Dampak Penerapan Blockchain Pada Transparansi Supply Chain

Blockchain telah memberikan banyak manfaat bagi setiap proses bisnis. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang mampu untuk memperluas beragam akses keuangan, sehingga dapat menjadi efisien karena tidak adanya batas terhadap tempat dan juga waktu pada setiap operasinya.

Untuk dapat lebih memahami teknologi Blockchain, Anda harus memahami dulu pengertian dari teknologi ini.

Blockchain adalah tipe database baru yang hanya bisa ditambahkan, tidak bisa diedit, artinya, tipe database seperti ini sangat bermanfaat dipakai dalam suatu industri yang memiliki banyak pihak yang terlibat, namun tetap harus saling berkolaborasi untuk suatu tujuan penyelesaian pekerjaan. 

Baca juga: Peran penting divisi account payable dan procurement dalam alur supply chain

Teknologi ini juga disebut sebagai sebuah sistem buku besar yang menyimpan catatan setiap transaksi yang terjadi dalam bentuk jaringan database terdesentralisasi. Setiap data transaksi yang terjadi dicatat dalam sebuah entitas block yang sudah ada sebelumnya seperti rantai atau chain.

Supply chain adalah sebuah sistem organisasi yang didalamnya terdapat peran penting untuk melakukan berbagai kegiatan yang meliputi informasi, dana dan sumber daya lainnya yang saling terkait dalam pergerakan suatu produk atau jasa dari pemasok ke pelanggan. 

Adapun dampak penerapan blockchain pada transparansi 

Transparansi Untuk Customer

Dengan teknologi blockchain, pelanggan dapat melihat setiap bagian dari perjalanan produk mereka sebelum tiba di tangan mereka. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh perusahaan startup asal Swiss, SeeHow, 74% pelanggan lebih memilih untuk membeli produk yang jelas, dimana mereka tahu kualitas bahan serta darimana bahan tersebut berasal.

Hal ini bersifat penting, mengingat akses informasi yang semakin dipermudah berkat kemajuan teknologi membuat para pelanggan ingin tahu akan produk yang mereka beli/konsumsi. Dengan begitu, mereka dapat memastikan sendiri bahwa produk yang mereka beli itu aman untuk mereka.

Keamanan Yang Semakin Meningkat

Dengan teknologi blockchain, maka akan lebih mudah dalam identifikasi jika terjadi kecurangan pada salah satu proses rantai pasok

Blockchain memberikan transparansi yang lebih baik karena pada teknologi ini yang bersifat immutable (tak bisa diubah). Jika Anda menggunakan teknologi ini seperti melakukan transaksi melalui public address maka Anda bisa dilihat oleh semua orang melalui sebuah explorer dan public addres.

Baca juga: Bagaimana supply chain management dapat membantu interkoneksi antar jenis bisnis

Anda juga bisa melihat berapa jumlah akun dari seseorang dan ke mana saja ia mengirim uangnya.  Tingkat transparansi seperti ini tidak pernah ada di sistem keuangan manapun sebelumnya. Hal ini bisa menambahkan tingkat akuntabilitas yang belum pernah ada sebelumnya.

Dari segi pemanfaatan, blockchain memiliki akuntabilitas yang baik. Teknologi blockchain dapat merevolusi sektor keuangan dan banyak industri serta dunia bisnis di Indonesia menjadi lebih transparan. Revolusi blockchain akan mempermudah transaksi antara seluruh lapisan masyarakat sampai pelaku UMKM.

Teknologi blockchain dapat membawa dampak positif bagi banyak hal terutama bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Akses terhadap data yang terhubung dan terbuka akan sangat penting untuk mengambil keputusan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bagi sektor usaha dan mendukung pemerintah untuk menentukan kebijakan yang tepat sasaran.

(Visited 68 times, 1 visits today)