Bagi para pengusaha atau pebisnis, mengelola sebuah invoice merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi bagian dari rutinitasnya sehari-hari. 

Invoice atau bisa disebut juga dengan faktur merupakan sebuah dokumen yang penting untuk bisnis, didalamnya terdapat informasi seperti nama, jumlah barang, harga yang dikeluarkan, hingga tanda tangan. 

Biasanya pembuatan invoice itu sendiri dibuat dalam tiga rangkap, dan masing-masing dipegang oleh pembeli, penjual, serta satu lagi masuk kedalam bagian laporan keuangan. 

Selain dalam pembuatan invoice juga, kalian sebagai pebisnis perlu memperhatikan pengelolaan management invoice itu sendiri. Terkadang Invoice yang begitu banyak membuat kita pusing dalam mencari invoice yang lama ketika dibutuhkan kembali. 

Baca Juga: Nomor Invoice, Elemen Penting Dalam Invoice Yang Tidak Boleh Terlupakan!

Mengapa Invoice Rapi Penting Untuk Bisnis?

Pada tahun 2019 Billentis telah merilis survey tersebut dalam sebuah laporan yang berjudul “The E-invoicing Journey 2019-2025”. 

Pada laporan independen tersebut, kalian akan mendapatkan seluruh informasi seputar perkembangan e-invoicing, e-billing, hingga memberikan banyak insight seputar trends, analisis, statistik, hingga best practice. 

Ada beberapa point yang bisa kalian dapatkan seperti berikut : 

  • Pada tahun 2019, total invoice serta dokumen tagihan akan menyentuh angka 550 M. 
  • Industri yang memberikan total invoice terbesar terdapat di industri swasta, kemudian disusul ke public industri
  • Teknologi pemrosesan invoice secara digital akan menjadi terobosan terbaru dan akan mengubah cara kerja model lama ke model yang baru. 

Selain itu juga, Billentis menyebutkan saat ini total transaksi invoice yang dilakukan di seluruh dunia menyentuh angka 500 M pada tahun 2019. 

Dan dari sana mendapatkan sebuah gambaran bahwa hampir 70 faktur telah dipertukarkan selama satu tahun untuk satu orang di seluruh dunia. 

Dengan pertumbuhan organik sebesar 3% dan meningkatknya jumlah penggunaan invoice juga menyebabkan total volume faktur akan dua kali lipat lebih besar pada tahun 2035. 

Manajemen invoice sendiri merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan, apalagi dalam pembuatan serta pengiriman invoice kepada client. Dalam manajemen invoice sendiri mempengaruhi profitabilitas suatu bisnis juga. Nah oleh karena itu diperlukan otomisasi manajemen invoice didalamnya.

Dalam otomisasi invoice memudahkan kalian dalam pemrosesan invoice, mulai dari pembuatan, pengiriman hingga pembayaran invoice. Dalam manajemen faktur akan membantu bisnis kalian dalam mendapatkan keuntungan yang banyak. 

Aplikasi invoice online dari Paper.id bisa membantu kalian dalam manajemen invoice itu sendiri, mulai dari pembuatan, pengiriman, hingga terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital. 

Dalam manajemen invoice sendiri terdapat beberapa hal sebagai berikut: 

  • menerima tagihan dari vendor untuk persediaan/jasa yang dipesan
  • memvalidasi keabsahan tagihan
  • memproses pembayaran pada waktu yang tepat
  • mencatat pembayaran dalam catatan perusahaan.

Baca Juga: 8 Langkah Membuat Invoice untuk Pelanggan

Metode Pemrosesan Invoice Secara Tradisional

Kebanyakan perusahaan pasti memiliki sebuah departemen yang mengelola invoice. Baik itu satu atau dua karyawan pastinya akan mengelola invoice dan menjalankan semua tugas dalam alur manajemen invoce tersebut. 

Meskipun proses kerja alur invoice itu sederhana, akan tetapi terdapat beberapa kerumitan didalamnya seperti berikut : 

  • Pendaftaran vendor
  • Validasi data vendor
  • Pembaruan catatan vendor
  • Pengumpulan formulir pajak
  • Penyaringan sanksi
  • Dukungan untuk berbagai metode pembayaran
  • Konversi mata uang
  • Rekonsiliasi pembayaran
  • pelaporan pajak 

Dalam manajemen invoice secara manual, terdapat beberapa hal negatif yang sering ditemui seperti berikut: 

  • Denda Keterlambatan Invoice
  • Kesalahan input invoice
  • Kurang Effisiensi

Berbagai survei yang dilakukan oleh berbagai organisasi telah menunjukkan hambatan yang ditemukan oleh profesional AP dalam proses pengelolaan faktur seperti gambar dibawah ini yang diambil datanya dari nanonets.com. 

Selain itu juga untuk mempermudah pemrosesan invoice kalian bisa mengotomatiskan proses pemrosesan faktur telah menjadi solusi logis untuk masalah manajemen faktur manual.

Survei pada tahun 2021 tentang Bagaimana Automation invoice digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan invocie, berikut alasan mengapa perusahaan ingin mengotomisasi proses manajemen invoice.

Nah untuk mempermudah dalam pembuatan invoice, pengiriman, kalian bisa menggunakan aplikasi invoice online dari Paper.id 

Paper.id merupakan platform penagihan & pembayaran antar bisnis yang dapat digunakan oleh UMKM hingga perusahaan besar. Fitur yang tersedia didalamnya pun beragam, mulai dari pembuatan invoice, pengiriman hingga penyediaan metode pembayaran digital. 

Yuk pakai Paper.id Sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!