Hidup itu dinamis, begitu juga dengan bisnis yang semakin kompetitif dan berubah dengan cepat, maka dari itu penting bagi kamu sebagai pebisnis untuk menemukan solusi yang tepat agar bisa meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki pengalaman pelanggan. Bagaimana caranya?

Salah satu solusi yang bisa kamu adopsi sebagai pebisnis cerdas adalah dengan menerima pembayaran pakai Virtual Account (VA). Dengan menggabungkan teknologi canggih dan kemudahan penggunaan, VA bisa mengubah cara transaksi hingga memberikan keuntungan yang luar biasa, lho!

Oleh karena itu, berikut beberapa keuntungan jika bisnismu terima pembayaran pakai Virtual Account. Simak selengkapnya di bawah, ya!

Penggunaan Lebih Mudah dan Aman

Virtual Account memungkinkan pelanggan kamu jadi lebih mudah untuk membayar tagihan melalui tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening ,nggak perlu repot, tinggal beberapa kali klik, pembayaran bisa langsung dilakukan dengan lancar.

Selain itu, proses pembayaran juga sangat aman, karena dengan Virtual Account setiap transaksi memiliki kode unik sebanyak 16 digit, ada yang hanya bisa digunakan sekali (dinamis) atau tetap dan bisa digunakan berulang kali (statis).

VA dinamis cocok digunakan jika pelanggan kamu hanya perlu melakukan pembayaran satu kali saja. Setelah transaksi selesai, nomor rekening VA tersebut tidak bisa digunakan kembali, sehingga mengurangi risiko penyalahgunaan.

Sementara itu, VA statis lebih cocok digunakan untuk pelanggan kamu yang sering melakukan pembayaran rutin, seperti pembayaran tagihan bulanan. Pelanggan kamu juga jadi tidak perlu memperbarui atau mengingat nomor rekening yang baru setiap kali mereka melakukan pembayaran.

Misalnya, kamu memiliki bisnis ritel dan pelanggan kamu ingin membayar invoice menggunakan Virtual Account. Nantinya, kamu akan memberikan nomor rekening virtual yang khusus untuk tagihan tersebut.

Pelanggan kamu jadi tidak perlu mendaftarkan nomor rekening pribadinya, tetapi pelanggan kamu bisa langsung memasukkan nomor VA unik yang sudah kamu berikan sebagai tujuan transfer. 

Setelah itu, mereka hanya perlu mengisi jumlah yang harus dibayarkan dan menyelesaikan transaksi lewat berbagai metode, seperti M-Banking atau mesin ATM dengan beberapa klik. Kamu dapat uang, sementara pelanggan merasa aman karena transaksi sudah terbayarkan.

Baca juga: Apakah Virtual Account sama dengan Bank Transfer?

Pelacakan Lebih Efisien

Cara Kerja Virtual Account
Cara Kerja Virtual Account (Sumber: e-ghl.com)

Mengelola dan melacak pembayaran jika masih dilakukan dengan cara konvensional bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan merepotkan bagi bisnis. Namun, dengan Virtual Account, kamu bisa lebih efisien melacak semua pembayaran yang masuk dengan sistem yang terotomatisasi.

Setiap pembayaran akan langsung tercatat dalam sistem, memberikan visibilitas yang jelas tentang status pembayaran apakah sudah terbayar atau belum dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan atau keterlambatan dalam melakukan pembayaran.

Semisal, kamu menggunakan aplikasi invoice yang bisa melakukan transaksi melalui beragam metode pembayaran, termasuk Virtual Account, aplikasi yang kamu gunakan akan secara otomatis akan mencatat transaksi tersebut.

Kamu jadi lebih mudah deh melihat riwayat pembayaran, tanggalnya, dan jumlah yang sudah dibayar oleh pelanggan kamu. Dengan begitu, kamu jadi lebih efisien dalam mengelola keuangan hingga memastikan semua tagihan terpenuhi tepat waktu.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan menerima pembayaran melalui Virtual Account, berarti kamu memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pelanggan kamu. Mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam atau berurusan dengan proses pembayaran yang rumit.

Dampaknya, kamu menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan, mereka akan merasa puas bertransaksi denganmu, membangun reputasi bisnis yang positif, dan tentunya berpotensi menjadi pelanggan tetap ke depannya.

Mudah Terintegrasi dengan Sistem Keuangan

Sistem pembayaran Virtual Account dapat dengan mudah terhubung dan terintegrasi dengan sistem keuangan yang sudah terpasang, tanpa perlu melakukan perubahan besar pada infrastruktur yang ada.

Biar lebih gampang tanpa harus repot mengurusnya ke bank, kamu bisa lho mempertimbangkan menggunakan aplikasi invoice yang sudah terintegrasi dengan metode pembayaran lewat Virtual Account.

Misalnya, kamu menggunakan aplikasi invoice untuk menagih pembayaran, kamu bisa mengirim invoice kepada pelanggan dengan mencantumkan detail VA untuk pembayaran. Jadi, Setiap kali pelanggan melakukan pembayaran melalui VA, informasi pembayaran akan secara otomatis dikirim dan tercatat secara otomatis.

Baca juga: Bagaimana Virtual Account Dapat Meningkatkan Efisiensi Pembayaran Bisnis?

Nah, itu dia keuntungan jika bisnis kamu menerima pembayaran pakai Virtual Account. Yuk, pakai aja Paper.id. Solusi pembayaran bisnis dengan beragam metode, salah satunya Virtual Account

Gunakan fitur PaperPay In, kamu bisa langsung buat invoice penagihan dan tinggal kirim via SMS, WhatsApp atau Email. Selain itu, kamu juga bisa langsung status pembayaran dari pelanggan kamu, sudah terbayarkan atau belum. Jadi, praktis, kan?

Yuk, daftarkan segera bisnis kamu di Paper.id dan manfaatkan fitur lainnya yang tersedia. Eits, jangan khawatir! Gratis kok!

Muhamad Dika Wahyudi