Cara Membuat invoice di Excel – Masih banyak para pelaku usaha atau pemilik bisnis yang bingung bagaimana cara buat invoice dan dimana? Hingga kebanyakan dari mereka masih membuat invoice manual dengan cara nulis. 

Nah saat ini, buat invoice itu bisa menggunakan Microsoft Excel. Lalu bagaimana caranya? Nah beriku cara membuat invoice di excel mudah.

Baca Juga: 5 Langkah Cara Membuat Invoice Dengan Mudah & Cepat, Pebisnis Wajib Tahu!

Cara Membuat Invoice dari Template Microsoft Excel

Membuat invoice dari template excel sangatlah mudah dan prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya tuh memakan waktu hingga 30 menit. Tapi sebelum itu kalian harus tahu, ada cara yang lebih cepat dalam membuat invoice selain menggunakan excel dan hanya memerlukan waktu 5 menit saja loh. 

Nah kalian bisa menggunakan Paper.id, dengan itu kalian bisa membuat invoice cepat dan mudah hanya 5 menit. Selain itu tersedia berbagai macam template invoice professional yang bisa digunakan.

Pertama kalian bisa menggunakan template Microsoft Excel, template biasanya ada dengan instruksi dan memandu kalian dengan apa yang perlu disertakan di setiap bagian dokumen. Selain itu juga dengan template, kalian bisa dengan mudah mempersonalisasi template dokumen invoicenya dengan warna merk, logo, hingga font. 

Berikut ini cara membuat faktur dari template excel: 

  • Buka Microsoft Excel

Langkah pertama tentunya adalah dengan membuka microsoft excel yang sudah terinstal di dalam komputer atau laptop kalian. Setelah itu kalian bisa pilih File > New > Klik New From Template. Dari sana kalian bisa memilih template sesuai dengan keinginan kalian. 

  • Ketik Invoice di Kolom Search

Setelah itu kalian bisa mencari template yang dicari dengan cara mencarinya di kolom search. Posisinya di pojok kanan atas, lalu ketikkan kata invoice. Nanti semua template yang berhubungan dengan invoice akan muncul. 

  • Edit dan Sesuaikan Template Invoice Yang Diinginkan

Setelah kalian memilih templatenya, kalian bisa mengklik sekali atau dua kali ke template yang diinginkan. 

Sebelum mengedit template, pastikan bahwa template tersebut sesuai dengan kebutuhan kalian. Template Faktur sendiri harus memenuhi beberapa unsur seperti berikut: 

  • Kata “Faktur” atau “Invoice” pada bagian header. 
  • Nama perusahaan dan informasi kontaknya
  • Nama klien dan detail kontrak
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Tanggal penerbitan faktur 
  • Nomor faktur
  • Daftar rinci produk dan deskripsi singkat
  • Syarat pembayaran
  • Pajak atau diskon
  • Jumlah yang harus dibayar

Nah setelah semua unsur tersebut telah terpenuhi, kalian bisa mempersonalisasikan atau mengedit template invoice ini sesuai dengan apa yang kalian mau. 

  • Simpan dan Kirim Invoice 

Terakhir, ketika kalian sudah mengedit template invoice dengan apa yang kalian inginkan, kalian bisa menyimpan faktur nya jika sudah selesai. Klik File > Save as > Pilih Tempat Save > Klik Save. Seperti gambar dibawah ini. 

Kalian bisa save dokumen tersebut dalam bentuk PDF. Setelah kalian menyimpan dokumen tersebut, kalian bisa mengirimkannya kepada pembeli kalian. 

Baca Juga: Apa itu Invoice? Serta Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis?

Cara Membuat Template Invoice Kalian Sendiri di Excel

Nah kalau tadi kita membuat invoice menggunakan template yang tersedia di microsoft excel, kemudian kita bisa personalisasi sesuai dengan keinginan kita. Berikut cara membuat invoice di Microsoft Excel dengan template sendiri. 

  • Buka New Blank Workbook

Untuk membuka new blank workbook kalian bisa tekan File > New. Jika sudah, maka secara otomatis excel akan membuat sebuah spreadsheet kosong.

  • Hapus Gridlines

Kedua, kita bisa menghapus gridlines atau garis kisi memberi kalian lembar yang lebih bersih untuk digunakan, akan tetapi pada tahap ini opsional. 

Untuk melakukannya, buka menu layout, kemudian pada bagian view hapus centang kotak gridlines. 

  • Membuat Header Faktur

Berikut beberapa komponen header faktur diantaranya sebagai berikut:

  1. Kata “Invoice”
  2. Nama Bisnis dan informasi kontak seperti alamat jalan, kita, nomor telepon, dan email. 
  3. Logo Bisnis. 

Setelah itu, kalian bisa masukkan elemen tersebut ke dalam excel seperti contoh berikut.

  • Tambahkan tanggal jatuh tempo pembayaran faktur & nomor faktur

Di sisi kanan tajuk, buat tiga baris yang merinci tanggal penagihan, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan nomor faktur unik.

  • Masukkan informasi kontak klien

Rincian kontak klien termasuk nama klien, alamat jalan, kota, dan nomor telepon. 

Awali bagian ini dengan kata-kata “invoice ke” atau hanya “ke”, lalu isi semua detailnya.

  • Buat daftar layanan dan produk terperinci

Sebuah daftar terperinci dari layanan dan produk meliputi:

  1. Nama dan deskripsi layanan/produk.
  2. Harga per unit
  3. Jumlah yang dibeli
  4. Diskon dan pajak
  5. Subtotal untuk setiap lini produk
  6. Jumlah total

Cara termudah untuk membuat daftar ini adalah dengan menambahkan tabel, dengan kolom dan baris untuk setiap elemen. Lakukan ini dengan membuka Tabel, dan mengklik New.

Kemudian, Anda dapat mempersonalisasi warna tabel dengan skema warna yang Anda inginkan, dengan menggunakan fitur Table Styles di kiri atas menu Tabel yang sama.

Setelah memilih desain, isi tabel dengan detail penjualan yang sesuai. Sekarang, faktur Anda akan terlihat seperti ini:

  • Sertakan syarat pembayaran dan catatan tambahan lainnya

Di bagian bawah invoice, sertakan persyaratan pembayaran Anda dengan catatan singkat “terima kasih”

  • Simpan dan kirim invoice yang sudah Anda buat

Simpan faktur yang sudah selesai sebagai file PDF, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Kemudian kirimkan ke pelanggan Anda dengan metode pilihan, dan akhirnya dapatkan bayaran!

Permudah Pembuatan Invoice Dengan Paper.id 

Membuat invoice dengan menggunakan microsoft excel bisa memakan banyak waktu. Mulai dari membuat dokumen, hingga mencetaknya. 

Untungnya ada solusi akan masalah ini. Di dunia digital saat ini, pembuatan invoice bisa dengan mudah dilakukan melalui aplikasi Paper.id. 

Dengan Paper.id kalian bisa membuat serta mengirim faktur hanya dengan beberapa sentuhan. Selain itu juga Paper.id hadir dengan menyediakan beragam template invoice yang professional. Invoice yang dibuat di Paper.id sudah terekonsiliasi dengan sistem pembayaran digital dari Paper.id

Jadi pebisnis tidak perlu pusing dalam menyediakan metode pembayaran untuk pelanggan. Yuk, pakai Paper.id sekarang juga GRATIS! Dengan klik tombol dibawah ini!