Kamu tahu nggak bahwa konsep Buy Now, Pay Later atau BNPL tidak hanya terbatas pada transaksi bisnis konsumen atau Business to Customer (B2C) saja? Tetapi sudah berkembang dalam konteks bisnis ke bisnis atau Business to Business (B2B) juga.

Dalam konteks B2B, Buy Now, Pay Later mengacu pada kesepakatan di mana supplier atau vendor memberikan fleksibilitas pembayaran kepada mitra bisnis mereka. Pasti kalian bertanya-tanya, “Kok bisa konsep ini relevan sehingga bisa menjadi peluang untuk transaksi B2B?”

Nah, berikut ini ada alasan kenapa konsep Buy Now, Pay Later bisa relevan sehingga bisa dijadikan peluang bagi bisnis kamu. Simak, yuk!

Peluang Buy Now Pay Later Bagi Bisnis

Adanya Tempo Pembayaran yang Lebih Panjang

Sebagai pebisnis, kamu tentu ingin mengatur cash flow bisnis dengan baik. Nah, adanya tempo pembayaran dalam konsep BNPL ini memberikan kesempatan kamu untuk menggunakan produk atau layanan segera dan dibayar nanti. Tentunya ini bergantung dari kebutuhan tiap industri.

Dengan begitu, kamu bisa menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran secara efektif, serta mengalokasikan kas kamu dengan bijaksana, misalnya, untuk membayar biaya operasional atau kebutuhan bisnis lainnya yang mendesak. Semakin lama tempo yang dimiliki, semakin besar ruang untuk mengatur cash flow dengan baik. 

Baca juga: Buy Now Pay Later, Kelebihan dan Kelemahannya Dalam Dunia Bisnis

Mengurangi Beban Keuangan Awal

Maksudnya, ketika kamu melakukan pembayaran menggunakan konsep Buy Now, Pay Later, kamu nggak perlu menyediakan dana di muka untuk membeli produk atau layanan kepada supplier atau vendor kamu.

Jadi, ini akan membantu kamu dalam mengurangi beban keuangan awal yang mungkin terlalu berat. Terutama, ketika bisnis kamu sedang dalam tahap pertumbuhan atau menghadapi kebutuhan investasi yang signifikan.

Nah, jika kamu bisa membayar tepat waktu atau lancar, maka catatan pembayaran kamu akan menjadi aspek kredit yang positif. Selain itu, skor kredit kamu juga akan tinggi yang memungkinkan kamu akan dapat persetujuan pinjaman di masa depan dan juga memperoleh suku bunga yang lebih baik. 

Risiko atau Kerugian yang Mungkin Timbul

Dibalik peluang yang ditawarkan BNPL konsep ini juga bisa jadi masalah apabila tidak digunakan dengan semestinya. Nah, berikut beberapa risiko atau kerugian yang mungkin timbul, antara lain:

Adanya Biaya Keterlambatan

Bayangkan, jika kamu gagal memenuhi kewajiban melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan oleh supplier atau vendor kamu? Pasti pusing, kan? Mereka pasti memberlakukan biaya keterlambatan atau fee yang sudah disepakati di awal.

Pastikan ini tidak terjadi di bisnismu. Apabila ini terjadi, pastikan margin yang kamu terima, bisa menutupi nilai fee yang harus disetorkan, terkadang ini sering terjadi untuk kondisi yang memang terpaksa terjadi tetapi dengan kalkulasi yang sudah terprediksi tanpa mengganggu cash flow bisnis.

Jika kamu telat bayar, tentu akan mempengaruhi track record kamu, lho! Catatan pembayaran itu nantinya akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan pendanaan di masa mendatang. Oleh karena itu, jaga track record pembayaranmu dengan baik, ya!

Pengelolaan Cash Flow jadi Rumit

Ketika kamu menggunakan pembayaran dengan konsep BNPL, hal yang harus diperhatikan yakni jadwal pembayaran saat jatuh tempo. Di satu sisi, kamu juga harus tetap mengatur cash flow agar tetap seimbang.

Jika kamu tidak melakukan kalkulasi kemampuan bayar kembali, maka kamu bisa saja kesulitan dalam memenuhi kewajiban pembayaran dan mengatur keuangan dengan efisien secara bersamaan. Rumit banget, kan?

Baca juga: Paylater vs Kartu Kredit, Mana Yang Lebih Menguntungkan Untuk Bisnis?

Demikianlah ulasan mengenai konsep pembayaran Buy Now Pay Later untuk bisnis. Meskipun memberikan beberapa manfaat yang bisa dijadikan peluang untuk kamu mengembangkan bisnis, tetapi juga kamu perlu strategi yang baik agar tidak menjadi jebakan untuk bisnismu sendiri.

Ikuti terus berita atau informasi seputar bisnis menarik lainnya hanya di Paper.id. Daftarkan segera bisnismu di Paper.id dan nikmati mengelola bisnis jadi lebih praktis dengan klik tombol di bawah ini, Gratis!

Muhamad Dika Wahyudi