Waktu adalah uang, begitu juga di dunia bisnis yang semakin kompetitif, pasti kamu ingin meraih keuntungan yang maksimal, kan? Sebagai pebisnis, biasanya kamu terjebak di dalam pertanyaan “apakah harus mengambil barang jadi impor atau lokal untuk bisnis?”

Apalagi, banyak stigma bahwa barang impor memiliki kualitas yang sudah diakui internasional. Namun, di sisi lain, ada juga argumen yang mengatakan bahwa memilih barang jadi dari lokal bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan lokal dan tentunya ikut mendukung perekonomian dalam negeri.

Nah, dalam perdebatan yang panas ini, fakta yang harus kamu sadari adalah sebenarnya tidak ada jawaban yang benar-benar mutlak, lho. Keputusan untuk mengambil barang jadi impor atau lokal harus mempertimbangkan beberapa faktor dengan cermat.

Untuk itu, berikut ini beberapa faktor kunci yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin meraih keuntungan yang maksimal. Simak di bawah ya, guys!

Kualitas Produk

Terkadang, memang masih banyak pebisnis yang memilih barang jadi impor karena kualitasnya lebih baik dibandingkan barang lokal dan beragam variasi. Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua produk lokal memiliki standar yang rendah, lho.

Sudah banyak sekali perusahaan lokal yang sudah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan serta teknologi modern untuk meningkatkan kualitas produk mereka. Sebagai pebisnis cerdas, kamu harus melihat lebih jauh dari asumsi umum dan tidak ada salahnya memberikan peluang kepada produk lokal yang berkualitas tinggi.

Untuk itu, kamu bisa mulai dengan mengidentifikasi standar kualitas yang berlaku untuk barang di industri atau sektor yang relevan. Cek apakah barang impor maupun lokal memenuhi standar tersebut.

Selain itu, jika memungkinkan, kamu bisa minta sampel atau contoh barang dari supplier impor dan lokal, kamu bisa langsung nilai dari segi kualitas fisik, estetika, dan tentunya fungsionalitas barang. Setelah itu, bandingkan aspek-aspek seperti kekokohan, keawetan, keindahan desain, kemudahan penggunaan, dan lainnya.

Harga dan Biaya

Langkah-langkah dalam Prosedur Impor
Langkah-langkah dalam Prosedur Impor (Sumber: geeksforgeeks)

Wajar sekali sebenarnya banyak yang mengira bahwa barang impor memiliki harga yang lebih tinggi karena melibatkan biaya transportasi, pajak, dan Bea Cukai. Namun, perlu diingat tidak selalu berlaku, ya. Kadang, barang lokal bisa memiliki harga yang lebih tinggi karena faktor bahan baku yang mahal atau proses produksi yang intensif.

Maka dari itu, kamu bisa cek harganya secara langsung dengan kuantitas yang akan dibeli dan coba bandingkan. Jangan lupa, pertimbangkan juga perbedaan mata uang, biaya transportasi, harga penawaran, diskon, atau biaya tambahan seperti pajak atau Bea Cukai yang berlaku serta keputusan jangka panjang, dan lainnya.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Import Borongan Terpercaya di Indonesia

Respons Pelanggan dan Reputasi Merek

Kamu bisa cari ulasan pelanggan yang pernah menggunakan barang impor dan lokal. Baca testimonial, ulasannya bagaimana, atau komentar yang diberikan oleh pelanggan di platform distribusi aplikasi atau media sosial.

Perhatikan apa yang dikatakan pengguna mengenai pengalamannya dengan barang tersebut, termasuk kualitas, performa, kepuasan, dan kendalanya. Nah, kamu bisa bandingkan ulasan dan tanggapan mereka untuk barang impor dan lokal secara keseluruhan.

Jika memungkinkan, kamu bisa cara sejarah mereknya, penghargaan yang pernah mereka terima atau prestasi lainnya yang bisa mempengaruhi reputasi mereka. 

Keunikan dan Perbedaannya

Terkadang, barang impor menawarkan variasi atau fitur khusus yang sulit ditemukan di barang lokal. Namun, hal ini tidak berarti bahwa produk lokal tidak bisa menawarkan sesuatu yang unik. Sudah banyak lho perusahaan lokal yang berhasil menciptakan barang dengan nilai tambah khusus, yang memberikan mereka keunggulan kompetitif.

Untuk itu, kamu bisa coba perhatikan perbedaan dalam desain, bahan, fitur, atau teknologi yang mungkin ada di antara barang impor atau lokal. Apakah ada fitur khusus atau inovasi yang hanya dimiliki oleh barang impor atau lokal? Kamu cari tahu keunikannya, catat, dan bandingkan.

Baca juga: Daftar Supplier Baju Import Terpercaya Untuk Usaha

Nah, itu dia beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan barang dari mana yang bisa membuat kamu untung maksimal. Intinya,  mau mengambil barang jadi impor atau lokal tetap harus dipertimbangkan dengan cermat.

Dengan memahami yang lebih baik mengenai keuntungan dan kerugian dari masing-masing pilihan, pada akhirnya diharapkan kamu bisa membuat keputusan yang cerdas dan tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu ke depannya.

Mau tahu informasi atau berita seputar bisnis menarik lainnya? Yuk ikuti terus Blog Paper.id. Atau mau kelola bisnis jadi lebih praktis? Daftar sekarang juga di Paper.id. Platform penagihan dan pembayaran antar bisnis ini bisa digunakan oleh UMKM hingga perusahaan besar, lho! Klik tombol di bawah ini. GRATIS!

Muhamad Dika Wahyudi