Untuk mendukung transaksi lebih mudah, virtual credit card hadir sebagai inovasi terbaru dalam dunia ekonomi. Keberadaannya mewakili langkah efektif untuk mempermudah kehidupan manusia.

Virtual credit card adalah kartu pembayaran virtual online yang melakukan fungsinya sama seperti kartu kredit pada umumnya. virtual credit card hanya alternatif penggunaan yang lebih aman dan sederhana yang dapat membuat pembayaran elektronik Anda lebih cepat dan mudah.

Baca juga: 5 bisnis online tanpa modal yang cocok di 2022

Sesuai dengan namanya, kartu ini sepenuhnya berwujud online dan ditautkan ke kartu kredit asli Anda melalui 16 digit nomor yang dibuat secara acak. Dimungkinkan untuk menetapkan batas pengeluaran atau tanggal kadaluarsa untuk virtual credit card atau bahkan membatasinya untuk hanya dapat digunakan sekali pakai. Oleh karena itu, Anda akan dapat yakin bahwa akun kartu kredit utama Anda aman, dan kecurangan dapat dicegah.

Manfaat virtual credit card

Kartu pembayaran virtual hadir dengan banyak keuntungan yang hampir mirip dengan kartu kredit pada umumnya. Solusi pembayaran virtual credit card memudahkan pengguna untuk mengelola uang mereka, mengoptimalkan pengeluaran, dan melindungi aset bisnis.

Perlindungan penipuan

Kartu virtual mengamankan informasi identitas pribadi (PII) Anda dengan membatasi jumlah yang terungkap saat Anda melakukan transaksi. Teknik ini sangat aman karena kapasitas pembelanjaan maksimum ditetapkan dan jumlah yang dialokasikan untuk transaksi hanya berlaku satu kali. Karena kartu virtual ini kedaluwarsa setelah beberapa saat, makan peretas tidak memiliki kesempatan untuk melakukan aksinya.

Batasi pengeluaran

Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, kartu virtual ini memberi Anda tingkat kontrol yang tidak ditawarkan oleh kartu kredit biasa. Anda dapat membekukan kartu Anda kapanpun Anda mau, serta menetapkan batas pengeluaran, tanggal penutupan kartu, atau menutupnya segera setelah pembayaran virtual online pertama. Dengan cara ini Anda dapat mengontrol anggaran Anda dan membatasi berapa banyak yang dapat dibelanjakan oleh karyawan Anda.

Manajemen langganan

Kartu pembayaran virtual adalah cara mudah untuk melacak semua langganan online Anda. Cukup buat kartu virtual baru untuk setiap langganan Anda, dengan membatasi setiap vendor atau transaksi ke satu kartu virtual. Anda akan dapat melacak semua langganan Anda di satu tempat, terlindungi jika informasi kartu kredit Anda dicuri, dan memeriksa apakah Anda ditagih berlebihan.

Baca juga: 7 cara ampuh untuk mendapatkan supplier toko online terpercaya

Bagaimana cara kerja pembayaran kartu virtual?

Dengan meningkatnya teknologi perbankan digital serta minat terhadap VCC, beberapa perusahaan mulai memasukkan program pembayaran kartu virtual dalam layanan mereka. Expensya kini menawarkan kartu virtual untuk setiap karyawan, pengeluaran, dan proyek untuk menyederhanakan proses pembayaran online

Anda akan terkejut mengetahui bahwa virtual credit card berfungsi dengan cara yang sama seperti kartu kredit biasa. Ketika saatnya membayar online, Anda cukup memasukkan informasi VCC Anda dan melanjutkan pembayaran seperti biasa.

Kartu virtual Anda akan memiliki semua informasi yang diperlukan seperti:

  • Nomor kartu
  • Tanggal asal
  • Tanggal habis tempo
  • Kode keamanan
  • Dan itu akan muncul ke penjual sebagai data kartu kredit standar.

Uang tunai Anda akan diambil dari sumber pendanaan yang Anda pilih (rekening bank utama perusahaan), dan transaksi akan ditampilkan pada laporan mutasi bank Anda. Perbedaannya adalah bahwa nomor tersebut umumnya hanya berlaku untuk transaksi itu, dan ini mencegah situs web menyimpan atau mengingat informasi akun Anda.