Seiring perkembangan teknologi, kini metode pembayaran juga semakin beragam dengan menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi, salah satunya menggunakan nomor Virtual Account atau VA. Apa sih Nomor Virtual Account? Lalu, apa manfaatnya untuk bisnis?

Nomor Virtual Account adalah nomor unik yang digunakan untuk melakukan pembayaran secara online. Nomor ini dikeluarkan oleh bank atau penyedia jasa pembayaran online untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran. 

Setiap nomor ini tidak berupa nomor rekening fisik seperti pada umumnya, melainkan nomor virtual. Nomor ini memiliki kode unik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan dibuat khusus untuk tujuan pembayaran, sehingga transaksi dapat dicatat dengan mudah pada sistem pembayaran.

Baca juga: Apa itu Virtual Account: Solusi Praktis Transaksi Digital!

Manfaat Virtual Account untuk Bisnis

Cara Kerja Virtual Account
Cara Kerja Virtual Account (Photo by Decentro)

Virtual Account memungkinkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk melakukan transaksi secara elektronik tanpa perlu memberikan nomor rekening utama kepada pelanggan atau klien. Nah, berikut beberapa manfaat penggunaan Virtual Account untuk bisnis, diantaranya:

  • Pengelolaan Keuangan 80% Jadi Lebih Efisien

Dengan menggunakan Virtual Account, kamu dapat mengotomatiskan proses transaksi, termasuk pemrosesan dan pencatatan pembayaran. Hal ini akan meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan dan memungkinkan bisnis untuk mengurangi biaya administrasi.

Sebagai contoh, kamu yang memiliki banyak pelanggan dapat menggunakan Virtual Account untuk mempermudah proses pembayaran. Setiap pelanggan akan memiliki nomor virtual account yang berbeda dan unik sesuai akun masing-masing.

Ketika pelanggan melakukan pembayaran melalui virtual account, sistem akan secara otomatis mencatat transaksi dan menghubungkannya dengan akun pelanggan yang bersangkutan. Dengan demikian, kamu bisa langsung melacak pembayaran dengan lebih mudah dan akurat dibandingkan secara manual.

Selain itu, kamu juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia dalam proses pencatatan transaksi, sehingga meningkatkan akurasi dan keandalan informasi keuangan bisnis yang sedang kamu jalani.

Dalam prakteknya, keakuratan Virtual Account dalam menerima dan mengenali pembayaran dapat mencapai lebih dari 99%. Namun, jika terdapat kesalahan pada nomor yang dimasukkan oleh pelanggan, maka pembayaran tersebut dapat masuk ke rekening yang salah atau bahkan tidak masuk sama sekali.

  • Proses Pembayaran Jadi 3x Lebih Cepat

Virtual Account memungkinkan pembayaran dilakukan secara langsung dan otomatis tanpa perlu konfirmasi manual dari pelanggan. Hal ini memungkinkan pembayaran dapat diproses dalam waktu yang lebih singkat, bahkan dalam hitungan detik.

Misalnya, kamu akan melakukan pembayaran kepada supplier menggunakan virtual account yang sudah diberikan, sistem akan secara otomatis memeriksa nomor identitas kamu dan jumlah pembayaran yang harus dilakukan. Dalam hitungan detik, sistem akan langsung mengenali dan memproses pembayaran tersebut, dan supplier dapat segera mengetahui bahwa pembayaran telah diterima.

Baca juga: Memahami MDR: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Bisnis?

  • Meminimalisir Risiko Penipuan Hingga 100%

Kamu tidak perlu lagi memberikan nomor rekening utama kepada pelanggan karena nomor virtual account hanya berlaku untuk satu transaksi saja. Hal ini dapat mengurangi risiko penipuan atau tindakan kejahatan lainnya yang mungkin terjadi jika nomor rekening utama kamu berikan kepada publik.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan virtual account untuk menerima pembayaran dari pelanggan kamu yang berada di luar negeri. Dengan nomor rekening virtual yang berbeda setiap kali pelanggan membayar, risiko penipuan dapat dikurangi dan keamanan transaksi lebih terjamin.

  • Memperluas Jangkauan Bisnis

Dalam era digital, bisnis tidak lagi terbatas oleh geografis. Virtual Account memungkinkan bisnis kamu bisa menerima pembayaran dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan dari luar negeri dengan biaya lebih rendah dan proses lebih cepat.

Dengan Virtual account, kamu dapat menawarkan opsi pembayaran yang beragam dan fleksibel, memperluas pasar dan meningkatkan volume transaksi internasional.

Virtual Account vs. Bank Transfer

Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Bank
Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Bank (Photo by Xendit)

Metode pembayaran Virtual Account dan Bank Transfer sekilas memang terlihat mirip ketika digunakan untuk bertransaksi. Namun, ternyata kedua metode pembayaran ini memiliki perbedaan.

Berikut perbedaan secara singkat mengenai Virtual Account vs Bank Transfer:

  • Nomor Virtual Account bersifat sementara yang dapat berubah setiap transaksi yang dilakukan, sementara nomor rekening Transfer Bank bersifat tetap atau tidak dapat berubah karena telah ditentukan oleh bank.
  • Nomor Virtual Account hanya diterbitkan oleh bank untuk nasabah yang sudah memiliki rekening bisnis. Sedangkan, Transfer Bank bisa dipakai oleh setiap pemilik rekening aktif, baik rekening bisnis maupun biasa.
  • Virtual Account diverifikasi secara otomatis oleh sistem saat nomor dibuat dan dikaitkan dengan data pengguna. Sementara pada bank transfer, verifikasi dilakukan oleh bank dengan memvalidasi informasi rekening penerima dan pengirim serta memeriksa ketersediaan dana sebelum transfer.
  • Proses verifikasi virtual account lebih cepat dan mudah karena tidak memerlukan proses manual oleh bank atau pihak lainnya. Sementara pada bank transfer,  proses verifikasi sedikit rumit karena pengguna harus memasukkan informasi yang benar dan lengkap seperti nomor rekening, nama penerima, dan kode bank.

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Digital Payment Untuk Bisnis

Sekian pembahasan mengenai Nomor Virtual Account, manfaatnya untuk bisnis, dan perbedaannya dengan Transfer Bank. VA menjadi salah satu solusi pembayaran online yang efisien dan mudah untuk bisnis kamu, termasuk untuk melakukan pembayaran invoice penjualan kamu di Paper.id.

Yuk, dapatkan kemudahan mengelola bisnis bersama Paper.id – aplikasi digital payment dengan beragam pilihan metode pembayaran, salah satunya melalui Virtual Account gratis yang cocok digunakan untuk kamu pelaku bisnis kecil, online seller, professional freelancer hingga retail. Ayo, pakai sekarang!

Muhamad Dika Wahyudi