Jualan online adalah aktivitas atau tindakan menawarkan atau menjual produk atau jasa melalui Internet. Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 telah membuat tren penjualan online menjadi meningkat signifikan. Hal itu dikarenakan adanya pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah.

Bahkan sebagian bisnis yang diperkenankan beroperasi memiliki batasan yang memberlakukan jarak sosial, pemakaian masker, dan batasan berapa banyak pelanggan yang dapat memasuki ruang pada satu waktu. Hal itu tentunya membuat kegiatan belanja tradisional menjadi sulit, atau bahkan menakutkan, dan berdampak pada trend baru dimana orang semakin cenderung memilih berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga:  Baru mulai bisnis di e-commerce, ini tips agar bisnismu makin ngacir!

Namun saat ini dengan banyaknya pesaing dalam berjualan online, membuat para pelaku usaha atau pebisnis online mencari strategi yang tepat atau tips jualan online guna meningkatkan penjualan mereka. Adapun langkah atau tindakan yang diambil oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan yaitu seperti cara menumbuhkan merek, atau menonjolkan nilai produk, yang dikenal sebagai proposisi nilai yang bertujuan untuk menarik pelanggan.

Jika Anda merupakan salah satu dari pebisnis online, maka sangat penting untuk Anda mengetahui tips atau cara yang tepat dalam berjualan online untuk tetap terus bertahan dalam menjalankan bisnis online Anda. Berikut ini merupakan tips jualan online yang dapat Anda terapkan saat jualan online:

Menemukan Produk yang Tepat

Tips jualan online yang pertama adalah, mencari produk yang tepat. Sebagai pemilik bisnis online, Anda harus mengetahui produk yang tepat untuk dijual. Oleh karena itu, Anda perlu memahami apa yang menjadi ciri suatu produk yang cocok untuk dapat dijual secara online.

Manfaatkan Media Sosial sebaik-baiknya

Media sosial memberikan peluang besar untuk terhubung dengan pelanggan dan menjembatani kegiatan belanja online. Pasalnya hampir setiap individu atau masyarakat saat ini tidak dapat dipisahkan dari aktivitas bermain atau menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Beriklan di Facebook, Instagram, dan situs sosial lainnya dapat digunakan untuk mempromosikan produk jualan Anda. Tampilkan atau unggah produk atau barang dengan kualitas gambar semenarik mungkin untuk memikat calon pembeli.

Bangun Situs Web Anda

Mulailah dengan membuat situs web yang mencerminkan identitas merek Anda. Selain dengan memanfaatkan media sosial atau marketplace, dengan memiliki situs web pribadi maka Anda akan dapat lebih memaksimalkan jualan online Anda.

Dalam membangun situs web pastikan desain website Anda memudahkan pembeli untuk menemukan produk Anda. Unggah gambar, tulis spesifikasi, dan sertakan detail tentang pengiriman sehingga pelanggan Anda memahami dengan tepat apa yang mereka beli dan mengapa mereka harus membeli. Dan ketika situs web Anda telah dibuat dan Anda siap untuk menjual, maka Anda dapat langsung menampilkan produk Anda di depan calon pelanggan.

Buat Pemasaran Email

Dengan membuat pemasaran email dapat membantu bisnis menawarkan insentif kepada pelanggannya atau mendorong mereka untuk kembali. Pemasaran email membuat Anda dapat mengelompokkan daftar untuk menargetkan pelanggan tertentu.

Selain itu dengan otomatisasi email berarti Anda dapat langsung terhubung ke pelanggan melalui pesan yang dipersonalisasi dan menawarkan mereka sesuatu tentang penjualan atau promosi, maupun berbagi kiat tentang penggunaan produk.

Namun perlu diperhatikan dalam membuat email pemasaran hendaknya tidak terlalu sering dilakukan agar pembeli Anda tidak merasa terganggu dan hendaknya dibuat semenarik mungkin.

Baca juga: Manfaat virtual credit card untuk bisnis Anda

Bermitra dengan Influencer

Influencer terutama adalah orang-orang media sosial yang telah mendapatkan pengikut atau audiens yang mereka minati. Anda dapat bermitra dengan influencer yang cocok dengan tujuan atau strategi bisnis dengan tips jualan online untuk Anda.

Influencer dapat mempromosikan produk jualan online Anda dengan menggunakannya, memakainya, atau dengan memberi tahu pengikut mereka tentang hal itu. Dengan adanya influencer dapat membantu menciptakan nilai melalui pengalaman langsung untuk mempengaruhi pembelian. Influencer yang sesuai dengan produk atau barang yang dijual dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan.