Virtual account atau VA adalah sebuah solusi pembayaran digital yang semakin populer di kalangan bisnis. Virtual Account mempercepat proses pembayaran, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi keuangan bisnis.

Menurut survei yang dilakukan oleh McKinsey, diketahui bahwa biaya transaksi dapat dikurangi hingga 80% dengan menggunakan Virtual Account dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional seperti cek atau transfer bank.

Oleh karena itu, memang bagaimana sih Virtual Account mampu meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis? Berikut ini beberapa cara Virtual Account dapat meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis. Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengurangi Waktu dan Biaya

Cara Melakukan Pembayaran Virtual Account di Berbagai Bank
Cara Melakukan Pembayaran Virtual Account di Berbagai Bank (Photo by Xendit)

Dalam bisnis, proses pembayaran yang rumit dapat memakan waktu dan biaya yang besar. Dengan menggunakan Virtual Account, bisnis dapat mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk memproses pembayaran.

Sistem Virtual Account telah terintegrasi dengan berbagai sistem pembayaran, seperti Mobile Banking, Internet Banking, dan ATM, sehingga mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk memproses pembayaran.

Di Indonesia, beberapa bank sudah menyediakan layanan Virtual Account, seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, CIMB Niaga, dan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bank menyediakan layanan VA untuk segala jenis bisnis atau keperluan.

Baca juga: Apa itu Virtual Account: Solusi Praktis Transaksi Digital!

Aman dan Akurat

Virtual Account memungkinkan bisnis menerima pembayaran secara otomatis, mengurangi risiko kesalahan manusia dan meningkat keamanan uang yang hilang. Pasalnya, transaksi dilakukan secara digital dan real-time.

Terlebih, menurut laporan “Indonesia Payment System Blueprint 2025” dari Bank Indonesia pada 2020, sistem pembayaran non-tunai, termasuk Virtual Account, telah mendapatkan dukungan regulasi dan sistem pengawasan yang ketat.

Memperkuat Pengawasan Arus Kas

Dengan menggunakan Virtual Account, memungkikankan bisnis dapat memantau dan penerimaan pembayaran secara real-time, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih akurat dan tepat waktu.

Sebagai contoh, bisnis kamu bergerak di e-commerce dan kamu membuat VA untuk setiap pelanggan yang melakukan pembayaran, sehingga setiap transaksi dapat terpantau dengan mudah.

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa apakah pembayaran yang masuk sesuai dengan jumlah barang yang dipesan dan segera mengambil tindakan yang diperlukan dalam pengelolaan keuangan bisnis, seperti mengontrol persediaan atau membayar supplier dengan tepat waktu.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Fitur-fitur yang tersedia di Virtual Account
Fitur-fitur yang tersedia di Virtual Account (Photo by Xendit)

Virtual Account memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat sehingga meningkatkan pengalaman pembelian mereka. Dalam bisnis, ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis yang langgeng.

Terlebih, biasanya Virtual Account menyediakan berbagai fitur yang mendukung perannya sebagai metode pembayaran yang mudah. Beberapa fitur yang tersedia, antara lain Fixed vs. Non-Fixed, Open vs. Closed, Single vs. Multiple Use, dan lain-lain.

Memudahkan Manajemen Keuangan

Dengan menggunakan VA, bisnis dapat memudahkan manajemen keuangan. Transaksi Virtual Account dapat diintegrasikan dengan software akuntansi dan ERP, sehingga memudahkan proses pencatatan dan pelaporan keuangan.

Beberapa contoh ERP (Enterprise Resource Planning) bisnis yang digunakan di Indonesia, antara lain SAP Business One, Oracle E-Business Suite, Microsoft Dynamics 365, Exact Globe, dan lain-lain.

Baca juga: Kenali Nomor Virtual Account dan Manfaatnya untuk Bisnis

Demikianlah bagaimana Virtual Account dapat meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis. Dalam bisnis, mengoptimalkan kinerja keuangan adalah hal yang sangat penting dan VA dapat menjadi salah satu solusi untuk mencapai tujuan tersebut.

Mau mengelola pembayaran bisnis jadi lebih praktis? Pakai saja Paper.id. Kelola pembayaran ke supplier dengan mudah menggunakan kartu kredit atau berbagai metode pembayaran lainnya, termasuk Virtual Account!

Bagaimana, tertarik? Ayo segera daftarkan bisnis kamu di Paper.id sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis kamu dengan klik tombol di bawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi