Aplikasi gudang adalah software yang dapat membantu mempermudah pencatatan setiap aktivitas barang yang masuk dan keluar gudang secara real-time. 

Fungsi utama aplikasi stok gudang adalah sebagai alat untuk efisiensi dalam manajemen pergudangan atau operasional gudang sehingga dapat lebih maksimal dan tidak terjadi masalah gudang. 

Oleh karena itu, supaya tidak terjadi kendala, kamu perlu menggunakan aplikasi gudang terbaik. Berikut ini rekomendasi aplikasi gudang online yang bisa digunakan, diantaranya:

1. Jubelio WMS

Rekomendasi aplikasi gudang adalah Jubelio WMS. Dengan software WMS Jubelio, kamu bisa mendapatkan visibilitas dan kontrol penuh proses pergudangan, karena sudah menggunakan sistem yang terintegrasi. 

Salah satu fitur aplikasi Warehouse Management System dari Jubelio, kamu bisa mengontrol dan mengawasi gudang. Dengan begitu, meminimalisir kesalahan dalam  penginputan barang, karena ada fitur serial number.

Kelebihan yang dimiliki pada aplikasi stok yang tersedia di Jubelio ini, kamu bisa mengetahui stok barang sampai level rak dan melihat status proses penempatan, pengambilan, sampai pengepakan barang.

Selain itu, Jubelio WMS juga mempunyai fitur-fitur lainnya yang bisa membantu kamu dalam mengelola manajemen gudang, diantaranya:

  1. Manajemen Lokasi Gudang, kamu dapat melakukan pemetaan lokasi gudang berdasarkan lantai, baris, kolom, dan rak barang.
  2. Pemenuhan Pesanan, seluruh proses pesanan barang mulai dari picking, packing, sampai shipping sudah terhubung ke dalam satu sistem.
  3. Tersedia Berbagai Metode Pengambilan Barang (Batch, Cluster, dan Zone Picking), 
  4. Proses Putaway yang tepat, dimana kamu bisa mendapatkan rekomendasi lokasi penyimpanan produk sehingga mudah untuk dilacak.
  5. Transfer produk dari satu gudang ke gudang lain, rekomendasi untuk transfer produk dari rak inbound ke rak picking saat stok menipis.
  6. Laporan Performa Karyawan,  pantau performa tiap petugas karyawan secara mudah.
  7. Ada Aplikasi WMS Mobile, lebih mudah melakukan proses putaway, picking, packing, dan stock opname hanya lewat aplikasi mobile Jubelio WMS.
  8. Lacak keluar masuk barang dengan scan barcode, untuk menghindari kesalahan pengambilan barang.
  9. Rencanakan pengisian stok barang agar tidak terjadi overselling.
  10. Terintegrasi dengan sistem Omnichannel.

Buat kamu yang ingin tahu lebih lengkapnya mengenai Jubelio WMS, bisa cek selengkapnya disini ya>>>

2. Aplikasi Gudang Hashmicro

Sistem manajemen gudang (wms) selanjutnya, Hashmicro. aplikasi gudang dari Hashmicro yang memudahkanmu dalam memonitor keluar masuknya barang. Karena, semua informasi bisa diakses secara real time, seperti status stok sampai alokasi barang.

Dengan begitu, kamu bisa lebih optimal untuk mengelola stok barang dan pastinya lebih efisien.

Fitur Hashmicro adalah barcode management, multi warehouse and locations, stock request management, inventory forecasting, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 5 Cara Efisien Kelola Stok Pakai Sistem Manajemen Gudang

3. Aplikasi Stok Gudang Inventory Management

Penggunaan aplikasi inventory management dalam menjalankan operasional gudang bisa dibilang sangat mudah. Karena, sangat sederhana sehingga bisa kamu gunakan sendiri, apalagi jika kamu pemula.

Menawarkan fitur manajemen stok barang yang dapat dikelola dalam skala kecil. Paling penting mempermudah kamu untuk prioritaskan jumlah barang yang akan dijual dan dibeli.

4. Software NetSuite WMS

Berikutnya ada Netsuite WMS yang bisa membantumu untuk pengelolaan gudang secara optimal. Mulai dari, menerima, menyimpan dan menghitung barang berbasis barcode. Dengan begitu, kamu dapat menggunakan handphone untuk scan barcode.

Selain itu, aplikasi stok gudang Netsuite juga punya tampilan yang sederhana dan sangat mudah untuk menggunakannya. 

5. SAP WMS

aplikasi gudang online dari SAP, menyediakan fitur fleksibilitas yang mampu otomatisasi proses manajemen stok barang. Pastinya sudah dilengkapi berbagai macam fitur lainnya yang bisa menunjang menunjang kinerja gudang, seperti fitur penjadwalan dan peningkatan proses manajemen secara efisien.

Baca juga: Pentingnya Layanan Pergudangan untuk Pengelolaan Stok Bisnis E-Commerce

Itu dia penjelasan mengenai daftar aplikasi gudang online yang bisa kamu gunakan. Tentunya setiap software manajemen gudang memiliki karakter yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Kira-kira dari rekomendasi di atas, mana nih software gudang yang akan kamu gunakan untuk bisnis? 

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Paper.id

Muhamad Dika Wahyudi