Penggunaan E-Meterai juga dapat dilakukan secara online, sehingga memudahkan penggunaan dan menghemat waktu.

Lebih hemat biaya

Penggunaan E-Meterai lebih hemat biaya dibandingkan dengan meterai fisik. Hal ini disebabkan karena penggunaan E-Meterai tidak memerlukan biaya pengiriman atau biaya pembelian fisik meterai yang bisa lebih mahal. 

Bayangkan jika kalian mengirim 100 invoice dalam satu hari, kalian harus mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 untuk sekali pemakaian e-meterai fisik. Jika dikalikan dengan 30 hari kalian akan mengeluarkan uang Rp30.000.000. 

Belum lagi kalian harus mengirim ongkos kepada kurir jika kalian menggunakan invoice secara fisik. Dana ini tentunya dengan biaya lain-lain. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakan invoice digital dan e-meterai untuk penggunaan dokumen bisnis, jauh lebih hemat dan kalian bisa mengeluarkan hanya untuk pembayaran e-meterai saja, dengan total Rp300.000 saja lho. 

Baca Juga: Cara Mudah Daftar & Beli E-Meterai untuk Kebutuhan Bisnis Kamu!

Lebih ramah lingkungan

Penggunaan E-Meterai juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah kertas. Selain itu, penggunaan E-Meterai juga bisa membantu mengurangi penggunaan bahan baku kertas.

Lebih aman dan terpercaya

E-Meterai dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, sehingga lebih sulit untuk dipalsukan. Oleh karena itu, penggunaan E-Meterai dapat memberikan jaminan keamanan yang lebih baik dalam dokumen bisnis.

Nah itulah beberapa informasi seputar manfaat dari e-meterai. Perlu diketahui juga bahwa E-Meterai bisa langsung dibubuhkan didalam invoice. Untuk mempemudah itu, kalian bisa menggunakan Paper.id Dengan paper.id, kalian bisa membuat invoice, serta mengirim invoice secara mudah.

Selain itu juga, Invoice bisa dibubuhkan dan ditempel secara langsung dengan e-meterai. Mudah bukan? Yuk, pakai Paper.id sekarang juga dengan klik tombol daftar dibawahi ni.