Meningkatnya kasus positif karena virus COVID-19 di Indonesia khususnya jakarta, membuat pemerintah menarik rem kendali guna menghentikan penyebaran virus COVID-19 di tengah masyarakat luas. Akibat nya PSBB tahap 2 pun kembali diberlakukan. Dimana hanya 11 sektor bisnis atau usaha yang diperbolehkan ttp beroperasi. Hal ini juga mengharuskan masyarakat kembali bekerja dan berkegiatan di rumah.

Diberlakukanya kembali PSBB memukul kembali para pelaku usaha yang sudah mulai memulihkan usaha mereka yang terkena imbas dari penerapan PSBB pertama. Tidak hanya pelaku usaha, pelanggan pun terkena dampak pengasingan karena adanya batasan keluar rumah dan karantina. Keadaan ini menuntun para pelaku usaha untuk lebih keras lagi memutar otak dalam menjalankan usaha mereka, guna bertahan dalam masa pandemi ini. Dalam hal ini mempromosikan sebuah produk merupakan hal terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik usaha. promosi usaha sangat berguna sebagai sarana untuk mengenal konsumen sehingga dampak yang diperoleh bisa menjadi lebih baik. 

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

Adapun Tujuan dari melakukan promosi di antaranya adalah:

  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit atau laba
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  • Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  • Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Pada saat masa pandemi seperti saat ini, pemilik usaha kecil menengah sampai yang besar harus pintar dalam memilih cara promosi apa yang sesuai dengan citra dan target perusahaan agar mendapat hasil yang optimal.

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Amazon yang Harus Diterapkan di Bisnismu

Berikut adalah beberapa cara mempromosikan produk Anda di masa pandemi seperti saat ini:

  • Promosi Melalui Media Sosial

Media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Line dan TikTok memiliki nilai lebih untuk promosi jualan Anda. Apabila Anda tidak berkenan untuk membuat akun sosmed khusus produk jualan, tidak apa-apa. Anda dapat menggunakan akun sosmed pribadi dan dapatkan calon pembeli dari kontak teman dan kerabat Anda.

Anda harus membuat caption dan foto produk yang menarik supaya mendapat respon yang baik. Cara ini akan lebih efektif apabila Anda mempunyai banyak followers. Cobalah untuk sekreatif mungkin dalam melakukan promosi melalui sosial media Anda.

  • Titip Produk Jualan Anda Ke Toko Di Sekitar 

Selain marketplace, Anda juga bisa memanfaatkan toko yang berada di sekitar tempat tinggal Anda. Pastikan Anda telah sepakat terlebih dahulu dengan pemilik toko dan memberikan komisi yang sesuai dengan perjanjian. Anda diwajibkan untuk menjaga kualitas produk jualan Anda dan lengkapilah dengan contact person pada kemasan produk. Karena, ini akan menguntungkan pihak Anda ketika ada pembeli tertarik memesan dalam jumlah banyak.

  • Berjualan Di Marketplace

Di masa digital seperti sekarang ini, jumlah marketplace yang hadir di Indonesia semakin hari semakin banyak. Biar usaha yang anda jalankan Anda cepat laris atau banyak pembelinya, Anda bisa berjualan di marketplace. Pada dasarnya, berjualan di marketplace Anda tak boleh malas untuk mempelajari cara berjualan yang baik. Lakukan riset pada setiap marketplace, pahami penjualannya, lalu praktekkan sendiri. 

Langkah awal biasanya, mulai dari membuat logo untuk toko dan produk Anda. Lalu,  pelajari cara upload foto produk, buat deskripsi produk sampai kepada metode pembayaran/pengiriman.

Anda juga dapat memanfaatkan lebih dari satu marketplace untuk berjualan. Biasanya untuk berjualan di marketplace tidak dipungut biaya alias gratis. Akan tetapi tentu banyak pesaing disana.

  • Memberikan Diskon

Harga masih menjadi faktor utama bagi para konsumen ketika hendak melakukan transaksi pembelian. Oleh karena itu, potongan harga selalu ditunggu. Jika kamu memiliki toko sendiri atau memproduksi barangmu sendiri, tentu kamu bisa melakukan potongan harga atau diskon kapan saja. Tentunya, potongan harga dapat digunakan untuk hampir semua jenis bisnis online.

Baca juga: 5 Taktik Promosi Penjualan yang Terbukti Meningkatkan Profit Hingga 99%

  • Menawarkan Cashback

Cashback adalah pengembalian sejumlah uang setelah konsumen melakukan pembelian. Cashback hanya berlaku jika pembelian yang dilakukan mengikuti syarat yang ditentukan oleh penjual. Biasanya berupa pembelian sejumlah nominal tertentu. 

Walaupun ada syarat yang diberlakukan, cashback tetap merupakan promosi yang menarik untuk konsumen. Perlu kita ketahui bahwa cashback bukan hanya diperuntukan bagi marketplace saja. Pemilik toko online maupun offline dapat menerapkan promo ini untuk menjual berbagai barang, mulai produk elektronik hingga fashion.

  • Strategi Word of Mouth

Promosi yang sangat efektif dan bisa dilakukan pada saat ini adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang baik kepada konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan informasi kepada calon konsumen lagi. Pada posisi ini, informasi mengenai usaha kamu akan tersebar di pasaran dan lingkungan sekitar kamu.