Tren Lidah Mertua Jadi Usaha Sampingan, Apakah Masih Populer di 2021

Siapa sangka, sebuah tanaman dengan nama latin Sansivera atau yang akrab dikenal dengan sebutan lidah mertua ternyata bisa membawa rejeki bagi banyak orang di saat pandemi? Ya, kita akan membicarakan soal tanaman yang sedang digemari banyak orang saat ini.

Lidah mertua menjadi salah satu jenis tanaman yang membawa keuntungan. Banyak orang mulai melirik bisnis sampingan untuk merawat tanaman tersebut karena bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Di tahun 2020, tanaman lidah mertua digemari banyak orang dan mampu membawa cuan bagi yang menjualnya. Dilansir dari Kontan.co.id, seorang penjual bernama Wahyu mengalami peningkatan keuntungan selama pandemi sebanyak 25%. Selain Wahyu, masih banyak orang lainnya yang juga mengalami hal yang serupa. Lantas, apa yang menyebabkan lidah mertua populer?

Baca juga: Mau bisnis kuliner cuan dan tahan lama, terapkan swot analysis ini!

Kepopuleran lidah mertua dikala pandemi corona

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang lebih memilih untuk beraktivitas di dalam rumah guna menghindari resiko penularan virus. Tak pelak, banyak bermunculan hobi-hobi baru, termasuk merawat tanaman.

Tanaman lidah mertua menjadi salah satu jenis tanaman yang booming di tahun 2020. Beberapa jenis tanamannya adalah:

  • Lidah Mertua Sarang Burung
    Tanaman ini relatif kecil dan membentuk daun seperti cangkir.
  • Lidah Mertua Silinder atau Sansevieria Cylindrica
    Berbeda dengan sarang burung, tanaman ini memiliki daun yang besar dan juga berpotensi dapat tumbuh dengan daun yang banyak.
  • Laurentii Sansevieria
    Tanaman ini juga merupakan tanaman Lidah Mertua yang populer dan terkenal dan banyak kita temui dengan ciri yaitu pada bagian tengah berwarna hijau dan berwarna kuning pada pinggirannya.

Tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti, pembersih udara alami dan pemasok oksigen yang berlimpah, mampu menyerap radiasi dan bau, antiseptik, tanaman anti kanker, dan sebagainya. Dengan beragam manfaat yang memiliki efek positif baik bagi kesehatan dan lingkungan membuat tanaman ini menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman.

Bukan hanya itu, masyarakat umum juga mencari tanaman ini, untuk keperluan kesehatan dan juga kebersihan udara. Tentunya, hal ini membuat para pelaku usaha berminat untuk menjualnya. Di tahun 2020, lidah mertua sukses membawa rejeki bagi sebagian orang yang memutuskan untuk menjualnya. Lantas, bagaimana tanaman ini di tahun 2021?

Lidah mertua diprediksi akan tetap populer di tahun 2021

Dilansir dari Kompas, perusahaan penjualan tanaman hias dan bunga, Flower Card melakukan riset terkait peluang lidah mertua di tahun 2021. Riset dilakukan berdasarkan kata kunci yang dicari oleh banyak orang melalui kolom pencarian Google. Hasilnya, tanaman ini diprediksi tetap akan populer di tahun 2021.

Alasannya, tanaman ini termasuk sebagai salah satu jenis tanaman yang memang disukai banyak orang dalam 10 tahun terakhir. Ditambah dengan manfaatnya yang banyak disertai kondisi pandemi yang belum berakhir, banyak orang akan tetap menggemari sansivera di tahun 2021.

Terakhir, perawatan tanaman ini tergolong mudah bagi pemula. Tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air dan membutuhkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga: Cara implementasi SWOT dalam bisnis kuliner

Jika ingin bisnis tanaman sansivera, apa yang harus saya siapkan?

Jika Anda berminat untuk berbisnis tanaman lidah mertua, tentunya Anda perlu mempersiapkan banyak hal. Pertama, Anda harus mempersiapkan satu tempat khusus untuk merawat tanaman tersebut. Usahakan agar tempat yang ada bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air. Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering. Selain itu rawat daun tanamannya agar terlihat rapi dengan mengguntingnya langsung.

Terakhir, Anda juga membutuhkan alat untuk merawat kesehatan keuangan usaha Anda. Apalah artinya jika Anda bisa menjual banyak tanaman sansivera, tapi arus kas usaha tidak sehat kan?

Untuk itu, Paper.id menyediakan solusi usaha bagi pengusaha kecil. Dengan adanya invoice digital serta pencatatan transaksi otomatis, segala transaksi yang terjadi akan tercatat dan Anda bisa memantau laba Anda secara langsung hanya dari HP! Usaha Anda cuan dan arus kas bebas dari kebangkrutan. Cobain Paper.id sekarang dan daftarkan diri Anda secara GRATIS dengan klik tombol dibawah ini!

(Visited 31 times, 1 visits today)