Dunia bisnis yang semakin kompetitif, kamu harus bisa mengoptimalkan potensi keuntungan, salah satu caranya adalah dengan tukar faktur atau invoice. Ini menjadi langkah cerdas kamu untuk meningkatkan cash flow bisnis kamu. Memang, gimana caranya?

Sedikit mengulas kembali, istilah tukar faktur artinya menerima invoice pembelian dari supplier atas pembelian yang kamu lakukan. Setelah itu, invoice akan diproses untuk dilakukannya pembayaran.

Nah, dalam prosesnya, tukar invoice berkaitan dengan banyak faktor, seperti jam penerimaan, pengadaan barang, dan lain sebagainya sesuai kebijakan yang diberlakukan masing-masing perusahaan.

Kebijakan tersebut tentunya dibuat agar pembayaran bisa teratur dan cash flow bisnis kamu tetap lancar. Oleh karena itu, berikut ada cara memanfaatkan tukar faktur dengan maksimal agar bisnis kamu jadi lebih untung. Simak penjelasannya di bawah, ya!

Pilih Supplier Tukar Faktur yang Tepat

Cara Memilih Supplier yang Tepat
Cara Memilih Supplier yang Tepat (Photo by Dewaweb)

Cari supplier atau mitra bisnis yang memiliki kebutuhan yang sejalan atau yang beroperasi dalam industri yang sama atau terkait dengan bisnis kamu. Jadi, kamu tentukan nih, kamu butuh bahan baku atau produk/layanan seperti apa?

Dengan begitu, kamu bisa memastikan keberlanjutan operasional bisnis kamu. Sebab, permintaan kamu akan terpenuhi secara konsisten dan tepat waktu. Selain itu, kamu bisa memastikan juga kualitas produk atau layanan yang kamu terima.

Baca juga: Mengenal Invoice Penagihan atau Penjualan Untuk Bisnis

Jalin Hubungan yang Baik dengan Supplier

Tukar faktur bukan hanya sekadar transaksi bisnis, tetapi juga tentang membangun hubungan yang kuat dengan supplier mitra bisnis. Coba jalin komunikasi yang baik, berikan pelayanan bagus, dan tetap profesional.

Hal tersebut tentu akan membuat mitra bisnis kamu memahami kebutuhan dan tantangan kamu, termasuk dalam menyesuaikan pertukaran faktur, seperti dalam hal jadwal, volume, atau jenis atau layanan yang ditukar.

Manfaatkan Diskon dan Keuntungan Lainnya

Tukar invoice juga bisa memberikan kamu manfaat tambahan, lho! Seperti diskon atau kesempatan mendapatkan produk atau layanan dengan harga lebih rendah. Selain itu, jangan lupa manfaatkan juga program loyalitas atau insentif lainnya yang ditawarkan supplier atau mitra bisnis kamu.

Jadi, lebih untung, kan? Selain itu, kamu juga bisa nih meningkatkan daya saing bisnis kamu. Pasalnya, kamu bisa menawarkan harga yang lebih kompetitif kepada pelanggan kamu, karena memperoleh produk atau layanan dengan biaya yang lebih rendah dari supplier kamu.

Gunakan Platform Tukar Faktur Digital

Agar tukar faktur lebih efektif, kamu bisa gunakan platform invoice online. Platform ini memungkinkan kamu lebih mudah dalam mengelola transaksi hingga memantau cash flow bisnis kamu secara real-time.

Baca juga: Mengenal Invoice Penagihan atau Penjualan Untuk Bisnis

Nah, demikianlah beberapa cara memaksimalkan tukar faktur agar bisnis kamu lebih untung. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, tentunya kamu bisa mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

Solusi yang tepat agar tukar faktur jadi lebih efektif adalah dengan menggunakan Paper.id. Kamu bisa buat, kirim, hingga kelola invoice lebih praktis dengan mengirim kapan saja dan di mana saja. 

Yuk, daftarkan segera bisnismu sekarang juga dan nikmati segala kemudahan yang ditawarkan Paper.id dengan klik tombol di bawah ini. Gratis, Bro and Sist!

Muhamad Dika Wahyudi