Di era digital seperti saat ini, banyak orang beralih dari transaksi tunai ke transaksi digital untuk mempermudah bisnisnya, salah satunya dengan menggunakan VA atau Virtual Account. Namun, ternyata masih banyak yang memahami dengan tepat apa itu Virtual Account?

Terlebih, menurut Bank Indonesia (2021) menyatakan bahwa pengguna Virtual Account di Indonesia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan industri fintech. Pada 2020, terdapat sekitar 63 juta rekening virtual, meningkat sebesar 39% dibandingkan tahun sebelumnya.

Nah, sebenarnya apa itu Virtual Account? Kenapa menjadi solusi transaksi digital yang semakin populer dan praktis bagi banyak orang? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Kenali Nomor VA dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa Itu Virtual Account?

Secara singkat, Virtual Account merupakan salah satu metode pembayaran otomatis dengan menggunakan akun yang dibuat khusus untuk pelanggan. VA ini berupa akun/rekening bank virtual dengan format angka yang unik.

Sebagai pelaku bisnis, penggunaan VA akan mempermudah proses transaksi dan pembayaran dengan pelanggan secara otomatis, efisien, dan aman. Selain itu, juga dapat membantu mengurangi risiko human error dalam proses pembayaran dan meningkatkan akurasi pencatatan transaksi keuangan.

Di Indonesia, sudah banyak bank yang menawarkan layanan ini, antara lain Bank Mandiri dengan Mandiri VA, BCA dengan BCA VA, BRI dengan BRIVA, CIMB Niaga dengan CIMB Niaga VA, dan lain-lain.

Untuk bisnis, kamu sudah bisa menggunakan VA dan berbagai opsi pembayaran digital lainnya hingga kartu kredit sekali pun di Paper.id, lho! Pelajari selengkapnya dengan klik banner di bawah ini.

Jangan lupa, daftarkan bisnismu untuk bisa nikmati mudahnya kelola invoice, pembayaran, dan akuntansi dasar dengan Paper.id!

Manfaat Virtual Account untuk Bisnis

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan, antara lain:

  • Dengan metode pembayaran ini, transaksi dapat dilakukan secara fleksibel, dimana dan kapan saja. Cukup dengan memasukkan nomor VA di m-banking, transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
  • Layanan VA dapat melayani berbagai jenis transaksi dan terus mengembangkan fitur inovatif agar pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Layanan VA dapat digunakan untuk pembayaran di marketplace dan tagihan seperti listrik atau air.
  • Tidak perlu melakukan konfirmasi secara manual lagi. Dengan metode pembayaran ini, kamu tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual, karena setiap VA akan secara otomatis terverifikasi dan teridentifikasi oleh bank.

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?

Secara umum, berikut ini tahapan cara kerja Virtual Account:

  1. Akun VA akan terpasang di salah satu aplikasi dari provider VA itu sendiri, kemudian akan diberikan kode pembayaran unik. 
  2. Para pengguna bisa membuka aplikasi m-banking, lalu mencari informasi opsi pembayaran yang menerima VA. 
  3. Kode pembayaran yang didapat bisa disalin kemudian dimasukkan ke dalam proses pembayaran transaksi via VA. 
  4. Pembayaran yang telah masuk akan diproses kemudian akan terkonfirmasi secara otomatis dalam beberapa menit.

Cara Membayar Transaksi Melalui Virtual Account

Membayar transaksi melalui VA terbilang mudah. Prinsip kerjanya hampir sama dengan bank transfer pada umumnya. Sebagai contoh, berikut adalah cara membayar transaksi melalui VA dari BRI.

  • Salin kode nomor VA dari marketplace atau transaksi lainnya
  • Buka aplikasi M-banking. 
  • Login ke Aplikasi Mobile Banking BRI
  • Pilih Menu BRIVA
  • Klik Pembayaran Baru 
  • Masukkan Nomor VA dari BRI yang telah didapatkan
  • Klik Bayar
  • Selamat pembayaran kamu berhasil.

Virtual Account vs Rekening Biasa

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Bank
Perbedaan VA dengan Transfer Bank (Photo by Xendit)

Berikut ini adalah perbedaan antara Virtual Account dan Rekening biasa:

  • VA adalah rekening bank yang dibuat secara virtual, sedangkan rekening biasa adalah rekening bank yang dibuka dengan cara konvensional.
  • VA hanya dapat digunakan untuk tujuan transaksi tertentu, sedangkan rekening biasa dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi dan keperluan.
  • Virtual Account dapat dibuat dan dioperasikan dengan cepat dan mudah, sedangkan membuka rekening biasa membutuhkan proses administrasi dan persyaratan tertentu.
  • VA tidak memerlukan minimum saldo untuk membuka atau mempertahankan rekening, sedangkan rekening biasa biasanya memiliki persyaratan minimum saldo untuk dipertahankan.
  • VA umumnya digunakan untuk transaksi online, sedangkan rekening biasa lebih sering digunakan untuk transaksi offline atau di tempat fisik.
  • Pengguna VA umumnya adalah individu atau usaha kecil, sedangkan rekening biasa umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang lebih besar.

Baca juga: 5 Cara Bayar Transaksi Menggunakan VA BCA

Nah, demikian mengenai apa itu Virtual Account dan alasan kenapa salah satu metode pembayaran tersebut sangat populer di Indonesia. Pasalnya, metode pembayaran ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam melakukan transaksi, serta dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran.

Mau menggunakan Virtual Account sebagai metode pembayaran digital untuk bisnismu? Tenang saja, Paper.id siap membantumu! Pelanggan bisa bayar pakai VA sehingga transaksi jadi lebih mudah dan bisnis lebih untung dengan cepat.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan urusan pembayaran yang bisa memperlambat pertumbuhan bisnismu. Ayo gunakan Paper.id sekarang dan nikmati kemudahan serta efisiensi dalam transaksi pembayaran digital. Ayo daftar sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Alfian Dimas