Zaman sekarang, pebisnis kian dimudahkan dengan kehadiran invoice online yang dapat dibuat lewat invoice generator. Alasannya, karena invoice generator bisa diakses dengan gratis & bisa langsung diunduh secara langsung.

Mendengar kata gratis, banyak orang ingin menggunakannya, terutama UMKM. Dengan begitu, mereka bisa terlihat profesional saat mengirimkan invoice ke supplier/customer mereka.

Di balik gratis dan kemudahannya, ada bahaya yang menantimu jika kamu tetap menggunakannya. Berikut 3 bahaya yang perlu kamu ketahui soal invoice generator.

Baca juga: 7 manfaat menggunakan invoice online untuk bisnismu

Miskomunikasi dengan customer/supplier karena keterbatasan template invoice

Rata-rata, website invoice generator hanya menyediakan 1-2 template invoice yang tersedia untuk invoice online. Tidak semua pebisnis bisa menggunakan template yang sama untuk membuat invoice, seperti yang dilihat lewat gambar di bawah ini.

 

template invoice generator gratis
template invoice generator gratis

Lewat contoh di atas, pebisnis hanya bisa memasukkan jumlah barang yang dibeli, nomor dan tanggal invoice serta jumlah total yang harus dibayar. Padahal, ada beberapa info khusus yang biasanya disertakan, seperti nomor rekening, cara bayar, informasi pengiriman barang dan sebagainya.

Dengan minimnya bagian-bagian yang tidak ada malah bisa menyusahkan pelaku usaha dalam memberi tahu informasi ke supplier/customer. Yang berujung pada miskomunikasi atau malah proses pembayaran jadi telat.

Data terancam di-hack

Rata-rata, invoice generator mengharuskan kamu daftar atau login dengan email yang kamu gunakan. Dengan begitu, informasi data diri dari email yang terhubung tersebut akan tersimpan di dalam server invoice generator.

Apalagi, invoice generator diasuh oleh pihak yang tidak resmi atau tidak mengantongi izin resmi. Tentunya, tidak ada jaminan kalau data kamu aman di tangan mereka. Ancamannya ada banyak, mulai dari keamanan data yang bisa dibocorkan seenaknya serta ancaman phising dimana, nomor kartu kredit atau informasi pribadimu diperjualbelikan di internet.

Invoice tidak tercatat otomatis & hanya bisa digunakan dari laptop

Invoice generator hanya berfungsi untuk membuat invoice saja. Data yang ada pada invoicemu perlu direkap ulang agar masuk kedalam rekap transaksi harian/mingguan/bulanan.

Ini tidak efisien, karena kamu harus kerja 2 kali dan hanya buang-buang waktu saja. Selain itu, invoice generator hanya bisa digunakan dari laptop saja & tidak bisa dari HP. Akan sangat menyebalkan, ketika kamu sedang tidak di depan laptop tapi harus membuat invoice kan?

Dengan membaca penjelasan di atas, kamu harus berpikir ulang jika ingin menggunakan invoice generator. Untuk menggantinya, ada solusi terbaik untuk membantumu membuat invoice secara digital yang aman & datanya tercatat secara otomatis, yaitu Paper.id.

Baca juga: Cara menggunakan invoice online di Paper.id

Beralihlah ke aplikasi invoice terpercaya, Paper.id!

Paper.id adalah aplikasi invoice & pembayaran yang bisa kamu gunakan dari HP & laptop secara gratis! Kamu dapat membuat invoice dengan 7 pilihan template yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Urusan buat invoice jadi jauh lebih cepat.

invoice online paper.id
invoice online paper.id

Urusan keamanan, invoicemu dikelola sesuai dengan standar keamanan yang berlaku (ISO27001) serta invoicemu akan tercatat secara otomatis. Sehingga tidak perlu kerja 2 kali untuk mencatat invoice-nya. Selain itu, kamu juga bisa membubuhkan e-meterai asli langsung ke invoice.

Yang paling penting, invoicemu terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, OVO, Tokopedia, Shopee, Blibli, Virtual Account, dan sebagainya. Bayar invoice supplier jadi jauh lebih mudah. Klik tombol di bawah untuk daftar gratis sekarang!