Memasuki bulan Ramadhan, banyak pelaku usaha berlomba-lomba untuk mengadakan promo Lebaran agar bisa meraup untung di bulan tersebut. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan untuk memberikan keuntungan.

Di setiap tahunnya, ada berbagai macam cara yang dilakukan di promo Lebaran 2023 ini. Jika biasanya promo hanya memberikan diskon atau buy 1 get 1 free, banyak pebisnis mencoba untuk mencari ide baru yang dapat mendatangkan banyak pelanggan. Kali ini, Paper.id menyajikan 5 ide promo Lebaran yang beda dari biasanya. Kalau kalian kehabisan ide atau butuh ide yang beda dari biasanya, silakan cek uraian di bawah ini!

Beli barang gratis Umroh

Umroh menjadi salah satu momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Tentunya banyak orang memilih untuk melakukan ibadat Umroh. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan ibadat tersebut karena biayanya yang mahal.

Untuk itu, hal ini bisa menjadi sebuah ide promo Lebaran yang cocok untuk bisnis Anda. Selain mendatangkan keuntungan, Anda juga bisa mendapatkan pahala karena membantu orang-orang untuk melakukan ibadat Umroh melalui transaksi bisnis. 

Baca juga: Tips menjaga persediaan atau bahan baku selama Lebaran

Program loyalty/membership

Anda bisa mengadakan program loyalty atau membership agar mendorong pelanggan semakin rajin bertransaksi di tempat Anda. Untuk B2B, program loyalty biasanya didasari oleh nilai transaksi besar mulai dari ratusan juta hingga miliaran.

Alasan kenapa loyalty program bisa jadi ide promo Lebaran

Pertama, Anda bisa menentukan besaran angka yang perlu dipenuhi di level pertama hingga level paling tinggi. Sebagai contoh, untuk tingkatan yang bisa Anda contoh adalah:

  • Level 1 : transaksi <100 juta Rupiah – Motor matic 
  • Level 2 : transaksi 100 juta – 499 juta Rupiah – Mobil Honda HRV
  • Level 3 : transaksi >500 juta Rupiah – Tiket pesawat first class

Dengan tingkatan tersebut, pelanggan Anda bisa semakin semangat untuk transaksi di tempat Anda. Selain itu, hal ini tentunya membuat setiap orang merasa senang ketika berbelanja.

Konsep gamification

Mungkin Anda kurang familiar dengan kata gamification, tapi ini adalah salah satu ide Lebaran yang bisa Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda bisa membuat banyak hal yang perlu dilakukan oleh pelanggan saat berbelanja di toko Anda.

Sebagai contoh:

  • Jika Anda membeli 100 kg tepung, Anda bisa mendapatkan gratis ongkir
  • Jika Anda membeli pertama kali, Anda akan mendapatkan bonus 1 karung tepung segilima.

4 Cara menerapkan Gamification di bisnis Anda

Gamification adalah konsep permainan yang diterapkan dalam berjualan. Pemilik usaha akan berjualan kepada pelanggan seperti main game. Jika pelanggan membeli atau berhasil memenuhi beberapa goals, maka mereka akan mendapatkan hadiah sesuai yang telah ditentukan.

Dengan menerapkan gamification, hal ini juga akan meningkatkan user engagement atau rasa ketertarikan pelanggan untuk belanja lebih sering di tempatmu.

Baca juga: 7 produk yang laris manis dijual saat Lebaran

Gathering para pebisnis

Koneksi menjadi salah satu elemen penting dalam bisnis yang terus dibangun oleh pelaku usaha. Karena itu, mereka sering melakukan pertemuan atau bahkan sekedar kongkow dengan minum kopi atau makan bersama.

Dengan begitu, mereka bisa mengembangkan koneksi yang juga bisa berdampak positif terhadap bisnis mereka. Cara ini bisa Anda jadikan untuk promosi Lebaran. Sebagai contoh, Anda bisa membuat sebuah acara makan malam di sebuah hotel bintang 5 sambil mengundang influencer bisnis yang dapat memberikan tips penting untuk bisnis Anda. Dengan begitu, hal ini tentunya bisa menjadi sebuah simbiosis mutualisme, dimana Anda bisa bertemu dengan pelanggan sambil menguatkan hubungan. Di lain pihak, pelanggan Anda juga akan mengembangkan koneksi mereka. 

Demikian 4 ide promo Lebaran yang beda dari biasanya, semoga bermanfaat bagi Anda. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi kepada pelanggan Anda. Caranya, dengan memberikan berbagai macam metode pembayaran, tidak hanya terbatas dalam uang tunai atau transfer bank.

Percaya atau tidak, hal itu bisa meningkatkan keuntungan Anda 3x lebih besar. Tapi, Anda pasti akan kesulitan dalam mengontak bank untuk mesin EDC, Virtual account atau sebagainya. Jangan khawatir, semuanya bisa Anda akses di Paper.id.

Di Paper.id, Anda bisa menyajikan berbagai metode pembayaran mulai dari kartu kredit, virtual account, Tokopedia, Blibli, OVO, QRIS, dan berbagai metode pembayaran lainnya. Selain itu, pencocokkan pembayaran terjadi secara otomatis, sehingga hal ini tentunya menguntungkan bagi Anda. Yang terakhir, semua keuntungan ini bisa Anda rasakan secara GRATIS. Klik tombol di bawah ini untuk daftar sekarang!