Mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data bisnis bisa membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa jadi lebih paham secara mendalam tentang operasional perusahaanmu. Namun, dalam melakukan analisis data yang efektif, dibutuhkan tools analisis data yang tepat. 

Dalam hal ini, Microsoft Excel sering digunakan pemilik bisnis sebagai alat untuk menghitung, memvisualisasikan, hingga menganalisis data. Meski begitu, ada alternatif lain yang bisa memudahkan kamu untuk  melakukannya, yakni software analisis bisnis.

Dengan software tersebut, kamu bisa lebih mudah mengoptimalkan pengelolaan data bisnis hingga mengambil keputusan yang informasional. Lalu, apa saja software terbaik yang bisa kamu gunakan?

Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan kali ini hingga selesai ya! 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik Buat Pebisnis

Langkah yang Digunakan untuk Analisis Data Bisnis

Ada beberapa cara  yang sering kali dipakai untuk menghasilkan laporan analisis data yang baik dalam bisnis. Berikut penjelasannya

  • Pengumpulan data: Data yang diperlukan dikumpulkan menggunakan kuesioner, diskusi kelompok, riwayat transaksi dan demografi persona customer atau metode lainnya.
  • Seleksi dan editing: Data mentah yang terkumpul dipilah dan diedit untuk menghilangkan informasi yang tidak relevan.
  • Label: Data yang telah disaring diberi label dengan mengelompokkan berdasarkan variabel tertentu.
  • Penyajian data: Data hasil analisis biasanya disajikan dalam bentuk diagram atau tabel untuk memudahkan pemahaman.

Dalam perkembangannya, banyak perusahaan beralih ke proses yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan software untuk analisis.

Sistem ini memfasilitasi perusahaan dalam mengumpulkan, mengintegrasikan, hingga mengelola bisnis dari berbagai sumber secara efisien.

Lebih jauh lagi, software analisis juga menyediakan alat visualisasi yang canggih, seperti diagram, chart, hingga peta interaktif. Ini bisa kamu gunakan untuk menggambarkan data bisnis secara intuitif.

5 Software Analisis Bisnis Terbaik Saat Ini

Melihat betapa pentingnya analisis data dalam dunia bisnis, menggunakan software analisis juga menjadi kunci bagi perusahaan untuk mengelola data dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat.

Untuk itu berikut 5 software analisis bisnis yang sebagian diambil berdasarkan rekomendasi Forbes Advisor dan Simplilearn.

1. Microsoft Visio

Tools analisis data Visio menyediakan berbagai bentuk, template, serta fitur khusus untuk membantu penggunanya membuat visualisasi yang informatif. Selain itu, Ms. Visio terhubung dengan Microsoft Office lainnya, seperti Excel dan SharePoint.

Hal ini memungkinkan pengguna menghubungkan data dan informasi yang relevan ketika melakukan analisis bisnis. Selain itu, pengguna juga bisa memilih beragam visualisasi yang disediakan, termasuk grafik, ikon, diagram, dan elemen visual lainnya.

Fitur-fitur tersebut akan membantu kamu dalam membuat visualisasi yang mudah dipahami hingga menyampaikan informasi dengan jelas.

Namun sayangnya, provider satu ini tidak bisa kamu dapatkan secara gratis, bahkan harga yang ditawarkan cukup tinggi yaitu sekitar Rp11,9 juta. Selain itu, Visio juga hanya berlaku untuk platform Windows.

2. QlikView

QlikView sangat populer sebagai tools analisis data bisnis karena fitur-fitur unik yang dimilikinya. Salah satu yang menonjol adalah fitur in-memory technology yang  membuat pemrosesan laporan analisis bisnis menjadi lebih cepat.

Dengan QlikView, pengguna bisa memvisualisasikan hubungan setiap data menggunakan warna khusus untuk menunjukkan keterkaitan data. Selain itu, software ini juga bisa mengkompres data hingga 10% dari ukuran aslinya secara otomatis.

Namun, meskipun QlikView memiliki kecepatan dalam proses analisis data, kinerjanya bisa menurun saat digunakan dengan set data yang sangat besar. 

Selain itu, meskipun ada versi cloud dari QlikView, kemampuannya dalam hal cloud computing tidak sekuat beberapa alternatif lainnya, karena opsi cloud yang ditawarkan terbatas. 

3. Sisense

Sisense adalah software untuk menganalisis bisnis yang memiliki kemampuan dalam mengolah teks yang tidak terstruktur, menjadi informasi penting dan terorganisir. Informasi yang dihasilkan pun bisa digunakan dalam bisnis secara efisien.

Platform ini dilengkapi juga dengan Sisense Crowd Accelerated BI, yang menggunakan open source dalam perhitungan statistik. Fitur itu memungkinkan penggunanya untuk melakukan analisis yang mendalam hingga mampu menggambarkan data yang kompleks.

Dengan begitu perusahaan akan terbantu dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan data, serta meningkatkan kemampuan untuk memprediksi tren di masa depan.

Meski Sisense menjadi salah satu software analisis data terbaik, provider ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui. Sisense tidak memiliki fitur laporan terjadwal yang kuat yang memungkinkan pengiriman laporan melalui email.

Hal ini membuat users sulit untuk berbagi laporan di luar platform Sisense. Bahkan banyak pengguna yang mengeluh bahwa mereka tidak bisa membagikan laporan atau dashboard dalam format PDF kepada users di luar sistem Sisense.

4. Zoho Analytics

Zoho Analytics merupakan software yang bisa terhubung dengan berbagai sumber data, termasuk file, feed, aplikasi bisnis populer, hingga database cloud dan lokal.Selain itu, Zoho Analytics juga menawarkan konektor interface yang sederhana. Software ini memiliki kemampuan untuk mengelola dan mempersiapkan data dengan mudah.

Zoho juga dilengkapi dengan berbagai API yang memungkinkan perluasan fungsi dengan mudah. Bahkan, tersedia juga aplikasi mobile untuk platform iOS dan Android.

Meski begitu, Zoho Analytics juga memiliki kekurangannya tersendiri, yaitu tidak bisa melakukan impor kontak dari akun sosial media users. Selain itu, Zoho juga memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup terbatas, yakni hanya 5 GB saja.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website untuk Membantu Bisnis Anda

5. Tableau

Tableau adalah tools analisis data yang membantu untuk proses memvisualisasikan data-data yang kamu miliki. Tool ini cocok untuk segala bisnis. Bahkan, kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa coding karena interface-nya sangat simpel untuk pemula. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop untuk menampilkan data yang diinginkan.

Tentu saja, tools ini juga mampu mengolah data yang besar. Dengan bantuan Tableau, kamu dapat memahami data dengan lebih mudah.

Jika kamu ingin tools yang super simpel, ada pula Paper.id dengan fitur akuntansi sederhananya. Di sini, kamu bisa mengakses laporan keuangan mendasar tanpa perlu ribet memasukkan data manual.

Pasalnya, catatan transaksimu akan langsung diolah oleh Paper.id menjadi catatan dan laporan keuangan yang siap dilihat kapan saja. Untukmu yang tidak memerlukan laporan dan analisis kompleks, platform ini cocok untukmu.

Yuk, pelajari selengkapnya dengan klik button di bawah ini. Jangan lupa juga untuk daftarkan bisnismu ke Paper.id untuk mendapatkan kenikmatan pengiriman invoice dan pembayaran secara digital, ya!

Nadiyah Rahmalia