Hidup itu dinamis, pun dengan bisnis yang terus berubah dengan cepat. Sebagai pebisnis, kamu dituntut senantiasa cepat beradaptasi dengan tren dan teknologi baru yang muncul. Salah satunya, metode pembayaran “Buy Now Pay Later” atau BNPL yang sedang naik daun beberapa belakangan tahun ini.

Terlebih, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) via CNBC mencatat jumlah kontrak pengguna Buy Now Pay Later di Indonesia mengalami pertumbuhan sebanyak 18,18 juta kontrak atau sebesar 33,25% secara tahunan menjadi 72,88 juta per Mei 2023 kemarin.

Untuk itu, yuk pahami bagaimana fenomena BNPL ini dan mengapa para pebisnis perlu memperhatikan kehadirannya yang kian berkembang di Indonesia. Simak penjelasannya di bawah, ya!

Mengapa Buy Now Pay Later Semakin Populer?

Sebenarnya tidak sulit untuk mengerti kenapa Buy Now Pay Later menjadi begitu populer di kalangan customer. Hal ini karena memungkinkan customer bisa mendapatkan produk atau layanan tanpa harus membayar sejumlah besar uang yang di muka. 

Selain itu, BNPL juga menyediakan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah dan cepat. Tidak ada lagi proses rumit seperti pengisian formulir panjang atau menunggu persetujuan kredit yang lambat seperti biasanya.

Nah, dengan BNPL, pembayaran bisa diselesaikan dengan hanya beberapa klik, yang membuatnya sangat menguntungkan bagi customer yang mencari kenyamanan dan kecepatan dalam melakukan transaksi.

Cara Kerja Buy Now Pay Later
Cara Kerja Buy Now Pay Later (Sumber: Prove)

Baca juga: Buy Now Pay Later, Kelebihan dan Kelemahannya Dalam Dunia Bisnis

Manfaat BNPL bagi Bisnis

Karena semakin populer, metode pembayaran Buy Now Pay Later seharusnya bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi pebisnis. Berikut ini alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan mengadopsi metode pembayaran ini:

1. Meningkatkan penjualan

BNPL bisa mendorong penjualan dengan cara mengurangi hambatan finansial bagi customer. Banyak lho, customer yang tidak melakukan pembelian karena alasan keuangan. Nah, BNPL meruntuhkan tembok ini dengan membuka pintu peluang kepada mereka yang tidak memiliki dana tunai yang cukup untuk membayar sekaligus.

Hal ini berarti, produk atau jasa yang mungkin sebelumnya dianggap sebagai pembelian yang sulit atau mahal, kini menjadi terjangkau. Dengan begitu, bisnis kamu berpeluang mengalami peningkatan dalam hal volume penjualan.

2. Meningkatkan retensi customer

Dengan memberikan opsi pembayaran BNPL, kamu berpeluang menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih baik bagi customer. Mereka akan merasa dihargai dan didengar karena kamu memberi mereka kemudahan dan fleksibilitas dalam bertransaksi.

Dengan begitu, customer cenderung akan kembali lagi ke bisnis kamu yang menawarkan kemudahan pembayaran. Ingatlah, pengalaman transaksi yang positif adalah kunci untuk mempertahankan customer, dan BNPL membantu menciptakan kesan itu. 

3. Memperluas basis customer

BNPL memungkinkan bisnis menjangkau segmen pasar yang lebih luas, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan finansial tetapi tetap memiliki minat pada produk atau layanan tertentu. Dengan memberikan opsi pembayaran yang fleksibel, kamu bisa memperoleh customer baru yang sebelumnya mungkin tidak mempertimbangkan untuk bertransaksi.

PayLater

Menyiasati Tantangan BNPL dengan Bijak

Sama halnya dengan semua inovasi, tentu akan ada tantangan yang perlu dihadapi. Misalnya, risiko over-indebtedness, persaingan yang ketat di pasar BNPL, dan masalah keamanan yang mungkin harus diperhatikan oleh para pebisnis.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal, seperti menetapkan batasan maksimal jumlah transaksi BNPL yang diperbolehkan untuk setiap customer, memberikan edukasi kepada customer tentang cara menggunakan BNPL dengan bijaksana, dan sebagainya.

Baca juga: Buy Now Pay Later: Jebakan atau Peluang?

Demikianlah fenomena metode pembayaran BNPL yang kini sedang  naik daun dan mengapa para pebisnis perlu memperhatikan kehadirannya. Metode pembayaran seperti BNPL memang bukan hanya tren sementara, tetapi juga cerminan dari perubahan perilaku dan preferensi customer yang lebih luas.

Maka dari itu, memahami dan mengadopsi BNPL dengan bijak adalah langkah penting untuk menyambut masa depan pembayaran bisnis yang semakin modern dan fleksibel. Jadi, apakah bisnismu sudah mengadopsi metode pembayaran Buy Now Pay Later?

Ngomong-ngomong, kamu ingin mengembangkan bisnis tapi terkendala modal? Pakai Paper.id, yuk. Solusi modal kerja berbasis invoice yang belum terbayar tanpa ribet dan aman, sehingga operasional dan cash flow kamu tetap lancar.

Penasaran? Segera daftarkan bisnis sekarang di Paper.id dan coba eksplor keuntungan pakai solusi pendanaan yang ditawarkan dengan klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi