Sebagai pelaku bisnis, apakah kamu masih ragu untuk terima pembayaran digital dengan kartu kredit? Jika iya, maka kamu mungkin akan kehilangan banyak peluang dan keuntungan bagi bisnis kamu. 

Terima pembayaran dengan kartu kredit bukan lagi sekedar pilihan, tapi merupakan langkah cerdas yang perlu diambil oleh setiap pelaku bisnis yang ingin menumbuh dan kembangkan usahanya di era digital saat ini.

Menurut survei Nilson Report 2020, transaksi kartu kredit global mencapai USD 45,2 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat, ini menunjukkan permintaan yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi bisnis yang menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa menerima pembayaran dengan kartu kredit merupakan pilihan yang cerdas untuk bisnis. Simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit Bisnis dan Kartu Kredit Pribadi, Kalian Harus Tahu!

Alasan Menerima Pembayaran dengan Kartu Kredit adalah Pilihan Cerdas

Berikut beberapa alasan mengapa menerima pembayaran dengan kartu kredit merupakan pilihan yang cerdas untuk bisnis:

Meningkatkan Kemudahan dan Kepuasan Pelanggan

Pelanggan cenderung memilih bisnis yang memberikan pilihan pembayaran yang fleksibel dan mudah digunakan, seperti kartu kredit. Menerima pembayaran dengan kartu kredit dapat meningkatkan kemudahan dan kepuasan pelanggan dalam bertransaksi.

Sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Visa pada 2019 yang menunjukkan bahwa 78% konsumen di Asia Tenggara menganggap bahwa pembayaran dengan kartu kredit lebih mudah dan nyaman dibandingkan pembayaran dengan uang tunai atau cek.

Baca juga: Menggali Lebih Dalam Manfaat Pembayaran Bisnis Menggunakan Kartu Kredit

Memperluas Basis Pelanggan Hingga Ke Luar Negeri

Walaupun penetrasi kartu kredit personal dan kartu kredit bisnis di Indonesia relatif rendah, kartu kredit sangat populer terutama di banyak negara dengan daya beli yang lebih tinggi. Misalnya Singapura, negara dengan julukan Negeri Singa itu memiliki tingkat penetrasi kartu kredit sebesar 85%.

Oleh karena itu, jika kamu menerima pembayaran dengan kartu kredit, kamu dapat dengan mudah memperluas basis pelanggan bisnis online kamu di luar Indonesia, dan mulai menjual ke pelanggan di seluruh dunia.

Meningkatkan Keamanan Transaksi dari Kecurangan

Saat ini, penerbit kartu kredit memiliki sistem yang canggih untuk mendeteksi aktivitas kecurangan, sehingga pelanggan dan kamu sebagai penerima pembayaran dengan kartu kredit memiliki perlindungan dari kecurangan, termasuk penipuan dan pencurian identitas.

Penerbit kartu kredit harus mematuhi standar keamanan data PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), yang merupakan standar internasional yang dirancang untuk melindungi data pembayaran pelanggan.

Selain itu, pembayaran dengan kartu kredit juga memerlukan verifikasi identitas pelanggan melalui kode CVV dan/atau kode pos. Hal ini membantu memastikan bahwa pembayaran dilakukan oleh orang yang sah.

Mempercepat Arus Kas Bisnis

Berdasarkan studi dari Visa pada 2020, bisnis yang menerima pembayaran dengan kartu kredit mengalami peningkatan penjualan rata-rata 30%. Dengan peningkatan tersebut, bisnis dapat mempercepat arus kas dan meningkatkan pendapatan secara keseluruhan.

Selain itu, dengan pembayaran kartu kredit juga, kamu tidak perlu menunggu pembayaran yang tertunda dari buyer atau risiko gagal bayar. Bisnis kamu akan menerima dana segera setelah transaksi selesai dan dipastikan bahwa kas kamu terus berjalan lancar.

Baca juga: Membuat Kartu Kredit, Bisnis Jadi Untung Atau Buntung?

Apalagi, kalau bayarnya dengan kartu kredit bisnis dengan manfaat eksklusif seperti PAPERCARD!

Kartu kredit bisnis ini merupakan yang pertama di Indonesia yang menggabungkan benefit personal dan bisnis jadi satu.

Bukan hanya bisa menikmati limit yang lebih panjang hingga 55 hari, biaya transaksinya pun lebih rendah, yaitu 1,5%. Bahkan, ada pula cashback 0,1% tanpa batas di setiap pembayaran invoice di Paper.id, sehingga biaya transaksi di Paper.id yang tadinya 1,5% makin murah, yaitu hanya 1,4%! Rendah, bukan? Eits, bukan itu saja. Ada berbagai diskon dari beragam merchant untuk keperluan bisnismu khusus dengan PAPERCARD. Transaksi PAPERCARD juga terkonversi dengan GarudaMiles setiap kelipatan Rp100.000 (Rp8.333 per miles).

Tenang, semua transaksi dengan kartu kredit ini akan bisa kamu kelola dan pisah dengan mudah menggunakan fitur business expense management yang sudah otomatis terintegrasi di Paper.id, sehingga pembukuan dan pelaporan pajakmu jadi lebih simpel lagi.

Yuk, #SwipeUpYourLife agar bisnis up, life juga makin up! Jika tertarik, kontak langsung di WhatsApp ke nomor tim customer success Paper.id di +62 852 1952 6186.

Muhamad Dika Wahyudi