Meskipun terlihat serupa, sebenarnya VA atau Virtual Account dan Bank Transfer memiliki perbedaan yang signifikan. Lantas, memang apa saja perbedaan antara Virtual Account dan Bank Transfer?

Virtual Account merupakan nomor rekening virtual yang tidak memiliki bentuk fisik dan benar-benar bersifat virtual. VA sendiri berisi informasi nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank dengan tujuan untuk melakukan transaksi.

Sementara, bank transfer adalah proses pengiriman uang dari satu rekening ke rekening bank lainnya yang dilakukan melalui jaringan perbankan. Transfer bank dapat dilakukan langsung atau melalui ATM, internet banking, hingga mobile banking.

Nah, Virtual Account dan bank transfer adalah dua hal yang berbeda, meskipun keduanya saling berkaitan dengan kegiatan perbankan. Oleh karena itu, berikut perbedaan antara VA dan Bank Transfer. Simak penjelasannya di bawah!

Baca juga: Mengenal Bank Transfer, Metode Pembayaran Kuno Yang Masih Sering Dipakai

Perbedaan Virtual Account dan Bank Transfer

Cara Kerja Virtual Account
Cara Kerja Virtual Account (Photo by Decentro)

Menurut survei yang dilakukan oleh Indonesian E-Commerce Association (idEA) pada 2019, sekitar 58% responden pelanggan e-commerce masih memilih transfer bank untuk melakukan pembayaran, sementara hanya 20% yang menggunakan Virtual Account.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak orang yang lebih memilih metode pembayaran transfer bank dan mungkin belum terlalu familiar dengan Virtual Account. Salah satunya, kemungkinan disebabkan oleh ketidaktahuan mengenai perbedaan antara keduanya.

Secara garis besar, Virtual Account dan Bank Transfer memiliki perbedaan dalam hal fungsi, cara penggunaan, serta informasi yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Berikut adalah perbedaan antara Virtual Account dan Bank Transfer:

  1. Virtual Account biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran secara online, sementara Bank Transfer dapat dilakukan secara langsung dari rekening ke rekening atau melalui mesin ATM, internet banking, atau mobile banking.
  2. Virtual Account terdiri dari informasi nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank, sementara Bank Transfer memerlukan informasi yang lengkap dan benar seperti nomor rekening, nama pemilik rekening, dan jumlah yang akan ditransfer.
  3. Virtual Account dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan secara otomatis, sementara biaya Bank Transfer dapat berbeda-beda tergantung dari bank dan jenis layanan transfer yang dipilih.

Virtual Account sama dengan Bank Transfer?

Secara prinsip, Virtual Account dan Bank Transfer sama-sama berkaitan dengan kegiatan perbankan. Namun, yang membuat keduanya berbeda adalah cara pembayaran yang dilakukan. 

Pembayaran dengan Virtual Account lebih cepat dan mudah diverifikasi dibandingkan dengan Bank Transfer. Sementara itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, pada Bank Transfer para pelanggan harus menyediakan bukti transfer sebagai validasi.

Selanjutnya, dengan Virtual Account, pelanggan dapat membayar transaksi melalui ATM, internet banking, m-banking hingga teller. Selain itu, Virtual Account juga dapat digunakan untuk membayar tagihan invoice pembelian online untuk supplier/vendor, loh!

Baca juga: Bagaimana Virtual Account Dapat Meningkatkan Efisiensi Pembayaran Bisnis?

Kini, kamu bisa lebih mudah pembayaran invoice tanpa mesin EDC menggunakan Paper.id. Gunakan fitur PaperPay Out, bayar supplier/vendor dengan Virtual Account atau metode lainnya, pasti diterima meskipun mereka tidak menyediakan mesin EDC.

Ayo gunakan Paper.id sekarang untuk mempermudah dalam mengelola bisnis kamu. Tertarik? Jangan ragu daftarkan bisnis kamu dengan klik tombol di bawah ini!

Muhamad Dika Wahyudi